oleh

Pakkat dan Lemang Diminati Untuk Berbuka Puasa

Torgamba, Pamarta Nusantara-Pakkat dan lemang panganan tradisional yang kerap hadir manakala bulan puasa. Makanan ini dijadikan lauk sebagai penyedap santap makanan berbuka puasa.

Pedagang pakkat dan lemang ini dapat ditemukan di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Sumut-Riau, Depan ULB (Universitas Labuhanbatu) Desa Asam Jawa, Kecamatan Torgamba, Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Hanya satu pedagang di lokasi tersebut, yaitu ibu Midawati Tanjung (43) dibantu suaminya Ucok (55), buka mulai pukul 14:00 WIB sampai menjelang berbuka puasa.

Walaupun hanya mereka yang berjualan, namun pembeli tetap memburunya.

Midawati Tanjung mengatakan apabila bisa menghabiskan 20 bambu lemang bisa meraup keuntungan Rp 100 ribu, dengan harga Rp 20 ribu per bambunya. Sedangkan pakkat panggang 3 batang dihargai Rp 5 ribu.

Baca juga:  Alhamdulillah, Bupati Labuhanbatu Resmikan Kantor Dinas Perhubungan

“Alhamdulillah, kita tidak bisa pastikan penghasilan perharinya. Terkadang sudah banyak, kadang sudah sedikit,” ujar Midawati Tanjung warga Dusun Asam Jawa Barat Desa Persiapan Asam Jawa, Kecamatan Torgamba, Sabtu (2/6).

Sementara itu, salah satu warga Aek Batu, llham Hasibuan mengakui sering menghidangkan pakkat sebagai menu berbuka puasa. Rasanya yang sedikit pahit cocok menjadi lalapan dan menambah selera makan saat berbuka puasa.

“Kami memang suka makan pakkat, dan juga lemang, apalagi buatan bu Widawati Tanjung, memang lain rasanya dari yang lain,” katanya. (301)

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed