oleh

Ratusan Personil Polres Padangsidimpuan Diturunkan Bantu Bersihkan Pemukiman Warga

Personil Polres yang langsung dipimpin Kapolres Padangsidimpuan, AKBP Hilman Wijaya SIK, MH (pakai training merah putih dengan semangat bahu membahu membersihkan rumah warga pasca banjir di Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Jum’at (26/10)

PADANGSIDIMPUAN, PAMARTANUSANTARA.CO.ID | Banjir yang melanda wilayah Kota Padangsidimpuan akibat guyuran hujan pada Kamis (25/10) sejak sore hingga malam hari menyebabkan beberapa perumahan dan permukiman warga dilanda banjir dengan ketinggian air mencapai 15 hingga 50 Cm.

Data yang diperoleh wartawan, dari Kaban Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padangsidimpuan, Ir. Ali Ibrahim Dalimunthe, melalui Kasi Kedaruratan dan Ligistik BPBD Kota Padangsidimpuan, Madaluddin Siregar, SH, mengatakan, “Ada tujuh titik lokasi banjir dan yang paling parah dilanda banjir kali ini, yaitu adalah permukiman warga di Sibaganding Kelurahan Sitamiang Baru Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, serta Desa Manunggang Julu, Desa Goti dan Desa Manegen di Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara,” ujarnya.

Banjir yang terjadi di wilayah itu membuat Kapolres Padangsidimpuan, AKBP Hilman Wijaya SIK, MH merasa terpanggil dan langsung turun meninjau lokasi banjir tersebut bersama personil Polresta Padangsidimpuan, untuk rasa kemanusian antar sesama, melihat kondisi warga dan untuk mengantisifasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga:  Aliansi Mahasiswa PC IMM Gelar Aksi Unjuk Rasa Terhadap Dugaan Kampanye Oknum Polisi

“Hari ini kita cek langsung ke lokasi yang terkena musibah banjir. Kita juga berdialog langsung kepada para warga sekitar banjir ini. Kata warga setiap tahun mereka selalu kebanjiran, tapi baru ini yang terparah,” kata AKBP Hilman Wijaya.

Untuk membantu warga yang ditimpa musibah banjir, Kapolres AKBP Hilman Wijaya segera mengerahkan ratusan personil Polres Padangsidimpuan pada Jum’at (26/10/18) pagi pukul 08:30 WIB, untuk membersihkan sampah dan lumpur pasca banjir di pemukiman dan rumah warga yang terkena banjir.

Seluruh personil disebar di beberapa kelurahan, dan desa yang terkena banjir untuk turut membantu membersihkan sampah-sampah dan memperbaiki fasilitas umum akibat banjir bekerjasama dengan warga.

Baca juga:  Bupati Tapsel Bersama Ketua DPRD Hadiri Rakorpimda Dalam Rangka PTSP Prima

Selain itu, juga membersihkan badan jalan umum yang sempat mengganggu arus lalu lintas di Jalinsum di Desa Manunggang Julu, Goti, Manegen dan daerah Tanggal Kelurahan Batang Ayumi Julu. Polisi bersama petugas Damkar membersihkan lumpur dijalan bekas banjir dan menarik material lumpur dari badan jalan dan parit karena akibat dari banjir ini ratusan rumah warga dan fasilitas umum ikut terendam air.

Pantauan awak media ini, Jum’at (26/10-2018) terlihat petugas tak sungkan-sungkan memegang alat pembersih lantai berupa sapu ijuk, alat pengepel lantai, bahkan juga membantu warga mengangkati dan menjemur perabotan di daerah Padangsidimpuan Tenggara, rumah yang terendam diperkirakan lebih kurang 200 rumah.

Baca juga:  Pemko Padangsidimpuan Laksanakan Peringatan Hari Ibu Ke-91 Tahun 2019

Pada kegiatan gotong royong pembersihan pasca banjir, personel Polri bersama TNI dan anggota BPBD Kota Padangsidimpuan bahu membahu membersihkan lumpur yang menggenangi rumah warga. Bahkan Kapolres serta Perwira setingkat Kabag, Kasat juga pengurus Bhayangkari Cabang Padangsidimpuan yang dipimpin Ny. Henni Hilman Wijaya langsung turut serta membantu membersihkan rumah warga.

Disela-sela kegiatan gotong royong, Kapolres mengatakan, tidak ada korban jiwa dan kerusakan yang berarti yang diakibatkan banjir yang melanda wilayah Kota Padangsidimpuan. (C’jamS)

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed