oleh

Tiga Gelar Di sematkan Pada Pesta Adat Anak Mangaraja Pinayungan.

Tiga Gelas Di sematkan Pada Pesta Adat Anak Mangaraja Pinayungan.
Tiga Gelas Di sematkan Pada Pesta Adat Anak Mangaraja Pinayungan.

 

LABUSEL, PAMARTANUSANTARA.CO.ID Masyarakat Tapanuli Selatan mempunyai tradisi unik tersendiri dalam resepsi pernikahan Putra/putri mereka. Salah satunya di kenalndengan acara Margondang. Gondang merupakan gendang khas marsyarakat Tapanuli Selatan yang digunakan untuk memeriahkan pesta pernikan dalam mengiringi tarian tor-tor.

Bahari Harahap Gelar Mangaraja Pinayungan merupakan masyarakat Tapanuli Selatan yang berdomisili di Desa Simatahari, Kecamatan kotapinang, Labuhanbatu Selatan, Sumut, melaksanakan perta adat Tapsel dalam resepsi pernikahan Tiga Putranya sekaligus pada Rabu-kamis (12-13 Januari 2022).

Di kabarkan, Mangaraja Pinayungan (Bahari Harahap) mempunyai tujuh anak yakni enam laki-laki dan satu perempuan, dan kali ini Mangaraja pinayungan meresmikan resepsi pernikahan putra ketiga, puta ke empat dan putra ke limanya. Sementara putra pertama dan keduanya sudah terlebih dahulu.

Baca juga:  Bupati Pasaman Meninjau Lokasi Bencana Di Kecamatan Panti

Dalam pesta adat Tapanuli Selatan tersebut, Paraduan Harahap (Putra Ke tiga), Nirwansyah Harahap (Puta Ke Empat), Sarwedi Harahap (Putra Ke Lima) dari Mangaraja pinayungan, masing masing mendapat kelar dalam pesta adat tersebut.

Adapun Gelar Masing-Masing, 1.Paraduan Harahap Gelar Tongku Raja Gadu,

2.Nirwansyah Harahap Gelar Sutan Panyunduti,

3. Sarwedi Harahap Gelar Baginda Banuana.

Disampaikan, bahwa ketiga gelar tersebut bukan asal di buat begitu saja, namun mempunyai makna dan arti tersendiri bagi keluarga Mangaraja pinayungan Harahap (Baharai Harahap)

Gelar Tongku Raja Gadu Harahap di sematkan kepada Paraduan Harahap, adalah untuk mengenang kampung halaman dari asal-usul oppung dari ayahnya.

Gelar Sutan Panyunduti di sematkan kepada Nirwansyah Harahap, adalah disebabkan karena Nirwansyah menikah dengan Boru Tulangnya (abang dari Ibu Nirwansyah Harahap).

Baca juga:  Tafsir Mimpi Bagi Pria Single Melihat Wanita !

Gelar Baginda Banuana di sematkan kepada Sarwedi Harahap, adalah untuk mengingatkan bahwa asal Marga harahap Mangaraja Pinayungan merupakan keturunan Baginda Banuana yang tinggal di Gadu, Sipirok, Tapanuli Selatan, pada masa lampau.

Turut Hadir dalam Pesta adat tersebut, selain Kahanggi, anak boru, Mora, dan pisang raut, hadir Juga Pimpinan Redaksi Sumatera Tenggara POS, Manaon Lubis beserta Keluarga, Keluarga Besar Media Online Pamartanusantara.co.id, PC. Ansor Labusel, Kadis Pariwisata Labusel, Keluarga Besar Alkowar, LAN Labusel Serta Undangan Lainnya.

Ucapan Selamat atas Resepsi Pernikahan tersebut mengiasi pemandangan lokasi pesta, termasuk dari keluarga besar PWNU Sumut. Ketua PWNU Sumut, Sekretaris PWNNU Sumut, Rektor UNUSU Serta Keluarga Besar lainnya.

Baca juga:  Ukur Kemampuan Jasmani, Prajurit Kodim 1402/Polmas Ikuti Samapta Periodik

(Red)

Komentar Sahabat Pamarta

Tiga Gelar Di sematkan Pada Pesta Adat Anak Mangaraja Pinayungan.
image_pdfUnduh PDFimage_printCetak

Komentar

komentar

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed