oleh

Survey Pilkada Kota Bandung Yossi-Aries Unggul

Bandung, Pamarta Nusantara-Lembaga survey Indodata merilis hasil survey pilkada Walikota dan Wakil Walikota bandung 2018 di Vio Hotel Jalan Cimanuk Kota Bandung, Jumat (8/6/2018).

Survey yang di lakukan pada bulan Februari, April, Mei 2018 metode ini menggunakan mix method (pendekatan metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran) dengan margin error 2,78 persen. Survey ini melibatkan 1241 responden.

Hasil survey pertama di bulan Februari menunjukkan elektabilitas yossi – aries 35%, oded- yana 33,9%, Nurul- Chairul 18% dan 12% tidak menjawab.

Pada survey bulan april menghasilkan Yossi – Aries 37,7 %, Oded- Yana 35,4%, Nurul-Chairul 19,7% dan 7,2 % tidak memjawab.

Survey terakhir pada bulan Mei menunjukkan perubahan yang signifikan terhadap setiap calon untuk pasangan Yossi-Aries 38,2%, Oded- Yana 29,3% Nurul – Chairul 27% dan 4,7% tidak menjawab.

Baca juga:  Kemenperin Fasilitasi Batik Jambi Tebar Pesona di Kota Eiffel

Direktur ekskutif Danis T Saputra mengatakan dari tiga kali survey yang di lakukan oleh indodata pasangan Yossi-Aries terap unggul. Faktor yang menyebabkannya adalah yang pertama dukungan Ridwan Kamil dan berpengalaman serta merangkul semua kalangan.

Lanjutnya pasangan Oded- Yana melemah itu di pengaruhi oleh yang pertama terkait radikalisme, issu PKS yang tidak mengakomodir kearifan lokal dan lemahnya kepuasan publik terhadap jawaban pada saat debat program-program yang di anggap tidak netral.

Untuk pangan Nurul – Chairul berpeluang menguat dan menggantika posisi Oded- Yana pada posisi kedua, ini di karenakan, penokohan ruli sebagai cucu Tjokroaminoto, pengaruh image Ibu Risma di Surabaya sebagai pemimpin perempuan sukses, merangkul aktifis lingkungan.

Baca juga:  Gandeng Toyota dan Perguruan Tinggi, Kemenperin Riset Teknologi Mobil Listrik

Lanjut Danis T Saputra pasanan Yossi -Aries adalah pasabgan yang berpeluang menang besar nenjadi wallikota dan wakil walikota bandung pada pilkada 2108. Dan posisi kedua di perebutkan oleh pasangan Nurul-Chairul dan pasangan Oded-Yana, keadaan ini terjadi karena semakin baiknya pencitraan pasanagan Nurul- Chairul di tengah masyarakat Kota Bandung, sedangkan pencitraan pasangan Oded-Yana semakin melemah. (309)

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed