oleh

Verifikasi Calon Penerima Penghargaan Gemarikan Tingkat Nasional Tahun 2019

Verifikasi Calon Penerima Penghargaan Gemarikan Tingkat Nasional Tahun 2019
Verifikasi Calon Penerima Penghargaan Gemarikan Tingkat Nasional Tahun 2019

ASAHAN, PAMARTANUSANTARA.CO.ID | Gemarikan merupakan program nasional yang dicanangkan oleh kementerian kelautan dan perikanan mulai tahun 2004, yang bertujuan untuk mengkampanyekan pentingnya manfaat makan ikan sejak dini karena banyaknya kandungan gizi, yang terdapat pada ikan yang sangat penting untuk pertumbuhan dan kecerdasan otak.

Kabupaten Asahan merupakan salah satu Kabupaten di Sumatera Utara, yang mempunyai potensi perikanan dan kelautan yang cukup besar dengan tingkat konsumsi ikan, yang mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Pada hari ini Selasa (12/11/2019) Pemerintah Kabupaten Asahan, menerima kunjungan tim verifikasi dari kementerian kelautan dan perikanan serta tim penggerak PKK pusat, dalam rangka verifikasi calon penerima penghargaan gemarikan oleh kementerian kelautan dan perikanan yang bertempat di aula kantor Dinas Perikanan Kabupaten Asahan.

Baca juga:  Kejari Paluta Tangkap Mantan Kades Batu Sundung di Bengkulu Utara

Dalam kegiatan ini turut hadir asisten perekonomian dan pembangunan, ketua tim verifikasi gemarikan tingkat nasional, Soen’an Hadi Purnomo, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Asahan, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Asahan, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Asahan, perwakilan TP. PKK Kabupaten Asahan dan tamu undangan lainnya.

Bupati Asahan H. Surya, B.Sc., dalam sambutannya yang disampaikan oleh asisten perekonomian dan pembangunan Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution, M.Si., mengatakan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) adalah gerakan moral yang memotivasi masyarakat untuk mengkonsumsi ikan, secara teratur dalam jumlah yang disyaratkan bagi kesehatan agar terbentuk manusia Indonesia yang sehat, kuat dan cerdas.

“Untuk mengakselerasi peningkatan konsumsi ikan, masyarakat perlunya dukungan dari seluruh komponen terkait dengan membentuk forikan kabupaten, kecamatan maupun kelurahan.” Jelasnya.

Baca juga:  Bupati Sukabumi : Pengembangan Wilayah Perlu Didukung Peran Aktif Masyarakat

Beliau berharap setelah dikukuhkannya forikan kabupaten, forikan kecamatan harus segera dibentuk.

Beliau juga berharap kehadiran forikan dapat bekerja maksimal dalam mewujudkan peningkatan konsumsi ikan yang lebih tinggi lagi di Kabupaten Asahan.

Sebelum mengakhiri sambutannya beliau mengucapkan terima kasih kepada tim verifikasi calon penerima penghargaan gemarikan, dari Kementerian kelautan dan perikanan beserta rombongan yang telah memverifikasi forikan.

“Kami berharap tim verifikasi dapat memberikan penilain yang terbaik untuk forikan Kabupaten Asahan.” Tuturnya.

Ketua tim verifikasi gemarikan nasional Soen’an Hadi Purnomo, mengucapkan terima kasih atas sambutan yang diberikan kepada kami tim verifikasi di Kabupaten Asahan.

Beliau juga menyampaikan tentang pentingnya mengkonsumsi ikan pada tubuh kita, selain ikan lebih cepat dicerna oleh tubuh, ikan juga memiliki berbagai macam manfaat di antaranya membantu pembentukan otak, menyehatkan kulit dan rambut, menyehatkan jantung, menyehatkan tulang, menyehatkan mata dan mencegah alzheimer.

Baca juga:  Pemerintah Kabupaten Asahan Silaturahmi Dengan Anggota DPRD Asahan Periode 2019 - 2024

“Di Indonesia kita memiliki hasil ikan yang melimpah ruah banyaknya, maka dari itu sebagai masyarakat Indonesia marilah kita sejak dini membiasakan mengkonsumsi ikan, sehingga tubuh kita menjadi sehat,” ucap beliau.

Diakhir pidatonya beliau berharap kita dapat menjaga kebersihan dan kelestarian laut dan sungai yang mana tempat ini merupakan habitat dari ikan. (SB)

Komentar Sahabat Pamarta

Verifikasi Calon Penerima Penghargaan Gemarikan Tingkat Nasional Tahun 2019
image_pdfUnduh PDFimage_printCetak

Komentar

komentar

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed