oleh

Plt Bupati Labuhanbatu Lakukan Ini Pada Peringatan Hari Pangan

LABUHANBATU, PAMARTANUSANTARA.CO.ID | Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu turut memperingati hari pangan sedunia ke-38 yang berlangsung di aula Dinas Pangan Kabupaten Labuhanbatu, Rantauprapat, Selasa (18/9/2018).

Acara tersebut di rangkai dengan lomba cipta menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) berbasis sumber daya lokal tingkat Kabupaten Labuhanbatu tahun 2018.

Plt Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe ST, MT dalam sambutanya mengatakan, eksistensi pangan adalah salah satu isu penting bagi kemanusiaan, keprihatinan utama para pemerhati lingkungan adalah pertumbuhan penduduk yang tinggi tidak diimbangi dengan kesadaran manusia untuk memelihara lingkungan.

“Negara kita kaya akan aneka pangan lokal, selain beras yang sudah menjadi pangan nasional, di beberapa daerah kita mengenal singkong, jagung, sagu dan aneka pangan lokal lainya, yang belakangan ini mulai bergeser digantikan oleh makanan instan dan siap saji yang tidak sehat,” kata Andi.

Baca juga:  Proyek Rabat Beton di Desa Perkebunan S3 Aek Nabara Sesuai Undang-undang Desa

Mengenai hal tersebut diatas, Andi Suhaimi mengajak seluruh masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Labuhanbatu, untuk mulai menghargai pangan dengan kembali menyantap hasil bumi asli daerah kita sendiri sebagai sumber karbohidrat pengganti beras, selain membuat kita sehat, kita juga ikut membangun kesejahteraan para petani, selaku pejuang pangan kita.

“Dengan tema hari pangan sedunia tingkat Nasional ke-38 tahun 2018 yaitu “optimalisasi pemanfaatan lahan rawa menuju Indonesia lumbung pangan dunia 2045″ harus kita tindak lanjuti di Kabupaten Labuhanbatu, dan memanfaatkan potensi rawa menjadi lahan produktif yang beepotensi sebagai stok pangan daerah,” sebut Andi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pangan Kabupaten Labuhanbatu Syarifuddin SP menjelaskan, peringatan hari pangan sedunia bertujuan untuk memberhasilkan program ketahanan pangan, khususnya penganekaragaman konsumsi pangan yang sedang gencar-gencarnya dilakukan untuk memenuhi kebutuhan energi 2200 KKL dan prot. (Riski Pratama)

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed