oleh

Rapat Koordinasi Karhutla, Kapolsek Padang Bolak Ingatkan Jangan Asal Bakar Hutan Dan Lahan

Rapat Koordinasi Karhutla, Kapolsek Padang Bolak Ingatkan Jangan Asal Bakar Hutan Dan Lahan
Photo saat simulasi penanggulangan karhutla

PALUTA, PAMARTANUSANTARA.CO.ID| Rapat koordinasi pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dibuka secara langsung oleh Camat Halongonan Timur (Haltim) Muzni Lelo Halomoan Harahap, diwakili Sekretaris Camat Herry Mangaraja Harahap, Rabu (24/08/2022) di aula Kantor Camat Haltim.

Hadir dalam rapat koordinasi tersebut Kapolsek Padang Bolak AKP. Zulfikar SH.MH, Kanit Binmas Polsek Padang Bolak Aiptu Hutabarat, Bhabinkamtibmas, Danramil 05/ PB yang diwakili Babinsa 05/ PB Serma Suarman, Kordinator Manggala Agni wilayah Paluta Goniman Siregar, perwakilan perusahaan PT. PIS Ali Umar, PT SSSL Murdani Siregar, Kepala Desa, serta undangan lainnya.

Kordinator wilayah Manggala Agni Paluta Goniman Siregar, dalam kesempatan tersebut menyampaikan dua faktor penyebab kebakaran, faktor Alam dan faktor manusia. Goniman Siregar juga meyakini di daerah Padang Lawas Utara (Paluta) jauh kemungkinan terjadi kebakaran hutan dan lahan kecuali sengaja dibakar oleh manusianya.

Baca juga:  Wabup Tapsel Hadiri Wisuda Sarjana UGNP Ke-XXXI

Lebih lanjut Goniman Siregar menuturkan beberapa hal terkait mengenai karhulta diwilayah Paluta dan sekitarnya yakni sarana dan prasarana dalam mengatisipasi serta upaya yang harus dilaksanakan dalam pencegahan dan penanggulangan, hambatan-hambatan yang dihadapi dilokasi saat terjadinya karhutla.

“Untuk itu saya mengajak agar kita buat satgas untuk mecegah kebakaran hutan dan lahan di Kecamatan Halongonan Timur ini”, ajak Goniman.

Danramil 05/PB melalui Babinsa 05/PB Serma Suarman, menyampaikan pentingnya meningkatkan koordinasi antara Bhabinsa, Bhabinkamtibmas dan Manggala Agni serta masyarakat, khususnya masyarakat yang memiliki kebun agar apabila terjadi kebakaran dapat secara bersama -sama menanggulanginya.

Dalam kesempatan itu, Kapolsek Padang Bolak AKP. Zulfikar mengingatkan masyarakat agar jangan Asal bakar hutan dan lahan, sebab bagi pembakar hutan dan lahan bisa lansung dipidana sesui Undang Undang yang berlaku.

Baca juga:  Coffee Morning Pj. Bupatu Labuhanbatu Selatan Bersama tokoh pemekaran.

Dijelaskan juga betapa Pentingnya menjaga hutan dan lahan agar tidak terjadi kebakaran, sebab menjaga alam sudah merupakan tanggung jawab bersama.

“mari kita berkerja sama dalam menanggulangi karhutla di Kecamatan Haltim ini, apabila ada kebakaran hendaknya kita saling bersinergi dalam upaya mencegah karhutla tersebut dengan demikian karhutla di Kecamatan Haltim ini bisa teratasi”, ajak Kapolsek Padang Bolak.

Kepada seluruh Kepala Desa, Kapolsek menghimbau supaya menyampaikan informasi agar tidak membakar hutan dan lahan kepada warganya, serta sama-sama mendukung apa yang menjadi program pemerintah,baik pemerintah pusat maupun daerah.

Setelah acara rapat koordinasi selesai, personil Manggala Agni bersama TNI- Polri melakukan simulasi tentang cara memadamkan api yang benar di lapangan Kantor Camat Halongonan Timur.

Baca juga:  Harapan Disumpah dan Dilantiknya Pengurus Serbundo Se Labuhanbatu Raya di PMKS Milano

(Zpn)

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed