oleh

Wakil Bupati Labusel Secara Resmi Buka Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Kotapinang, pamartanusantara.co.id-Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Drs. Kholil Jufri Harahap membuka secara resmi sosialisasi gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS), Senin (9/4) di Sudimampir Convention Hall Grand Suma Hotel, Blok IX, Desa Sisumut, Kecamatan Kotapinang.

Turut hadir pada acara tersebut Pimpinan OPD, Kepala Puskesmas se-kabupaten Labuhanbatu Selatan dan masyarakat. Drs. Kholil Jufri Harahap dalam sambutannya mengatakan, Germas merupakan tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berprilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

“Germas harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian,”kata Drs. Kholil Jufri Harahap.

Germas dapat dilakukan dengan cara melakukan aktifitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban yang sehat.

Baca juga:  Bupati Kabupaten Tapsel Lantik 6 Pejabat Administrator dan Pengawas

“Pada tahap awal, Germas secara nasional dimulai dengan berfokus pada 3 kegiatan yaitu melakukan aktifitas fisik 30 menit per hari, mengonsumsi buah dan sayur dan memeriksa kesehatan secara teratur,” jelas Drs. Kholil Jufri Harahap.

Lebih lanjut Drs. Kholil Jufri Harahap menjelaskan untuk menyukseskan Germas, tidak bisa hanya mengandalkan peran dinas kesehatan saja, peran dinas lainnya turut menentukan dan ditunjang peran serta seluruh lapisan masyarakat.

“Salah satu dukungan nyata lintas sektor untuk suksesnya Germas diantaranya program Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM), Dinas PUPR berfokus untuk pembangunan akses air minum, sanitasi, sarana olahraga dan pemukiman layak huni sebagai infrastuktur dasar mendukung Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Dinas Pertanian dan Hanpang fokus pada penyiapan ketersediaan buah dan sayuran serta dinas Pemuda dan Olahraga fokus untuk memfasilitasi dan menyelenggarakan kegiatan olahraga,” jelas Drs. Kholil Jufri Harahap.

Baca juga:  Bupati Asahan Hadiri Pengajian Akbar Kecamatan Bandar Pasir Mandoge

Diakhir sambutannya, Drs. Kholil Jufri Harahap mengajak pihak terkait untuk bersama-sama mensosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat kepada masyarakat.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Siti Nursia Tanjung, S.Kep dalam laporannya menjelaskan, sosialisasi Germas bertujuan untuk menggalang kebersamaan dan memupuk semangat kerjasama antara pemerintah, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan dan tenaga kesehatan, baik yang berada di instansi pemerintah maupun swasta agar saling mendukung pembangunan kesehatan sehingga masyarakat semakin mengerti arti pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat.

Siti Nursia Tanjung, S.Kep berharap sosialisasi Germas dapat menumbuhkembangkan kesadaran yang tinggi kepada seluruh elemen masyarakat akan pentingnya hidup sehat, dan dapat melaksanakan indikator yang tertuang di Germas. (Red)

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed