oleh

Warung Kopi di Yogyakarta Dijadikan Tempat Belajar dan Diskusi Mahasiswa

YOGYAKARTA, PAMARTANUSANTARA.CO.ID | Nongkrong di warung kopi merupakan kegiatan alternatif yang seringkali dilakukan oleh mahasiswa di Yogyakarta. Hal ini dapat dilihat dari warung-warung kopi yang selalu sesak dipenuhi mahasiswa untuk saling tukar pikiran atau berdiskusi.

Virkly Pardosi mahasiswa UIN Sunan Kalijaga yang disapa Incek bagi mahasiswa asal Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel), Sumatera Utara yang tergabung di organisasi Himalabusel (Himpunan Mahasiswa Labusel) Yogyakarta. Rabu (14/11), ia mengatakan warung kopi di Yogyakarta digunakan mahasiswa bukan untuk nyantai sekedar menikmati seduhan kopi tetapi juga untuk belajar maupun diskusi.

“Ngopi diwarung bukan sekedar nyantai, tapi membahas mengenai suatu kajian ilmu tertentu dan memecahkan permasalahannya, diskusi bagi saya bukan hanya sekedar memecahkan masalah, namun juga sebagai tempat berbagi atau sharing dengan temen-temen mahasiswa, sehingga kita bisa belajar berbagai bidang ilmu dengan mahasiswa yang berbeda jurusan dengan kita, dengan diskusi kita dapat alternatif baru untuk menyelesaikan masalah. Selain itu, kita juga bisa mendapat inspirasi dari teman diskusi kita,” ujarnya.

Baca juga:  Industri Hasil Tembakau Serap 5,98 Juta Tenaga Kerja

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Andi Putra Handayani mahasiswa Magister Manajemen UPN Veteran Yogyakarta, “Warung kopi jadi tempat yang cocok buat mahasiswa nongkrong atau pun mengerjakan tugas karena tempatnya cukup nyaman dan udah ada wifi juga,” pungkasnya.

Melalui warung kopi sebagai sarana berbincang santai dan diskusi, sebagian mahasiswa mengaku banyak mendapat ide atau pun inspirasi.

“Banyak sekali manfaat diskusi selain memperoleh informasi dan mempunyai banyak alternative, dapat juga diperoleh manfaatnya yaitu semakin mengeratkan tali silaturahim antar mahasiswa berbagai daerah yang mana Kota Yogyakarta adalah miniaturnya Indonesia dari Sabang sampai Merauke dan banyak yang kuliah disini,” ungkapnya. (Akmal Sagala)

Komentar Sahabat Pamarta

News Feed