oleh

Tiga Ciri Orang Munafik Menurut Hadits Rasulullah.

Tiga Ciri Orang Munafik Menurut Hadits Rasulullah.
Gambar Hannya ilustrasi tentang orang Munafik .

PAMARTANUSANTARA.CO.ID| “Tanda-tanda orang munafik ada tiga, jika berbicara berdusta, jika berjanji mengingkari, dan jika diberi amanah mengkhianati.” (HR.Bukhori Muslim).

Sifat munafik menjadi sifat yang sangat dibenci Allah SWT. Sebab gambaran orang munafik adalah Lain di mulut, lain pula di hati.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian munafik ialah upaya berpura-pura percaya atau setia dan sebagainya kepada agama dan lainya. Akan tetapi, sebenarnya dalam hatinya tidak. Mereka selalu mengatakan sesuatu yang tidak sesuai dengan perbuatannya serta bermuka dua.

1. Jika Berbicara Berdusta.

Sebagai seorang muslim kita tidak boleh melakukan perbuatan berbicara bohong. Pasalnya, dengan berdusta atau berbohong segala amalan baik bisa hilang begitu saja. Selain itu, berdusta pun akan mendatangkan mudarat lainnya.

Baca juga:  Si Jago Merah Lalap 15 Unit Rumah di Padangsidimpuan

Seseorang yang memiliki sifat seperti ini, selalu memperlihatkan yang berbeda dengan yang disembunyikan di dalam hati.

2. Berjanji Tapi Mengingkari.

Ingkar janji menjadi salah satu ciri-ciri orang munafik. ingkar janji sangat besar dampak negatifnya bagi orang lain yang telah dijanjikan seseorang. Ingkar janji adalah seseorang yang tidak bisa dipegang perkataannya, tidak pernah menepati janjinya yang sudah ia tebarkan kepada orang lain.

Bukan hanya pejabat, pemimpin, masyarakat awam, Orang-orang beriman pun harus berhati-hati dalam menepati janji. Rasulullah SAW pun mengajarkan agar meng ucapkan insya Allah jika hen dak berjanji atau memberi harapan.

3. Diberi Amanah Khianat.

Khianat adalah salah satu perbuatan buruk yang harus dijauhi oleh umat islam. Secara istilah, khianat adalah perbuatan tidak jujur yang dilakukan dengan melanggar janji atau sumpah.
Dalam bahasa Indonesia, amanah berarti pesan, atau perintah. Sementara kamus Al-Munawwir, arti amanah adalah segala yang diperintahkan Allah kepada hamba-nya.

Baca juga:  Penyerahan KIA di SMP Negeri 1 Pulau Rakyat

Kamus Besar Bahasa Indonesia menerjemahkan amanah dalam dua kata penggunaan, amanah dan amanat. Arti amanah adalah sesuatu yang dipercayakan (dititipkan) kepada orang lain. Selain itu, arti amanah adalah bisa berupa kepercayaan (boleh dipercaya) dan setia.

 

(Red)

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed