oleh

Plt Bupati Menghadiri Halalbihalal Bersama DP MUI Labuhanbatu

Plt Bupati Menghadiri Halalbihalal Bersama DP MUI Labuhanbatu

LABUHANBATU, PAMARTANUSANTARA.CO.ID | Dalam rangka memperkokoh hubungan silaturahmi antara ulama dan umara dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat, H. Andi Suhaimi Dalimunthe, S.T., M.T., selaku Kepala Daerah Kabupaten Labuhanbatu yang memegang tampuk kekuasaan di Wilayah Administratif Kabupaten Labuhanbatu, menghadiri acara Halalbihalal sekaligus silaturahmi yang dilaksanakan oleh Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Labuhanbatu di Kantor DP-MUI Kabupaten Labuhanbatu-Kompleks Asrama Haji Ujung Bandar Kecamatan Rantau Selatan.

Plt Bupati Labuhanbatu, Bapak H. Andi Suhaimi Dalimunthe, S.T., M.T., sangat memahami kedudukannya sebagai kepala pemerintahan dan atau penguasa tunggal selanjutnya disebut sebagai bupati, yang mana didalam menjalankan kekuasaannya harus amanat dan ditunaikan dengan jujur, adil, ikhlas dan bukan untuk dibangga-banggakan apalagi disalah gunakan.

Hubungan yang melekat dan menyatu antara ulama dan umara sebagai pasangan pemuka masyarakat, yang utama merupakan suatu keharusan untuk terus dibina dan berjalan seiring sejalan menuju kemaslahatan umat atau kesejahteraan masyarakat.

Para ulama adalah pewaris nabi dan penerus tugas-tugasnya di dunia, yakni membawa kabar gembira, memberi peringatan, mengajak kepada Allah, dan memberi cahaya, sedangkan umara atau penguasa adalah menjalankan pemerintahan berkeadilan dan penguasa tidak boleh memperturutkan hawa nafsu, melakukan penyimpangan dan menganiaya rakyat.

Baca juga:  Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H, Walikota Padangsidimpuan : Mari Kita Tauladani Akhlak Rasulullah SAW Dalam Kehidupan Sehari-hari

“Rasulullah pernah bersabda, ada dua golongan yang ada di kalangan umat kita, apabila dia baik maka baiklah semua, apabila keduanya rusak maka rusaklah masyarakatnya,” ungkapnya.

Menggambarkan betapa pentingnya peranan ulama dan umara itulah, maka wajib hukumnya bagi pemerintah dan Majelis Ulama Indonesia (MUI, untuk seiring sejalan dalam membina umat untuk kebaikan-kebaikan, dan secara bersama-sama membangun Kabupaten Labuhanbatu menuju kemakmuran dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pada kesempatan itu, Bapak H.Andi Suhaimi Dalimunthe, S.T.,M.T., memohon maaf lahir dan batin kepada seluruh Ulama se-Kabupaten Labuhanbatu atas kebijakan dan keputusan yang dilakukan dalam menjalankan roda Pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu, yang belum bisa menyenangkan seluruh umat dan kedepan jika Allah Subhahahu Wa Ta’ala mengijinkan dan masyarakat Labuhanbatu.

“Insya Allah pembinaan ummat dan bidang keagamaan semakin ditingkat seoptimal mungkin.” Tuturnya.

Disisi lain, Ketua PD-MUI Kabupaten Labuhanbatu, masa khidmat 2016-2021, K.H. M.Darwis Husin, Lc., mewakili seluruh Pengurus PD MUI Kabupaten Labuhanbatu, mengucapkan selamat datang danohon maaf lahir dan batin kepada Plt Bupati Labuhanbatu, sekaligus menyampaikan permohonan perluasan ruangan Gedung Kantor PD-MUI Kabupaten Labuhanbatu, sehingga semakin lebih layak dalam melaksanakan kegiatan pembinaan umat dan melayani berbagai kebutuhan umat terhadap Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Labuhanbatu.

Baca juga:  Bupati Sukabumi : Masaro Butuh Peran Aktif Murni Masyarakat Dan Steakholder

Kegiatan acara Halalbilhalal dan silaturahmi itu dirangkai dengan Upah-upah/tepung tawar calon Jemaah Haji Kabupaten Labuhanbatu, dari keluarga besar DP-MUI Kabupaten Labuhanbatu dan MUI Kecamatan.

Dapat diinformasikan kembali bahwa Susunan Pengurus Dewan Pimpinan Majelis Ulama Kabupaten Labuhabatu, masa khidmat 2016-2021, yaitu: Ketua Umum K.H.M. Darwis Husin, Lc, Wakil Ketua Umum H. Hidir Harahap, S.Ag., Ketua H. Ahmad Ruzaini Hasibuan, S.Ag., Ketua H. Irwansyah Ritonga, S.Pd.I., M.Hum., Ketua Drs. H. Abd. Halim Hasan, M.Hum., Ketua Drs. H. Bukhori Is, M.M., Ketua H. Amin Prasetyo, M.M., Ketua H. Yursalim Nasution, A.Ma. Ketua Drs. H. Darajat Siregar, M.Pd., Ketua Drs. H. Pamimpin Nasution, Ketua H. Mara Sakti Harahap, Lc., Ketua Dra. Hj. Siti Rahimah Nasution, M. Ag., Ketua H.M. Sofyan, M.A., Ketua Drs. H. Eddi Merpi Rambe, Sekretaris Umum H.Abd.Hamid Zahid, Sekretaris H. Darmansyah Siagian, S.Ag., Sekretaris H. Ilham Hasibuan, S. Pd.I., Sekretaris M. Ali Azhar Samosir, S.H.I., Sekretaris Syahrul Budiman, M.A., Sekretaris M. Aidil Nasution, S.Pd.I., Sekretaris Drs. H. Mahdan Siregar, S. Pd.I., Bendahara Umum H. Yusran Yunus, Bendahara H. Zaharuddin Tambunan, Lc., Bendahara H. Tukino, S.Sos.I.

Baca juga:  Wadirwaster LKPK Sumut Dukung Perjuangan Aktivis Lingkungan Hidup di Pemko Padangsidimpuan

Dewan Pimpinan MUI Kabupaten Labuhanbatu dibantu komisi-komisi sejumlah 12 yaitu: komisi fatwa, komisi hukum, Perundang-undangan, HAM dan advokasi, komisi dakwah dan pengembangan masyarakat, komisi pendidikan dan kaderisasi, komisi lemberdayaan ekonomi umat, komisi ukhuwah dan hubungan antar umat beragama, komisi pengkajian dan lenelitian, komisi informasi dan komunikasi, komisi hubungan luar negeri, kerjasama nasional dan internasional, komisi perempuan, remaja dan keluarga, komisi pemuda dan pembinaan seni budaya Islam, serta komisi sosial, lingkungan hidup dan sumber daya alam. (Satria)

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed