oleh

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Marwan Dasopang : Pondok Pesantren Dan Persulukan Sebagai Penopang Bangsa Dan Lahirnya NKRI

LABUSEL, PAMARTANUSANTARA.CO.ID | “Pondok pesantren dan persulukan sebagai penopang bangsa dan lahirnya NKRI,” hal ini disampaikan Wakil Ketua Komisi VIII (Agama, Sosial, Pemberdayaan Perempuan) DPR RI H. Drs. Marwan Dasopang, saat berkunjung di Persulukan Madrasah Nurul Yaqin Pintasan Desa Tanjung Mulia, Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Minggu (2/12).

Berbicara sejarah bangsa Indonesia, maka tidak bisa terlepas dari peran santri karena santri adalah bagian dari sejarah bangsa ini. Peristiwa sejarah yang paling monumental di mana santri menjadi penggerak adalah ketika keluarnya Resolusi Jihad yang dimotori oleh Hadratussyekh Muhammad Hasyim Asy’ari (pendiri Nahdlatul Ulama) pada 22 Oktober 1945.

Resolusi Jihad inilah yang kemudian menjadi pemantik semangat juang para santri untuk mempertahankan NKRI dari para sekutu yang mencoba merongrong kembali kemerdekaan bangsa. Peristiwa 10 November 1945 yang dikenang sebagai Hari Pahlawan menjadi peristiwa heroik, dimana santri turut andil di dalamnya mengaplikasikan Resolusi Jihad untuk mempertahankan NKRI yang dimotori oleh Bung Tomo dengan pidato mengglegarnya.

Baca juga:  Menguji Komitmen Asiong Setelah Terpilih Menjadi LS 1.

“Tidak cukup sampai di situ. Dalam proses kemerdekaan dan pembentukan NKRI peran santri juga sangat sangat besar. Bukan hanya dengan angkat senjata, tetapi juga dalam perundingan-perundingan dan proses dialektika. Lewat para ulama melalui sidang PPKI dan sidang BPUPKI, lahirlah Indonesia dengan Pancasila sebagai ideologinya dan NKRI sebagai bentuk negaranya. Itulah beberapa potongan-potongan sejarah bangsa Indonesia dimana ulama dan santri memiliki peran di dalamnya,” paparnya.

Dalam kesempatan itu, H. Drs. Marwan Dasopang menyampaikan kedepannya akan terus memperjuangkan kesejahteraan Pondok Pesantren dan Persulukan yang ada di Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

“Kunjungannya saya kali ini dalam rangka memperingati HUL Tuan Syekh Hasyim Rambe Alkholidi Naqsabandi sekaligus bersilaturrahmi, bertatap muka dengan pimpinan, ulama, anak-anak santri serta masyarakat setempat, di samping untuk mendapatkan berkah dan hidayah. Juga melihat kondisi secara langsung keadaan Persulukan Madrasah Nurul Yaqin Pintasan Tanjung Mulia, sehingga kedepannya Pondok Pesantren dan Persulukan yang ada di Kabupaten Labuhanbatu Selatan, banyak mendapatkan bantuan,” Ujar H. Drs. Marwan Dasopang Caleg DPR RI dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Dapil Sumatera Utara II No urut 1 itu. (Rizal)

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed