oleh

Pemkab Labuhanbatu Gelar Pencanangan Bulan Bhakti IBI KB Kesehatan

Labuhanbatu,pamartanusantara.co.id-Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), bersama Dinas Kesehatan menggelar kegiatan Pencanangan Bulan Bhakti Tahun 2018 di Ball Roon Permata Land, Rantauprapat, Kamis (19/4) sekitar pukul 09.00 WIB.

Dengan mengusung tema melalui momentum bhakti sosial IBI, KB, KES kita tingkatkan kualitas pelayanan KB dan kesehatan kepada masyarakat, sekaligus sebagai menurunkan Fertilitas, menuju masyarakat yang sehat dan sejahterah.

Ketua panitia pelaksana kegiatan Hj.Ernawati, SKM.MKM menyampaikan melalui wadah IBI, bahwa profesi bidan senantiasa berkomitmen meningkatkan derajat kualitas hidup khususnya di Labuhanbatu.

Adapun rangkaian kegiatan acara tersebut, antara lain, pelayanan IUD dan Implant di sembilan kecamatan, pelayanan IUD dan Implant bekerjasama dengan TNI (Kodim 02/09LB), penandatanganan MOU antara DPPKB dan RSUD Rantauprapat tentang upaya pengendalian penduduk, keluarga berencana dan pembangunan keluarga desa dan kampung KB. Pelantikan pengurus koalisi Indonesia untuk pembangunan dan kependudukan kabupaten Labuhanbatu, dan pelantikan pengurus Forum Antar Ummat Beragama Peduli Keluarga Sejahtera dan Kependudukan (Fabsedu) Kabupaten Labuhanbatu.

Baca juga:  Gempa Bumi Nusa Dua Berdampak Hingga Jembrana Bahkan Luar Bali

Dikatakan Bupati Labuhanbatu H.Pangonal Harahap, SE.MSi, yang menghadiri acara itu memberikan arahan dan bimbingannya serta mendukung sepenuhnya program KKBPK merupakan upaya untuk mengendalikan laju pertumbuhan penduduk bukan mengurangi jumlah penduduk. Pengendalian laju pertumbuhan penduduk harus di lakukan untuk mengurangi tingkat kemiskinan dan menjamin ketahanan pangan dimana laju pertumbuhan penduduk harus sejalan dengan pertumbuhan ekonomi.

“Salah satu dimensi pembangunan nasional adalah dimensi pembangunan manusia. Dalam hal ini pemerintah daerah melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan OPD terkait lainnya melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” ucapnya.

Menurut H. Pangonal Harahap, SE.MSi, penduduk merupakan aset penting yang sangat menentukan maju mundurnya suatu bangsa sehingga aspek kualitas dan kuantitas menjadi sangat penting di perhatikan oleh Pemerintah. Melalui program-program keluarga berencana dan pembangunan keluarga. Dan Pemerintah berusaha mengendalikan kualitas dan kuantitas Penduduk.

Baca juga:  Densus 88 Dilibatkan Periksa Penyerang Wiranto

Sedangkan profesi bidan adalah salah satu profesi yang sangat mulia karena berkontribusi dalam melahirkan generasi yang sehat, cerdas dan berkualitas.

“Profesi ini harus memiliki pelatihan dan penguasaan terhadap suatu pengetahuan khusus. Selain di tempuh melalui jalur pendidikam formal, seorang bidan juga memiliki kewenangan menjalankan tugasnya, memegang teguh kode etik bidan, memberi pelayanan yang aman dan memuaskan serta memiliki wadah organisasi profesi,” paparnya.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Bupati Labuhanbatu H. Pangonal Harahap, SE, MSi, didampingi Ka. TP PKK Hj.Siti Awal Siregar, Sekdakab Labuhanbatu Ahmad Mufli SH, Asisten dan kepala OPD Lbuhanbatu, Ketua IBI Labuhanbatu Hj. Ernawaty, Kepala DPPKB labuhanbatu Hj.Lidyawati Harahap, perwakilan Ka.DPPKB Provsu, Ketua Fabsedu, dan beberapa intansi terkait lainya. (Asrul)

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed