oleh

Untuk Yang ke 3 kalinya Pemkab Labusel Raih Penghargaan Raskin Award Dari Pemprovsu

Gubernur Sumut, yang diwakili oleh Sekda Pemprovsu, Ibu Dr. Ir. Hj. Sabrina, M. Si ketika memberikan penghargaan Raskin Award ke Pemkab Labusel

MEDAN, PAMARTANUSANTARA.CO.ID | Hari ini Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) melaksanakan acara Penganugerahan Penghargaan Raskin Award kepada Pemerintah Kabupaten / Kota yang telah berhasil mendistribusikan Raskin / Rastra Tahun 2017 di Provinsi Sumatera Utara, bertempat di Gedung Bina Graha Provinsi Sumut. Medan, Jum’at, (26/10/2018).

Dalam kegiatan tersebut, 13 Pemerintah Kabupaten / Kota mendapatkan Penghargaan yang salah satunya Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) dan merupakan yang ketiga kalinya mendapatkan penghargaan Raskin dari Pemprov Sumut.

Bupati Kabupaten Labusel Wildan Aswan Tanjung melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan yang diwakilkan oleh Kepala Bagian Perekonomian Kabupaten Labusel, M Ali Siregar mengatakan bahwa hal tersebut merupakan pencapaian yang positif dalam pelaksanaan program Rastra/Raskin di Kabupaten labuhanbatu Selatan.

“Kita patut bersyukur, bahwa Kabupaten Labuhanbatu Selatan kembali mendapat penghargaan untuk yang ke 3 kalinya.
Jadi, Kabupaten Labuhanbatu Selatan secara berturut-turut telah 3 kali mendapat Raskin Award mulai dari Tahun 2015, Tahun 2016 dan Tahun 2017. Untuk diketahui, bahwa Tahun 2017 adalah pemberian penghargaan Raskin Award tingkat Prov. Sumatera Utara yang terakhir, karena Raskin Award untuk Tahun Anggaran 2018 tidak ada lagi. Hal ini disebabkan bahwa Raskin/Rastra telah berubah pola yang sebelumnya merupakan program subsidi, ada pembayaran harga tebus, kini menjadi Bantuan Sosial atau Bansos yang penyalurannya kepada Keluarga Penerima Manfaat bebas dari pembayaran alias gratis. Tidak membayar lagi seperti tahun-tahun yang lewat. Jadi, tidak ada lagi harga tebus Raskin/Rastra untuk Tahun Anggaran 2018 ini,” jelas Ali, Jum’at, (26/10) di aula Gedung Bina Graha Pemprovsu, Medan.

Baca juga:  Gubsu Launching Website Dekranasda Sumut, Kabupaten/Kota Didorong Menuju Ekonomi Kreatif

Sebelumnya, dalam kata sambutan Gubernur Sumut, yang diwakili oleh Sekda Pemprovsu, Ibu Dr. Ir. Hj. Sabrina, M. Si menyampaikan bahwa program subsidi beras bagi masyarakat berpendapatan rendah telah dimulai sejak Tahun 1998, dengan nama Operasi Pasar Khusus, yang dilaksanakan sebagai program untuk merespon krisis ekonomi yang terjadi pada sa’at itu.

Sabrina menambahkan, seiring dengan perjalanan waktu, program Operasi Pasar Khusus berubah menjadi Program Beras Miskin atau Raskin kemudian berubah lagi menjadi Beras sejahtera atau Rastra, dan selanjutnya mulai Tahun 2018 ini berubah lagi menjadi Program Bantuan Sosial Beras Sejahtera atau disebut dengan Bansos Rastra, dan secara bertahap akan dilakukan perubahan menjadi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Baca juga:  Peduli Kondisi Bangsa, Badko HMI Sumut Akan Bentuk Relawan Anti Hoaks

Sabrina juga menjelaskan, program BPNT di Provinsi Sumut dimulai dari Kota Medan sejak Tahun 2017. Selanjutnya, pada Tahun 2018, dilakukan secara bertahap di Kabupaten/Kota se Sumatera Utara.

Sabrina berharap agar pada Tahun 2019, seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Utara, program Bansos Rastra telah di transformasikan menjadi program BPNT.

“Dengan dilaksanakannya program Bansos Rastra dan BPNT, maka masyarakat tidak lagi dikenakan biaya penebusan harga Rastra sebesar 1.600 Rupiah per Kilogramnya, tetapi diberikan dengan cara cuma-cuma,” ujar Sabrina.

Sabrina melanjutkan, berkenaan dengan acara tersebut, bagi Pemerintah Kabupaten/Kota yang telah berhasil melaksanakan penyaluran pendistribusian Rastra/Raskin dengan baik, maka Pemprovsu memberikan apresiasi berupa penganugerahan penghargaan Raskin Award.

Baca juga:  Mengantisipasi Kasus 3C Polsek Medan Helvetia Melaksanakan Razia Kendaraan Bermotor

“Pemberian penghargaan Raskin Award pada Tahun 2018 ini adalah merupakan penghargaan yang diberikan kepada Pemerintah Kabupaten atau Kota yang dinilai baik dalam pelaksaanaan penyaluran dan pendistribusian Rastra pada Tahun 2017 yang lalu,” jelas Sabrina. Jum’at, (26/10) di Gedung Bina Graha Pemprovsu, Medan.

Pada kegiatan penyerahan Raskin Award tersebut turut dihadiri oleh beberapa Bupati dan Walikota se Sumut, Kepala OPD Pemprov. Sumut, Kepala Perum Bulog Divre Sumut, Tim Kordinasi Rastra Prov. Sumut, Tim Koordinasi Rastra Kabupaten/Kota Se Sumut, Kasub Divre Bulog se Sumut, Kepala BPS, pimpinan Instansi terkait dan perwakilan dari Bupati Kabupaten/Kota se Sumut. (Zainul)

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed