oleh

Pondok Santri Di Ponpes Islamiyah Gunung Raya Paluta Habis Terbakar

PALUTA, PAMARTANUSANTARA.co.id |Kebakaran melanda Pondok Pesantren Islamiyah Gunung Raya, Desa Gunung Baringin, Kecamatan Portibi, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Minggu (15/7/2018).

Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 12.30 Wib tersebut mengakibatkan 30 unit rumah hunian (pondok) santri/wati Ponpes Islamiyah Gunung Raya yang terbuat dari papan dan berdempetan habis terbakar.

Informasi yang dihimpun, api dapat dipadamkan sekitar pukul 14.30 Wib dengan menggunakan 3 unit mobil pemadam kebakaran dan tidak ada korban jiwa akibat kebakaran tersebut. Sedangkan penyebab kebakaran belum dapat diketahui.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Yusuf MD Hasibuan didampingi kabid Damkar Rahibbun Harahap mengatakan bahwa pihaknya menerima informasi kebakaran tersebut sekitar pukul 13.00 Wib. Menerima informasi tersebut, 3 unit mobil pemadam kebakaran langsung diturunkan ke lokasi untuk memadamkan api.

Baca juga:  Pak Bram Resmi Menjadi Ketua LBH PAM RI.

Sekitar satu jam melakukan pemadaman dengan dibantu oleh masyarakat sekitar, api dapat dipadamkan setelah menghanguskan sekitar 30 unit rumah hunian (pondok) tempat tinggal santri/wati.

“Angin yang cukup kencang dan bahan bangunan yang terbuat dari kayu dan sudah tua menbuat api menyebar dengan cepat. Akibatnya ada sekitar 30 unit pondok tempat santri yang hangus terbakar,” ujarnya.

Sementara, pimpinan Ponpes Islamiyah Gunung Raya H Amir Mahmud Hasibuan mengatakan belum bisa memastikan sumber api yang menyebabkan terbakarnya rumah hunian santri/wati tersebut.

Akibat kebakaran tersebut, puluhan bangunan rumah hunian (pondok) yang merupakan bangunan tua dan terbuat dari papan kayu ludes terbakar dan diperkirakan menelan kerugian hingga Rp 50 juta.

Baca juga:  Wakil Bupati Labusel Buka MTQ Ke -13 dan FSQ Ke-14.

“Api cepat merambat dan  kobarannya besar sekali. Bangunannya memang bangunan yang sudah cukup lama dan terbuat dari papan. Jaraknya yang cukup rapat dan angin yang kencang membuat api cepat membesar,” ungkapnya.

Untuk saat ini, santri/wati sebagian dipulangkan dan sebagian lagi dipindahkan ke rumah hunian yang lainnya.

Terpisah, Kapolsek Padang Bolak AKP Kasmir Sitanggang SH melalui Kanit Reskrim Ipda Doli Silaban menyebutkan pihaknya sudah menerima laporan kebakaran tersebut.

Katanya, pihak Polsek Padang Bolak sudah turun ke lokasi kebakaran dan melakukan olah TKP untuk pengembangan penyidikan terkait penyebab kebakaran yang belum diketahui. (GNP)

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed