oleh

Peringati Hari Santri Nasional, Wakil Bupati Labusel Maju Sebagai Pembina Upacara

Peringati Hari Santri Nasional, Wakil Bupati Labusel Maju Sebagai Pembina Upacara
Peringati Hari Santri Nasional, Wakil Bupati Labusel Maju Sebagai Pembina Upacara

LABUSEL, PAMARTANUSANTARA.CO.ID| Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) peringati Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2022 di Lapangan SBBK Kotapinang, sabtu (22/10/2022).

Penetapan Hari Santri Nasional pada 22 Oktober merupakan keputusan Presiden RI nomor 22 tahun 2015, merujuk pada tercetusnya “Resolusi Jihad” yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Resolusi jihad tersebut melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 November 1945 yang diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Bupati H. Edimin dan Wakil Bupati, H. Ahmad Padli Tanjung, S.Ag hadir dalam Peringatan tersebut. Selain Bupati dan Wakil Bupati, juga hadir Kakan Kemenag, MUI, IPHI, FKUB, FKDM, Ormas/OKP dan Undangan lainnya.

Baca juga:  Polres Labuhanbatu Didampingi Ketua Etnis Tiong Hoa Memberikan Himbauan

Wakil Bupati Labusel, H. Ahmad Padli Tanjung, S.Ag, dalam upacara tersebut maju sebagai pembina upacara. Dalam penyampainnya, disampaikan bahwa Peringatan Hari Santri bukanlah milik santri semata. Hari Santri milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air, milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai nilai kebangsaan.

“Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak, santri dengan berbagai latar belakangnya siap sedia membaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara, dahulu ketika Indonesia masih dijajah, para santri turun ke medan laga, berperang melawan penjajah,” kata Wakil Bupati membacakan amanat Menteri Agama RI.

“Bagi santri, agama merupakan mata air yang mengalirkan inspirasi insprasi untuk menjaga dan menjunjung tinggi martabat kemanusiaan atau Hifdzunnafs, salah satu tujuan diturunkannya agama di muka bumi,” tambah H. Ahmad Padli Tanjung.

Baca juga:  Bupati Asahan Meresmikan Sekolah Maitreyawira Di Jalan Pramuka Kisaran

Peringatan Hari Santri tahun 2022 mengangkat tema “Berdaya menjaga martabat kemanusiaan.

 

(Red)

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed