oleh

Truk Pengangkut Kayu Akasia Semakin Menggila, Aparat Terkait Tidak Berkutik

LABUSEL, PAMARTANUSANTARA.co.id |Ratusan truck pengangkut kayu akasia dari Kabupaten Labuhanbatu Selatan menuju Medan yang melebihi kapasitas tonase semakin menggila, namun hal tersebut tampaknya aparat atau pihak terkait seperti Kepolisian dan Dinas Perhubungan tidak melakukan tindakan alias tidak berkutik.

Salah satu warga Torgamba, Hairul Nijam Simbolon, mengatakan jika truck yang bermuatan kayu akasia tersebut semakin hari semakin mengganas.
“Sekarang semakin menggila, muatannya jauh melebihi kapasitas tonase yang dibenarkan oleh peraturan, namun tampaknya mereka bebas, tidak ada hambatan dijalan sama sekali, aparat terkaitpun kelihatannya seperti picing mata,” ujar Hairul Nijam Simbolon, Minggu, (26/8), di Kec. Torgamba.

“Contohnya truck pengangkut kayu akasia yang bernomor Polisi BK 8524 AN yang parkir disalah satu SPBU di Torgamba, terlihat kayu yang dibawa terlalu banyak sudah melebihi kapasitas tonase, sangat dikhawatirkan bisa menghambat lajur kenderaan lain, karena truk tersebut jalannya sangat lambat,” jelasnya Hairul lagi.

Baca juga:  Bukhori Tutup Usia, KB Pamartanusantara Ucapkan Bela Sungkawa.

“Belum lagi soal kerusakan jalan, kalau truk seperti ini muatannya dibiarkan, maka jalan yang sudah mulus yang telah diperbaiki belakangan ini pasti cepat rusak, jadi untuk mengantisipasinya harus aparat terkait melakukan tindakan jangan dibiarkan begitu saja,” kata Hairul lagi.

Dilain sisi, salah satu supir truk, Saiman, ketika dikonfirmasi mengatakan jika mereka berkerja hanya menjalankan tugas saja.
“Kamikan gajinya persenan, kalau sedikit muatannya, kami sudah jelas tekor, maka muatan harus kami genjot sebanyak – banyaknya agar kami dapat uang, karena dijalanpun sedikit kita muat tetap ngasi sama Polisi di jalan, banyakpun yang ngasi juga ngomel,” kata Saiman.

“Kami lagi para supir sangat suka kalau muatan sedikit, ongkosnya tinggi, kami bisa dapat uang, resikopun dijalan tidak kita khawatirkan, tapi kalau muatan banyak kita lebih hati – hati lagi,” ucap Saiman. (MH)

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed