oleh

Tidur Sepanjang Hari Selama Puasa, Batalkah?

Masjid Jami’ Lingk. Bedagai Kelurahan Kotapinang Kecamatan Kotapinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

PAMARTANUSANTARA.CO.ID | Banyak sekali terlintas dipikiran kita, puasa sebentar lagi, cuaca yang begitu panas, pasti puasa nanti kita lemas, biar tidak sampai membatalkan, banyak yang memilih tidur sepanjang hari, pertanyaan itu selalu muncul dibenak kita, batal gak y? Nah, mari kita baca artikel ini y para saudara/ri, agar terjawab deh pertanyaan kita semua.

Nah para saudara/ri, barang siapa yang menghabiskan waktu puasanya dengan tidur seharian maka puasanya sah jika dia berniat untuk puasa sebelum terbitnya fajar. Namun dia berdosa karena tidak mengerjakan shalat di waktu-waktunya dan berdosa karena tidak shalat jamaah jika ia memang termasuk orang yang wajib melaksanakan shalat jamaah.

Tidur pada saat berpuasa tidak membatalkan puasa, akan tetapi jangan menjadikan seharian penuh kerjanya hanya tidur saja. Sebab puasa tidak mengurangi apalagi menghalangi aktifitas kita sehari-hari. Apabila terasa lelah sekali dalam berpuasa, silakan istirahat/tidur sehingga dapat lanjut berpuasa. Hanya saja, ia terluput dari kebaikan yang banyak, sebab orang yang berpuasa hendaklah menyibukkan dirinya dengan sholat, dzikir, doa, membaca al-qur’an dan sebagainya sehingga mengumpulkan beraneka macam ibadah pada dirinya.

Baca juga:  Diduga Cemarkan Nama Baik, Ansor Labura Tempuh Jalur Hukum

Terkait dengan hal di atas, satu hal yang patut disayangkan, yaitu banyak orang yang biasa untuk bergadang di bulan Ramadhan, ketika mendekati fajar mereka makan sahur kemudian tidur sepanjang hari atau sebagian besarnya. Mereka meninggalkan shalat, padahal shalat lebih ditekankan dan lebih wajib daripada puasa. Tentu, hal ini merupakan perkara yang sangat berbahaya sekali. Oleh sebab itu bergadang yang menyebabkan orang tidak bisa bangun untuk menunaikan shalat adalah bergadang yang hukumnya haram. Lebih-lebih jika bergadang tersebut diisi dengan perbuatan yang sia-sia, main-main atau perbuatan yang haram tentu perkaranya lebih berbahaya lagi.

Maka saudara/ri hendaklah kita tidak menghabiskan waktu puasanya dengan banyak tidur. Istirahat boleh, akan tetapi, hendaklah kita bersemangat dalam melaksanakan ibadah wajib maupun sunnah, karena dibulan Ramadhan pahala akan dilipat gandakan, yuk saudara/ri ku kejar pahalanya. Semoga bermanfaat.

Baca juga:  Jelang Ramadan Peziarah Padati TPU Batusangkar

Oleh : Arni Wahyu Ningsih, S.Pd.

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed