oleh

Presiden RI Jokowi Ucapkan Selamat HUT Tapsel Ke-68

TAPSEL, PAMARTANUSANTARA.CO.ID | Presiden RI Joko Widodo mengucapkan selamat HUT Kabupaten Tapanuli Selatan ke-68 yang disampaikan melalui menantunya Bobby Nasution pada saat menghadiri penutupan pameran pembangunan di lapangan Sepakbola Sarasi II, Kelurahan Bintuju, Kecamatan Angkola Muaratais, Jum’at (23/11) malam.

“Saya mengucapkan terima kasih atas penghormatan dan sambutan yang diberikan kepada saya oleh bapak Bupati dan masyarakat Tapsel, karena setahu saya kalau menurut adat batak kalau disambut dengan dikenakannya ulos itu adalah sebagai penghargaan yang sangat luar biasa,” ucap Muhammad Bobby Afif Nasution.

Jokowi berpesan kepada Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan dan segenap masyarakatnya, dapat saling bersinergi saling mencintai dan saling mendukung.

“Kemarin pas nelepon isteri (Kahiyang) saya izin jadwal pulang ke Jakarta, terpaksa diundur karena memenuhi undangan Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M. Pasaribu untuk menghadiri HUT Tapsel. Saat menelepon kebetulan Kahiyang lagi bersama Pak Jokowi. Saya sempat berbicara sebentar sama mertua, di situlah beliau (Jokowi) menitip salam kepada warga Tapanuli Selatan sekaligus mengucapkan HUT Tapanuli Selatan ke-68,” kata Bobby Nasution di Acara penutupan HUT Pemkab Tapsel ke 68.

Menurut Bobby, apapun jenis usaha maupun jenis kreatifitas yang akan dapat tercapai tentunya yang paling utama adalah membentuk satu kesatuan yang kalau didunia usaha yaitu komunitas bisnis yang dimana komunitas tersebut bisa terpadu dari hulu hingga hilir,

Baca juga:  Tutup Festival Seni Budaya Antar Pelajar, Sekdakab Tapsel Berharap Kegiatan Ini Sampai Ketingkat Nasional

“Ibarat kopi dari penanaman sampai dengan pengolahan biji kopinya. Jadi, komunitas itu tidak hanya dari masyarakat akan tetapi bisa juga dari pemerintah maupun swasta,” imbuhnya.

Bupati Tapsel H. Syahrul M. Pasaribu mengatakan, bahwasanya pameran pembangunan merupakan wadah untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat baik itu mengenai pembangunan maupun ekonomi kreatif demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Untuk diketahui oleh ananda Bobby, bahwasanya pada saat pembukaan pameran beberapa hari yang lalu, Pemkab Tapsel melalui Dinas Pertanian telah mendapatkan sertifikat Indikasi Geografis (IG) dari Kemenkumham RI yaitu rasa khas kopi arabika Sipirok yang telah mempunyai hak paten dan ditempat ini pulalah telah dilaksanakannya perlombaan barista kopi yang diikuti oleh Kota Sibolga, Kabupaten Mandailing Natal, Kota Padangsidimpuan dan Kabupaten Tapanuli Selatan sebagai tuan rumah,” ujarnya.

“Melalui upaya-upaya seperti inilah para petani kopi kita akan lebih bisa bergairah, karena melalui sertifikat yang telah diberikan Kemenkumham RI, maka nantinya nilai jual akan lebih meningkat dan para petani kitapun akan lebih menikmati dari hasil nilai jual tersebut,” tambahnya.

Lanjut Syahrul, pada saat pembukaan yang lalu telah disampaikan bahwasanya ekonomi kreatif telah ditentukan oleh pemerintah atas pengakuan inovasi dan pengakuan terhadap kreasi dari masyarakat yang dapat menumbuh kembangkan Kesejahteraan masyarakat yang lebih baik. Sedangkan pada saat pemerintahan sebelumnya, ekonomi kreatif itu dilabelkan di Kementerian Pariwisata dan akan tetapi pada saat kabinet kerja sekarang yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla bahwasanya badan ekonomi kreatif telah berdiri sendiri sesuai dengan Perpres tahun 2016.

Baca juga:  Ratusan Anak Kurang Mampu Ikuti Khitanan Massal Gratis

“Adapun pembentukan Kecamatan Angkola Muaratais terjadi pada saat Joko Widodo menjadi Presiden RI, karena pada tanggal 7 Agustus 2018 pemerintah pusat telah meloloskan Kecamatan Angkola Muaratais menjadi kecamatan yang baru dari pemekaran Kecamatan Batang Angkola, oleh karena itu masyarakat Kecamatan Angkola Muaratais sangat senang atas terbentuknya kecamatan yang baru ini dan masyarakatpun mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo dan Wapres RI Jusuf Kalla,” paparnya.

Bupati Tapsel H. Syahrul M. Pasaribu yang sekaligus menutup pameran pembangunan Tapsel 2018 dihadapan ribuan masyarakat mengucapkan termakasih atas apresiasi yang disampaikan Jokowi melalui menantunya Muhammad Bobby Afif Nasution.

Setelah itu Bupati, menyerahkan bulang kepada Presiden RI Joko Widodo beserta istri melalui menantunya Boby dan ini adalah sebagai lambang adat ucapan terima kasih terutama terhadap pemekaran Kecamatan Angkola Muaratais yang sudah lama ditunggu-tunggu oleh masyarakat, maka secara empiris Muaratais ini tidak dapat dipisahkan dengan kemajuan Tapanuli Selatan.

Baca juga:  Wabup Tapsel Hadiri Wisuda Sarjana UGNP Ke-XXXI

Adapun juara stand terbaik OPD sebagai juara 1 yaitu Dinas Pertanian, juara 2 Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan juara 3 Dinas Perpustakaan dan Arsip sedangkan untuk juara harapan 1 yaitu Sekretariat Daerah Kabupaten, juara harapan 2 Dinas Ketahanan Pangan dan juara harapan 3 Dinas Dukcapil.

Selanjutnya untuk instansi lainnya, juara 1 Dekranasda, juara 2 PTPN III Batangtoru dan juara 3 PKK Kab. Tapsel sedangkan untuk juara harapan 1 PT. ANJ Siais, juara harapan 2 PT. AR, juara harapan 3 PT. NSHE dan juara harapan 4 PT. Bank Sumut Sipirok serta untuk kategori kecamatan, seluruh kecamatan mendapatkan penilaian baik.

Penutupan dihadiri, Dandim 0212/TS Letkol Inf. Akbar Nodrizal Yusanto, SIP, Kapolres Tapsel AKBP. Irwa Zaini Adib, SIK, MH, Kajari Tapsel Tiyas Widiarto, praktisi bisnis kaliber nasional Muhammad Boby Afif Nasution, anggota DPRD Provsu Doly Sinomba Siregar, Wakil Bupati Tapsel Aswin Efendi Siregar, mantan Wabup Tapsel Harry Lottung Siregar, Kepala BNNK Tapsel AKBP. Siti Aminah Siregar, Sekda Tapsel Parulian Nasution, para Asisten, Staf Ahli Bupati, pimpinan OPD Tapsel, Camat se-Tapsel, tokoh masyarakat Sumut Syamsul Qamar, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya. (Martin)

Komentar Sahabat Pamarta

News Feed