oleh

SMA Negeri 2 Sungai Kanan Sukses Gelar UNBK

Sungai Kanan, pamartanusantara.co.id-Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) tahun ini, digelar serentak sejak Senin 9 April 2018 lalu. Salah satunya SMA N 2 Sungai Kanan, Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Sumatera Utara sukses dalam pelaksanaan UNBK.

Meskipun hanya menggunakan 24 komputer, dari 72 siswa yang mengikuti UNBK, namun pelaksanaan UNBK hingga hari terakhir tetap berjalan lancar.

Kepala Sekolah SMA 2 Sungai Kanan, Jafar Lelo Dalimunthe mengungkapkan, di hari pertama hingga hari terakhir pelaksanaan UNBK semua berjalan normal, meskipun terjadi beberapa kendala.

“Alhamdulillah hari pertama sampai hari ke-empat pelaksanaan UNBK tidak ada kendala, semua berjalan lancar, yang ada kendala itu daya listrik tidak maksimal bahkan sering padam, hal itu dapat diatasi dengan membeli genset,” ucapnya, Jumat (13/4) di ruang kerjanya.

Baca juga:  Maling Kecamatan Silangkitang Yang Resahkan Warga Berhasil Diamankan

Kendati sering terjadi listrik padam, namun tidak menyurutkan semangat siswa/i mengikuti proses pelaksanaan ujian.

“Tidak mengganggu, anak-anak juga cukup antusias, mereka juga menunggu sampai mesin genset dihidupkan,” ucapnya lagi.

Dengan berbagai kendala ini, beliau berharap kepada Pemerintah kedepannya ada penambahan komputer dan masalah listrik dapat teratasi.

SMU 2 Sungai Kanan, terletak di Desa Sampean ini, selain sering padam juga daya listrik tidak dapat mencukupi untuk pelaksanaan UNBK. Hal ini dapat diatasi oleh teknisi yang handal dari Media@net.

Teknisi Media@net, Kocik Hamjah Nasution mengatakan adapun kendala-kendala sebelumnya sudah di siasati demi kelancaran UNBK, “Sebagai mitra ataupun langganan jaringan internet dengan kita, hal itu memang menjadi tanggung jawab kita, bagaimanapun caranya kita usahakan untuk menyukseskan UNBK karena ini untuk kepentingan anak bangsa,” ujarnya.

Baca juga:  Kapolres Asahan Pimpin Sertijab 5 Kapolsek

Dia menjelaskan bahwa Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.

“Penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server pusat secara online (upload),” jelasnya.

Teknisi Media@net mengakuinya bahwa listrik di daerah ini yang menjadi kendala paling berat, karena radio internet dapat berfungsi adanya arus listrik”Ampun juga kita mengatasi listrik daerah ini sering kali padam, jika hidup pun selalu kurang arus. Terpaksalah kita beli alatnya untuk mengatasinya. Cukup lumayan mahal juga harganya, kita harap kedepannya listrik di daerah ini dapat diatasi lah,” tambahnya. (301)

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed