oleh

Plt Ketua Panwaslu Kecamatan Kotapinang Himbau Peserta Pemilu Ikut Aturan

 

Nizar Qushoi, S.H. Plt Ketua Panwaslu Kecamatan Kotapinang.

LABUSEL, PAMARTANUSANTARA.CO.ID | Panwaslu Kecamatan Kotapinang mengimbau peserta Pemilu 2019 agar ikut aturan, membuat surat pemberitahuan kegiatan kampanye pada Kepolisian dan ditembuskan ke KPU dan pengawas Pemilu sesuai tingkatannya.

Minggu (4/11), Plt Ketua Panwaslu Kecamatan Kotapinang Nizar Qushoi, S.H. mengimbau kepada peserta kampanye harus mematuhi peraturan dalam melakukan kegiatannya. Yaitu surat pemberitahuan kegiatan kampanye harus disampaikan kepada Kepolisian.

“Memang saat ini adalah masa kampanye namun semua sudah ada aturannya, surat pemberitahuan harus dibuktikan dengan Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) Kampanye yang dikeluarkan Kepolisian dimana tempat melakukan kegiatan kampanye kemudian ditembuskan ke pengawas Pemilu sesuai tingkatannya,” jelasnya.

Dalam PKPU Nomor 33 tahun 2018, tentang Kampanye Pemilihan Umum, terdapat ketentuan tentang pertemuan terbatas, Pasal 29 tentang aturan kampanye pertemuan tatap muka dan Pasal 43 tentang aturan kampanye rapat umum yang wajib menyampaikan pemberitahuan tertulis. Selain itu terhadap pemasangan APK (Alat Peraga Kampanye) peserta pemilu juga harus mematuhi aturan, sesuai zona dan desain yg telah diputuskan oleh KPU Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel).

Baca juga:  Penerimaan Penyuluh di Kemenag Labusel Dipertanyakan Peserta, Isu Beredar Test Hanya Formalitas

“Bagi peserta Pemilu yang tidak menyampaikan surat pemberitahuan kegiatan kampanye ke kepolisian dan tidak menyampaikan tembusan ke pengawas pemilu sesuai tingkatannya, maka kita akan panggil untuk melakukan klarifikasi jika terbukti melanggar maka akan dikenakan sanksi administrasi. Mulai dari teguran tertulis, hingga larangan kampanye dan bagi APK yang dipasang diluar zona akan dilakukan penertiban atau diturunkan,” tegas Qushoi.

Selain itu, Ketua Panwascam Kotapinang ini juga berharap kepada masyarakat agar turut dalam mengawasi tahapan Pemilu 2019 yang akan diselenggarakan.

“Saya minta adanya partisifatif dari masyarakat agar turut mengawasi tahapan Pemilu 2019 nanti, sesuai dengan slogan Bawaslu yaitu bersama rakyat awasi Pemilu bersama Bawaslu tegakkan keadilan Pemilu,” harapnya. (Tim)

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed