oleh

Sudah Tahu Belum, Buah Sirsak Ternyata Memiliki Banyak Manfaat untuk Ibu Hamil

PAMARTANUSANTARA.CO.ID | Banyak yang masih memperdebatkan manfaat buah sirsak untuk ibu hamil, baik oleh masyarakat awam maupun pakar kesehatan. Ada yang berpendapat jika ibu hamil dilarang mengkonsumi buah sirsak, namun ada juga yang menganjurkan ibu hamil untuk mengkonsumsi buah sirsak.

Pasalnya, buah sirsak memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk si ibu maupun bayi dalam kandungan. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan kedua pendapat tersebut. Buah sirsak memang baik untuk ibu hamil, dan dapat menjadi tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan.

Buah sirsak yang dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih dapat menekan sistem kardiovaskuler ibu hamil dan menyebabkan muntah. Juga berpengaruh pada janin yang dikandung dan dapat menyebabkan terjadinya kontraksi rahim.

Baca juga:  Kenali, 3 Karakter Perempuan Tukang Selingkuh

Namun jika dikonsumsi dalam batas yang wajar, justru memberikan manfaat yang besar. Sebab, nutrisi yang terkandung sangat dibutuhkan untuk menjaga serta mempertahankan kondisi fisik ibu dan membantu pertumbuhan janin yang dikandung. Dan berikut ini beberapa manfaat buah sirsak untuk ibu hamil.

Mencegah Rasa Mual

Ibu hamil seringkali merasa mual dan ingin muntah di awal kehamilan. Untuk mencegahnya hal tersebut, si ibu dapat mengonsumsi jus buah sirsak. Rasa asam manis pada buah sirsak dapat merangsang produksi air liur dan dapat mencegah bahkan menghilangkan rasa mual pada ibu hamil.

Meningkatkan Nafsu Makan

Masalah selera makan merupakan salah satu persoalan yang kerap dialami oleh ibu hamil. Namun dengan mengonsumsi jus buah sirsak, persoalan tersebut dapat teratasi. Itu karena rasa manis yang terkandung dapat meningkatkan nafsu makan.

Baca juga:  Kodim 1402/Polmas Terus Bantu Penanganan Bencana Banjir di Mamasa

Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Buah sirsak juga kaya akan vitamin C yang bermanfaat sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Untuk itu, bagi ibu hamil yang kerap melakukan aktifitas di luar ruangan, disarankan untuk mengkonsumsi sirsak.

Membantu Sistem Pencernaan

Konstipasi atau sulit buang air besar merupakan salah satu masalah yang kerap terjadi pada ibu hamil. Buah sirsak untuk ibu hamil memiliki manfaat lainnya yakni dapat membantu sistem pencernaan.

Menstimulasi Produksi ASI

Buah sirsak dapat menstimulasi produksi ASI pada ibu hamil. Dengan ASI yang lancar, maka bayi akan memperoleh colostrum secara langsung sesaat sesudah lahir. Hal tersebut membuatnya tidak perlu menunggu hingga aliran ASI lancar pasca persalinan.

Baca juga:  Punya Hobi Menulis? Platform Berikut ini Dapat Membuat Kamu Menjadi Seorang Penulis

Dan itulah beberapa manfaat buah sirsak untuk ibu hamil yang dapat dikonsumsi tanpa takut efek negatif yang ditimbulkan selama dikonsumsi dalam batas yang wajar. [PN036]

Komentar Sahabat Pamarta

Sudah Tahu Belum, Buah Sirsak Ternyata Memiliki Banyak Manfaat untuk Ibu Hamil
Sudah Tahu Belum, Buah Sirsak Ternyata Memiliki Banyak Manfaat untuk Ibu Hamil
Sudah Tahu Belum, Buah Sirsak Ternyata Memiliki Banyak Manfaat untuk Ibu Hamil
Sudah Tahu Belum, Buah Sirsak Ternyata Memiliki Banyak Manfaat untuk Ibu Hamil
image_pdfUnduh PDFimage_printCetak

Komentar

komentar

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed