oleh

Perpustakaan Keliling Menggunakan Motor, Kadis Perpustakaan Berharap Berguna Bagi Masyarakat

Perpustakaan Keliling Menggunakan Motor, Kadis Perpustakaan Berharap Berguna Bagi Masyarakat
Perpustakaan Keliling Menggunakan Motor, Kadis Perpustakaan Berharap Berguna Bagi Masyarakat

LABUHANBATU, PAMARTANUSANTARA.CO.ID | Meningkatkan minat baca masyarakat, khususnya di kalangan anak-anak, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara, ingin meningkatkan minat baca masyarakat khususnya di kalangan anak-anak, Rabu (9/10/2019).

Sejak beberapa tahun lalu telah memberdayakan perpustakaan keliling dengan meluncurkan mobil perpustakaan keliling, jumlah mobil perpustakaan keliling yang dimiliki Kabupaten Labuhanbatu hanya satu unit.

Sehingga dinilai masih belum ideal dibandingkan dengan luasan wilayah serta kondisi geografis Kabupaten Labuhanbatu, meliputi mulai kawasan perbukitan, pedalaman dan perairan pantai pesisir timur Pulau Sumatera yang langsung menghadap ke Selat Malaka.

Sehingga jangkauan antar kecamatan dari satu ke lainnya yang cukup jauh belum maksimal dijangkau mobil perpustakaan keliling itu.

Baca juga:  Asisten II Pemkab Paluta Membuka Secara Resmi Musrenbang RKPD Kecamatan Haltim Tahun 2021

Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Labuhanbatu, Ir. Leo Sunarta Marpaung, M.M.A., kepada jurnalisindonesia.id., membenarkan kalau daerah ini hanya memiliki 1 (satu) unit mobil perpustakaan.

“Dengan satu unit mobil itu, jelas masih banyak desa yang belum telayani. Apalagi, kini kondisi mobil itupun pengoperasiannya sudah tidak maksimal lagi.” Katanya.

Leo menambahkan, menyadari akan hal itulah, pihaknya mengajukan permohonan kepada Bupati Labuhanbatu, H. Andi Suhaimi Dalimunthe, S.T., M.T., mengapresiasi usulan itu.

“Atas dasar itulah Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2019, mengeluarkan dana untuk pengadaan motor perpustakaan keliling menggunakan sepeda motor roda dua.” Jelasnya.

Disebutkannya, kepedulian Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe, S.T., M.T., terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia cukup besar. Karena Bupati Andi yang mencanangkan Labuhanbatu menjadi kabupaten literasi pada tahun 2016 lalu.

Baca juga:  Antisipasi Karhutla Dandim Polmas Ajak Komunitas Trail Patroli Wilayah

“Mudah-mudahan motor perpustakaan keliling ini bisa bermanfaat bagi masyarakat, khususnya generasi muda yang haus akan ilmu pengetahuan,” harapnya. (Riski Pratama)

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed