oleh

Sejahterakan Petani! Belasan Tahun Bendungan Eka Sari Tak Kunjung Diperbaiki

Lampung Tengah, pamartanusantara.co.id-Bendungan Eka Sari terletak di Kampung (Desa) Jaya Sakti, Kecamatan Anak Tuha, Kabupaten Lampung Tengah ini, sudah belasan tahun rusak.

Hal ini diungkapkan Kepala Kampung Jaya Sakti, Suwondo, ST. SPd bahwa bendungan Eka Sari sudah 16 tahun belum ada perbaikan. Padahal bendungan tersebut sudah retak-retak.

“Kita khawatir bendungan yang sudah rusak dan retak-retak ini akan jebol saat debit air naik dari Sungai Kalisari, tentunya bisa merusak ribuan hektar lahan pertanian warga,” Ungkapnya, Minggu (22/4/2018).

Apabila musim kemarau datang, warga terpaksa mengeruk lumpur di embung Eka Sari agar air bisa mengalir untuk menyirami tanaman mereka. Karena saat kemarau warga bercocok tanam cabe merah, semangka dan melon.

Baca juga:  Bupati Labuhanbatu Selatan : Guru, Orang Tua dan Masyarakat Sumber Kekuatan Perbaiki Kinerja Pendidikan

“Saat kemarau, warga disini memanfaat air embung dari bendungan untuk menyiram tanamannya, ketika tidak musim bercocok tanam padi,” ungkapnya lagi.

Selain itu embung ini juga dimanfaatkan kelompok ibu-ibu untuk menggantungkan usahanya yaitu budidaya udang.

“Budidaya udang dilakukan ibu-ibu untuk membuat kerupuk olahan, seperti rempeyek udang. Lumayan juga hasilnya, dari penjualan rempeyek udang bisa raup keuntungan Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta per harinya setiap kelompok ibu-ibu,” ujar Suwondo.

Lanjut Suwondo, lokasi ini juga bisa dijadikan tempat ekowisata dengan membangun sarana dan prasarananya maupun infrastruktur yang mendukung. Dan mengaktifkan kelompok-kelompok sadar wisata.

“Kami berharap adanya perhatian Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat untuk meninjau langsung dan melakukan perbaikan di bendungan Eka Sari ini,” harapnya. (A. Widodo)

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed