oleh

RKB SDN 118443 Torgamba Tanpa Plang Nama, Romadon Nasution : Diduga Proyek Itu Bermasalah

RKB SDN 118443 Torgamba Tanpa Plang Nama, Romadon Nasution : Diduga Proyek Itu Bermasalah
RKB SDN 118443 Torgamba Tanpa Plang Nama, Romadon Nasution : Diduga Proyek Itu Bermasalah

LABUSEL, PAMARTANUSANTARA.co.id | Pembangunan RKB (Ruang Kelas Baru) di SD Negeri 118443 beralamat Kandang Motor, Kecamatan Torgamba, Kabupaten Labuhanbatu Selatan, berjalan tanpa adanya plang proyek. Dari amatan LSM FIRIB di lokasi, Minggu (12/8),

Anggota DPRD Fraksi Golkar M. Romadon Nasution menanggapi hal tersebut, beliau mengatakan pemasangan plang papan proyek diharuskan karena merupakan kewajiban sesuai dengan kepres No. 80 Tahun 2003 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Pihak pelaksana diwajibkan untuk memasang plang papan nama proyek, sehingga masyarakat mudah melakukan pengawasan terhadap proyek yang sedang dikerjakan.

Menurut Romadon, proyek yang tidak menggunakan plang papan nama proyek membuat masyarakat sulit untuk mengawasi pekerjaan tersebut yang tujuannya sebagai bentuk peran serta masyarakat dalam pengawasan uang negara agar tidak disalah dipergunakan.

Baca juga:  Sesosok Mayat Warga Asam Jawa Ditemukan Di Bekoan PT Wisu Windo Jaya

“Dengan adanya plang papan proyek setidaknya kontraktor juga ikut menjalankan peraturan Undang Undang No. 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik. Saat ini, paket pekerjaan yang sedang dikerjakan tersebut juga belum kita ketahui apakah menggunakan anggaran APBD, APBD Provinsi atau APBN termasuk rekanannya, hal ini tentunya masyarakat akan menduga proyek itu bermasalah juga mencurigai bahwa rekanan memikirkan keuntungannya pribadi tanpa memperhatikan kualitas bangunan,” pungkas Romadon.

Seperti yang diamankan oleh Kepres No. 80 Tahun 2003 yang mana rekanan wajib menginformasikan kepada publik seperti nama perusahaan pelaksanaan dan pengawasan. “Kemudian ukuran bangunan, tanggal pelaksanaan, masa berakhir pekerjaan, sumber dana dan jumlah anggaran kegiatan,” Ujar Romadon.

Baca juga:  Musrenbang RPJMD Labusel Selesai, Pihak Bappeda Terkesan Menutup Diri.

Romadon mendesak pihak dinas terkait agar menegur pihak rekanan yang tidak melaksanakan amanah undang-undang yang mengatur tentang standar operasional prosedur (SOP) dalam pelaksanaan proyek RKB tersebut. Bila perlu pihak dinas terkait dapat memberi sanksi,”Pekerjaan itu harus dihentikan, sebelum memasang plang nama, jangan dibiarkan untuk melanjutkan pekerjaan RKB itu,” imbuhnya. (Tim)

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed