oleh

Polres Bersama Pemkab Asahan dan TNI Lakukan Gerakan Penanaman 1 Juta Pohon

Diterbitkan pada

image_pdfUnduh PDF
Polres Bersama Pemkab Asahan dan TNI Lakukan Gerakan Penanaman 1 Juta Pohon
Polres Bersama Pemkab Asahan dan TNI Lakukan Gerakan Penanaman 1 Juta Pohon

ASAHAN, PAMARTANUSANTARA.CO.ID | Polres Asahan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan dan TNI melakukan gerakan penanaman 1 juta pohon. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Sei Dua Hulu Kecamatan Simpang Empat, Selasa (15/10/2019).

Gerakan penanaman 1 juta pohon itu merupakan gagasan dari Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H., yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga hutan yang memiliki banyak manfaat.

“Gerakan ini dilakukan untuk mengurangi dampak pemanasan global. Selain itu, gerakan ini juga dapat menjadi sumber oksigen, menjaga air dalam tanah dan dapat menyerap polusi udara juga sebagai tempat tinggal hewan serta mencegah banjir,” kata Kapolres Asahan, AKBP. Faisal F Napitupulu, S.I.K., M.H.

Kapolres Asahan menambahkan bahwa kegiatan ini secara serentak dilaksanakan diseluruh wilayah Polda Sumatera Utara.

“Mengingat manfaatnya yang begitu besar, perlu peran serta seluruh elemen masyarakat untuk memperbanyak penanaman pohon,” imbuhnya.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Asahan H. Benteng Panjaitan saat membacakan sambutan Ketua DPRD Kabupaten Asahan menyampaikan apresiasi nya terhadap kegiatan tersebut.

“Dengan penanaman satu juta pohon ini diharapkan dapat mencegah banjir yang sering melanda Kabupaten Asahan, khususnya Desa Sei Dua Hulu Kecamatan Simpang Empat, sehingga masyarakat yang tinggal disini dapat merasa nyaman,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Asahan mendukung penuh kegiatan tersebut.

“Agenda penanaman pohon ini diharapkan dapat menjadi agenda rutin yang bisa dilaksanakan secara berkala sampai kondisi lingkungan di daerah kita ini, terkhususnya kawasan Danau Toba benar-benar menjadi baik,” ujar Bupati Asahan.

Bupati Asahan juga mengatakan setiap tahun nya masyarakat di Desa Sei Dua Hulu selalu terkena bencana banjir akibat dari meluapnya air sungai Asahan karena semakin berkurang vegetasi pepohonan di sekitar kawasan Danau Toba.

“Oleh sebab itu, pada hari ini kita bersama-sama berupaya memperbaiki kondisi tersebut melalui penanaman pohon secara massal dan berkelanjutan. Mari kita jaga pohon yang sudah ditanam agar dapat tumbuh dan berkembang.” tambahnya.

Beliau juga berharap kepada tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, LSM, wartawan dan mahasiswa agar terus memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya memelihara lingkungan dan hutan.

Kapolres Asahan bersama Bupati Asahan serta Unsur Forkopimda secara simbolis menyerahkan 12 ribu bibit kepada Kepala Desa Sei Dua Hulu, Kepala Desa Suka Raja, Kepala Desa Simpang Empat dan Perwakilan Danyon 126/KC.

12 ribu bibit pohon tersebut dengan berbagai jenis pohon akan ditanam di sepanjang areal bantaran Sungai Sei Silo arah Desa Suka Raja, sepanjang 7 kilometer serta ke arah Tanjungbalai sepanjang 11 kilometer.

Selain melakukan penanaman pohon, kegiatan tersebut juga digelar bakti sosial kesehatan.

Terlihat Bupati Asahan beserta istri, Kapolres Asahan beserta istri serta Unsur Forkopimda Kabupaten Asahan, beserta jajaran yang hadir melakukan penanaman bibit pohon dilokasi yang telah ditentukan.

Turut hadir dalam kegiatan penanaman pohon tersebut, Kasdim 0208/Asahan, perwakilan Danlanal TBA, Forkopimcam se-Kabupaten Asahan, Ketua PKK Kabupaten Asahan, ketua bhayangkari cabang Asahan, Ketua Persit, Ketua Jalasenasri. (Septiawan)

Komentar Sahabat Pamarta

Polres Bersama Pemkab Asahan dan TNI Lakukan Gerakan Penanaman 1 Juta Pohon
Polres Bersama Pemkab Asahan dan TNI Lakukan Gerakan Penanaman 1 Juta Pohon
Polres Bersama Pemkab Asahan dan TNI Lakukan Gerakan Penanaman 1 Juta Pohon
image_pdfUnduh PDF

Komentar

komentar

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Avatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed