oleh

Peran Pemuda di Bidang Pertanian di Papua Barat

Oleh Afriandi

Pertanian adalah tulang punggung negara, terutama tanaman pangan. Istilah “ketahanan pangan” adalah karena jika kondisi pangan kita lemah, maka negara diambang keterpurukan. Kuliah di Fakultas Pertanian tidak hanya untuk bekerja dan usaha saja, tetapi juga otomatis untuk menjadi insan yang berperan di dalam ketahanan negara. Indonesia tanpa Petani ibarat singgasana tanpa raja.

Peran pemuda sebagai penyongsong pertumbuhan pertanian di Indonesia sangatlah di butuhkan, masih sedikit para petani muda yang sukses mengembangkan bisnis di bidang pertanian terkhususnya di Papua Barat. Kurangnya kreativitas pemanfaatan potensi lokal menjadi salah satu masalah pertanian di Papua Barat, terlebih adanya tantangan dan persaingan dalam mencari pekerjaan sangat tinggi di perkotaan.

Baca juga:  Fenomena Buruh Tani

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, penguatan peran petani milenial di seluruh Indonesia dimaksudkan untuk mengkoordinasikan informasi dan program-program pembangunan di setiap kabupaten dengan cepat. “Petani milenial berperan penting dalam mendorong pengembangan jejaring usaha di wilayahnya. Oleh sebab itu, kita berharap hadirnya DPM/DPA akan mempercepat resonansi dan penguatan petani milenial. Serta mendorong regenerasi petani milenial yang adaptif terhadap teknologi, mendorong peningkatan produktivitas hasil pertanian yang terstandarisasi, modern, dan marketable,”

Bertumbuhnya generasi milenial yang bersamaan dengan perkembangan teknologi informasi, sehingga perlu adanya pengembangan kreativitas dalam segala aspek kehidupan terutama di bidang pertanian yang ada di Papua Barat. Banyak lahan yang dapat di manfaatkan menjadi sumber usaha di bidang pertanian seperti menanam bahan baku tahu yaitu kedelai, buka lahan kopi, kacang tanah, jagung, beternak ayam, kelinci dan masih banyak lagi.

Baca juga:  Batik Nasional Diminati Pasar Global Tembus USD 18 Juta

Di sektor pertanian pemuda sangat di harapkan dalam membangun sektor pertanian yang lebih modern khususnya di bidang penanaman, pemupukan, dan pengolahan. Peran generasi muda dalam pembangunan sangatlah penting untuk meningkatkan pertanian di Papua Barat. Oleh Karena itu anak muda harus di dorong agar tertarik dengan sector pertanian. Pemuda harus memiliki motivasi dalam bidang pertanian untuk menggerakkan pertanian di Papua Barat. Generasi muda dapat mengelola pertanian, kemudian dijual dan selanjutnya dipasarkan kepada konsumen. Generasi muda diharapkan dapat melakukan pendekatan langsung kepada petani. Peran generasi muda pada saat ini banyak diharapkan oleh para petani. Petani bias percaya dengan generasi muda jika telah menunjukkan bukti dan hasilnya yang telah di implementasikan.

Komentar Sahabat Pamarta

News Feed