oleh

PB ALAMP AKSI Minta Gubsu Transparan Terkait Penyaluran Bantuan Sosial Covid-19

PB ALAMP AKSI Minta Gubsu Transparan Terkait Penyaluran Bantuan Sosial Covid-19
PB ALAMP AKSI Minta Gubsu Transparan Terkait Penyaluran Bantuan Sosial Covid-19

MEDAN, PAMARTANUSANTARA.CO.ID | Ketidakjelasan data justru menghambat penanggulangan Covid-19 dan berisiko terjadinya korupsi anggaran.

Penanganan pandemi corona virus disease 2019 (Covid-19) masih terdapat berbagai persoalan terkait transparansi data seperti jumlah pasien positif, lokasi terinfeksi hingga anggaran bantuan sosial.

Belum transparannya data tersebut menyebabkan kesimpangsiuran di masyarakat yang justru menjadi kendala dalam penanganan Covid-19.

Hal itu diungkapkan oleh Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Anti Korupsi yang tergabung dalam PB ALAMP AKSI yang diketuai Eka Armada Danu Saptala, S.E., Kamis (09/07/2020), kepada Pamartanusantara.co.id.

Eka Armada Danu Saptala, S.E., mengungkapkan bahwa, Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara menaikan status percepatan penanganan covid-19 dari siaga darurat menjadi tanggap darurat, dalam upaya memutus mata rantai penularan virus corona, masyarakat dihimbau untuk menjauhi keramaian dan tetap di rumah saja.

Baca juga:  Mabar Di Sungai Barumun Bersama Komunitas Suka Mancing One Heart Dan KAC

Himbauan tersebut pun sangat berdampak pada perekonomian masyarakat Sumatera Utara, khususnya masyarakat yang memperoleh penghasilan harian, dampak dari himbauan tersebut pun mengakibatkan masyarakat kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pokoknya (sembako).

Menyikapi hal tersebut, Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara menggelontorkan anggaran yang besar untuk membantu masyarakat yang terdampak covid-19.

Beliau juga menambahkan, tidak cukup sampai di situ, masyarakat (pihak ke-3) juga saling bahu membahu memberikan bantuan untukpenanganan covid-19 kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumatera Utara.

“Upaya ini pun layak kita acungi jempol, namun diduga gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Sumatera Utara tidak transparan dalam hal siapa saja dan bantuan apa saja yang diberikan oleh pihak ke-3,” ujarnya.

Baca juga:  Bupati ; Harus Bangga Menjadi Menwa, Bisa Diandalkan dan Menjadi Teladan

“Bersama dengan ini, kami meminta kepada ketua gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 agar mengumumkan kepada publik, siapa saja pihak ke-3 yang memberikan bantuan, apa jenis bantuan yang diberikan oleh masing-masing pihak ke-3 dan kemana bantuan tersebut disalurkan dan siapa penerimanya,” tegasnya.

“Kami meminta kepada Pemprov Sumatera Utara agar transparan terkait penyaluran bantuan sebagai keterbukaan informasi publik, agar tidak ada fitnah dan persepsi negative terhadap gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Sumatera
Utara,” pungkasnya. (Akmal Sagala)

Komentar Sahabat Pamarta

PB ALAMP AKSI Minta Gubsu Transparan Terkait Penyaluran Bantuan Sosial Covid-19
image_pdfUnduh PDFimage_printCetak

Komentar

komentar

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed