oleh

Pemkab Labusel Laksanakan Upacara HKN.

Pemkab Labusel Laksanakan Upacara HKN.
Pemkab Labusel Laksanakan Upacara HKN.

LABUSEL, PAMARTANUSANTARA.CO.ID| Pemerintah kabupaten Labuhanbatu Selatan, Sumatera Utara, melaksanakan Upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) di Lapangan kantor Bupati, Desa Sosopan kec. kotapinang, Kamis (17/02/2022).

Dalam Upacara tersebut, Sekretaris Daerah, Heri Wahyudi,M.SSTP.M.AP bertindak sebagai inspektur upacara. dikabarkan kegiatan upacara peringatan HKN dilaksanakan secara rutin pada tanggal 17 setiap bulan di lingkup Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Disampaikam Sekda, Penerimaan Pendapatan Asli Daerah yang bersumber dari pajak dan retribusi daerah berpotensi besar dalam mendukung pembiayaan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

OPD Pengelola Pajak Daerah dan Retribusi Labuhanbatu Selatan, tahun 2021 telah merealisasikan retribusi daerah sebesar 100,4 persen dari target sebesar Rp 29.249.163.829 dan realisasi Rp 29.734.173.162.

Baca juga:  47 Orang Ikuti Operasi Mata Katarak di RSUD Rantau Prapat

Sedangakan realisasi khusus pajak daerah sebesar 107 persen dari target Rp 27.249.527.466, realisasi Rp 27.867.786.954, retribusi yang di kelola 9 OPD di Lingkup Pemkab Labuhanbatu Selatan, sebesar 79 persen dari target Rp 2.363.636.363, realisasi Rp 1.866.376.208.

Disebutkan juga, Indeks kemandirian pemkab Labuhanbatu Selatan dari data Badan Pusat Statistik, realisasi PAD terhadap APD tahun 2021 hanya sebesar 5,1 persen merupakan Indeks dengan kategori rendah sekali.

“Hal ini harus menjadi perhatian bersama, masa yang akan datang kita dapat meningkatkan realisasi pajak dan retribusi tersebut, sehingga tingkat ketergantungan kepada pemerintah pusat dapat kita kurangi,” Papar Sekda.

Optimalisasi PAD merupakan prioritas Bupati Labuhanbatu Selatan, di instruksikan kepada OPD pengelola pajak dan retribusi daerah agar mengambil langkah strategis dalam pengelolaan PAD.

Baca juga:  Tafsir Mimpi Melihat Salju !

Optimalisasi potensi wajib pajak, komunikasi dan kerjasama dengan kejaksaan, percepatan pelaksanaan program elektronifikasi transaksi pemerintah, sinergitas terhadap bank, sosialisasi dan pembinaan terhadap ASN.

(Red)

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed