oleh

Parah di Sungai Kanan Dana BOS Belum Cair, Inilah Penjelasan Dinas Pendidikan

Sungai Kanan, Pamarta Nusantara-Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Januari hingga kini (9 Juni 2018) di Kecamatan Sungai Kanan, Kabupaten Labuhanbatu Selatan dari pemerintah pusat belum juga cair. Sekolah pun kian resah. Mereka sulit memenuhi kebutuhan operasional harian.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Labuhanbatu Selatan Supriadi mengatakan terhambatnya dana BOS karena adanya peralihan rekening BOS ke dalam bentuk giro, dengan tujuan untuk menghindari pajak dan potongan, maupun sistem bunga dari Bank.

“Terhambatnya dana BOS karena diperintahkan agar kepala sekolah menggantikan rekening lama ke bentuk giro, tentunya proses ini membutuhkan waktu, karena ada yang sudah terkumpul ada yang belum. Saat waktu itu belum terkumpul semua dari Kepala SMP se Labuhanbatu Selatan. Dan pada saat itu juga Provinsi mentransper dana BOS ke rekening lama. Jadi ketika dimasukkan ke rekening lama ada yang tidak masuk disebabkan sebagian sekolah sudah menutup rekening itu. Namun sebagian ada sekolah yang masih tetap mengaktifkan rekening lama maka dana BOS tetap cair,” katanya.

Baca juga:  Disperindag Pamerkan Kerajinan Labuhanbatu di INACRAFT

Dinilai Dinas Pendidikan tidak bijak menyiasatinya, Sekretaris Dinas Pendidikan Labuhanbatu Selatan, Supriadi mengatakan inikan masih di proses oleh Provinsi dengan tahapan-tahapan.

“Hal ini sudah kita desak ke Tim BOS Provinsi beberapa hari yang lalu, mereka katakan sudah ada di Bank Sumut. Jadi tinggal memposting pihak Bank Sumut agar masuk ke rekening giro yang kita kirimkan,” katanya.

Namun pihak Dinas Pendidikan Labuhanbatu Selatan belum dapat menentukan kapan pencairan dana BOS masuk ke rekening giro sekolah tersebut. (301)

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed