oleh

Pemkab Labuhanbatu Resmikan e-APBD SIANDI, e-Planning SIPD Dan e-Kinerja

Tahun 2019, Ada 59 Kelompok Peternak di Asahan Terima Bantuan Bibit Ikan  Hingga akhir Tahun 2019, Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan menargetkan 59 kelompok peternak ikan akan menerima bantuan bibit ikan dari Pemkab Asahan.  “Dampak dari bantuan benih ini adalah tersebarnya benih bermutu di masyarakat pembudi daya, sehingga ke depannya masyarakat diharapkan meningkatkan penggunaan benih unggul,” kata Sekretaris Diskanla Pemkab Asahan, Siti Aisyah, Senin (16/9/2019).  Diungkapkan Siti kepada awak media taslabnews, dari 59 kelompok tersebut, ada 38 kelompok tersebar di 14 Kecamatan di Kabupaten Asahan yang telah menerima bantuan bibit ikan hingga bulan September 2019.  “Jenis bibit ikan yang dibagikan merupakan benih ikan air tawar, seperti lele, gurami dan nila,” terang Siti.  Sekretaris Diskanla tersebut juga menerangkan bahwa kelompok peternak yang mendapat bantuan benih haruslah memenuhi persyaratan yang ditetapkan.  “Minimal kelompok tersebut telah berdiri selama 2 tahun, ada tempat untuk beternak dan diusulkan harus melalui musrembang,” terang Siti.  “Semua persyarayan tersebut, akan di cek secara langsung di lapangan oleh Dinas Perikanan dan Kelautan,” tegas Siti.  “Melalui program ini, Pemkab Asahan mengharapkan hal itu mampu memberikan kontribusi bagi pemenuhan kebutuhan ikan masyarakat dalam mendukung peningkatan konsumsi ikan,” pungkas Siti Aisyah.
Pemkab Labuhanbatu Resmikan e-APBD SIANDI, e-Planning SIPD Dan e-Kinerja

LABUHANBATU, PAMARTANUSANTARA.CO.ID | Mencermati penting dan mendasarnya kegiatan penginputan data rencana kerja anggaran organisasi perangkat daerah Kabupaten Labuhanbatu, Plt Bupati
H. Andi Suhaimi Dalimunthe, S.T., M.T
Labuhanbatu meminta kepada seluruh kepala OPD, para camat dan peserta workshop untuk sungguh-sungguh dalam penerapan sistem pemerintahan tahun anggaran 2020, melalui penerapan aplikasi digital E-APBD SIANDI (Sistem Informasi Anggaran Daerah Integrasi) Kabupaten Labuhanbatu, yang merupakan satu kesatuan utuh dengan sistem e-Planning SIPD (Sistem Informasi Pembangunan Daerah) dan E-Kinerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, di ruang data dan karya kantor Bupati Labuhanbatu.

Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe, S.T., M.T., melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Labuhanbatu, Ahmad Muflih, S.H., M.M., hari ini Selasa, 17 September 2019 secara resmi membuka acara penginputan data rencana kerja anggaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Kegiatan penting dan mendasar ini berlangsung selama 3 (Tiga) Hari (17-19 September 2019), dikendalikan dan dibawah tanggungjawab Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Labuhanbatu dipimpin oleh Hobol Zulkifli Rangkuti, S.Sos,M.M./Pelaksana Tugas Kepala Bappeda Labuhanbatu.

Baca juga:  Ketua DPRD Padangsidimpuan Buka Temu Karya Karang Taruna Kecamatan Padangsidimpuan Angkola Julu

Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu dibawah kepemimpinan H. Andi Suhaimi Dalimunthe, S.T.,M.T., berkomitmen terus melakukan terobosan dan inovasi-inovasi sehingga dapat terwujud sistem Pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu yang semakin baik, termasuk penguasaan dan pemanfaatan Tehnologi Informasi (IT), dalam percepatan tata kelola sistem  administratif pemerintahan melalui penerapan sistem pemerintahan berbasis elektonik seperti elektronik APBD SIANDI (Sistem Anggaran Daerah Integrasi) Kabupaten Labuhanbatu, sistem elektronik Planning SIPD (Sistem Informasi Pembangunan Daerah) dan elektronik kinerja.

Penyesuaian dan tuntutan peraturan perundang-undangan yang berlaku harus mampu diikuti dan diterapkan seoptimal mungkin oleh Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, sehingga mampu mewujudkan sistem pemerintahan yang lebih baik dan lebih maju lagi.

“Kata kunci kesemua itu adalah penguasaan dan keuletan seluruh perangkat daerah (OPD dan kecamatan) yang bertanggungjawab kepada Kepala Daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah Kabupaten Labuhanbatu,” ungkap Andi

Baca juga:  Peringatan Hari Pangan Sedunia Ke-39 Dan Hari Krida Pertanian Ke-47 Pemko Padangsidimpuan Ikut Berpartisipasi

Bupati Labuhanbatu telah menerbitkan surat nomor : 070/1745/Litbang-I/I/2019, tanggal 9 Mei 2019 tentang penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik, yang merujuk kepada peraturan Presiden RI nomor 54 tahun 2018 tentang strategi masional pencegahan lorupsi, surat komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) momor : B/3295/KSP.00/10-16/04/2019, tanggal 26 Juli 2019 perihal update progress rencana aksi pencegahan korupsi terintegrasi melalui aplikasi MCP korsupgah, memperhatikan dan melaksanakan amanah peraturan pemerintah RI, nomor 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daeerah serta mematuhi nota kesepahaman 1 (MoU), Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) tahun anggaran 2020, antara Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Labuhanbatu pada tanggal 7 September 2019.

Baca juga:  Jelang Pilkades Gunung Tua Tonga Buat Nota Kesepahaman

Dapat juga disampaikan bahwa pengelolaan keuangan daerah berbasis elektronik ini bertujuan untuk menterpadukan (integrasi) antara lain: penyusunan program dan kegiatan dari rencana kerja pemerintah daerah,  penyusunan rencana kerja OPD,  penyusunan anggaran, pengelolaan pendapatan daerah, pelaksanaan dan penatausahaan keuangan daerah, akuntansi dan pelaporan, serta pengadaan barang dan jasa.

Penerapan e-APBD SIANDI, e-Planning dan e-Kinerja Pemkab Labuhanbatu ini, mengacu kepada peraturan daerah Kabupaten Labuhanbatu nomor 4 tahun 2016, tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2016-2021, peraturan Bupati Labuhanbatu nomor 30 tahun 2016 tentang Rencana Strategi (Renstra), perangkat daerah Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2016-2021, rencana kerja OPD tahun 2020 yang telah diverifikasi Bappaeda Kabupaten Labuhanbatu, kemudian mengacu kepada Standar Biaya Umum (SBU) dan Standar Satuan Harga Kabupaten Labuhanbatu tahun 2019. (Riski Pratama)

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed