oleh

Pemkab Labuhanbatu Peringati Hari Anak Nasional

LABUHANBATU, PAMARTANUSANTARA.CO.ID | Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) diperingati setiap tahun tepatnya tanggal 23 juli sebagai upaya menjamin pemenuhan hak anak atas hak hidup tumbuh kembang dan berpartisipasi secara wajar dengan harkat dan martabat kemanusiaana acara dilaksanakan di Lapangan Ika Bina, Rantauprapat (09/10/18)

Melalui momen ini diharapkan dapat menggugah dan meningkatkan kepedulian setiap individu, orang tua keluarga masyarakat, dunia usaha media dan serta pemerintah pusat dan daerah akan pentingnya peran tugas dan kewajiban masing masing dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak. Ketahanan dan kesehatan anak juga harus ditingkatkan, sehingga orang tua dapat membentuk karakter anak dapat berjalan sesuai yang diharapkan.

“Demikian pula rekonstruksi sosial masyarakat perlu dilakukan, sehingga dapat menghindari segala bentuk kekerasan dan kriminalisasi terhada anak yang dilakukan oleh orang dewasa Yang pada akhirnya bertujuan, dapat menekan kekerasan terhadap anak,” Kata PLT Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunte, ST, MT. dalam sambutannya.

Baca juga:  Memperingati HKN ke 111 Pemkab Labuhanbatu dan Dandim 0209 Ikut Serta

“Untuk membentuk Karakter Anak Genius, di mulai dari dalam kandungan hingga usia 18 tahun. Banyak indikator yang harus dipenuhi untuk memenuhi hak anak dan perlindungan anak, selain keluarga, Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu juga turut membangun perlindungan anak, khususnya di Kabupaten Labuhanbatu. Peduli terhadap pemenuhan hak anak dan hal itu telah dibuktikan dengan berhasilnya Kabupaten Labuhanbatu meraih 3 penghargaan yakni penghargaan sebagai Kabupaten Labuhanbatu menuju layak anak, terang Bupati.

Dasar pelaksanaan kegiatan,

1. Undang undang dasar 1945 pasal 28 B ayat (2)

2. Undang undang nomor 39 tahun. 1999 tentang Hak asasi manusia.

3. Undang undang nomor 35 tahun 2014 tentang perlindungan Anak.

4. Keputusan presiden RI nomor 44 tahun 1984 tentang hari anak    Nasional.

Baca juga:  Bupati Labuhanbatu Hadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H 2019 M

5. Keputusan presiden RI 36 tahun.      1990 tentang pengesahan konvensi Hak anak.

Peringatan di hadiri 1250 orang yang terdiri dari 900 anak dari tingkat PAUD/TK hingga SLTA dan para institusi pemerintah / lembaga dan organisasi kemasyarakatan di Kabupaten Labuhanbatu.

Peringatan hari anak nasional Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2018 bersumber daru Dana APBD Kabupaten Labuhanbatu TA 2018 pada OPD Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Labuhanbatu. (Riski Pratama)

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed