oleh

MTQN ke-51 Tapsel Berakhir, Batang Toru Raih Juara Umum

MTQN ke-51 Tapsel Berakhir, Batang Toru Raih Juara Umum

TAPSEL, PAMARTANUSANTARA.CO.ID | Musabaqah Tilawatil Qu’ran Nasional (MTQN) ke-51 tingkat Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) tahun 2019 secara resmi ditutup Bupati Tapsel H. Syahrul M Pasaribu, yang ditandai dengan kumandang azan, di lapangan bola kaki Desa Siuhom-Sitinjak Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Selasa malam (26/03).

MTQN ke-51 kali ini, Kecamatan Muara Batang Toru berhasil meraih juara umum disusul Kecamatan Angkola Muaratais sebagai juara kedua dan Kecamatan Angkola Barat sebagai juara ketiga. Kecamatan Muara Batang Toru berhak menerima piala bergilir serta uang pembinaan dari Bupati Tapsel H. Syahrul M Pasaribu yang diserahkan kepada Plt. Camat Muara Batang Toru Inganan Dalimunthe.

Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu dalam sambutannya mengatakan, sesungguhnya kegiatan MTQN ke-51 ini merupakan wadah dalam rangka memacu pengembangan tilawah, hafalan dan pendalaman isi Al-Qur’an serta menumbuhkan solidaritas persatuan dan kesatuan, dengan harapan dapat direalisasikan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Hal tersebit tentunya bisa terlaksana bila kita bersatu dalam kebersamaan dan kekompakan, sebagaimana kita ketahui bersama bahwasanya pembinaan-pembinaan dibidang keagamaan oleh pemerintah mulai dari pemerintah desa, kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi hingga pemerintah pusat merupakan satu kesatuan yang terkoneksi, bahwa pemerintah itu satu yaitu pemerintahan Republik Indonesia yang saat ini dipimpin oleh Presiden RI H. Joko Widodo.

Baca juga:  Kakanwil Sumut II DJP Beraudensi Ke Walikota Padangsidimpuan

“Adapun pembangunan dibidang keagamaan diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan salah satu program pemerintah pusat, dibawah kepemimpinan Presiden RI H. Joko Widodo yang telah berhasil dalam membina SDM dibidang keagamaan yang salah satunya melalui MTQN ini,” terangnya.

Oleh karena itu saya berharap melalui MTQ ke-51, kestabilan dan kekondusifan daerah harus tetap terjaga dan dapat lebih ditingkatkan, apalagi kita akan melaksanakan pesta demokrasi Pemilu 17 April 2019 yang tinggal menghitung hari.

“Mari kita jaga dan ciptakan suasana yang sejuk dan damai di tengah masyarakat Tapanuli Selatan, khususnya di Kecamatan Angkola Barat, serta hindari berita hoak yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan,” tegasnya.

Selanjutnya kepada para kafilah yang meraih peringkat pemenang dari seluruh cabang yang diperlombakan dalam MTQN ini, saya mengucapkan selamat dan sukses.

Baca juga:  Distrik Dlab2 Buka Kegiatan Sosialisasi UU No 21 Tahun 2000

“Kiranya para pemenang nantinya akan mampu membawa nama harum daerah Kabupaten Tapsel pada lomba MTQN baik ditingkat provinsi, nasional maupun Internasional,” harap bupati dua periode itu.

Pada kesempatan itu juga ada empat orang kafilah terbaik yang diberikan paket umroh gratis dari hasil keputusan dewan hakim, yang pertama Ahmad Akbar dari Kecamatan Muara Batang Toru kategori terbaik satu pada cabang hifdzil qur’an 30 juz putra, yang diberikan oleh Bupati Tapsel H. Syahrul M Pasaribu.

Juara yang kedua Bismaini Dongoran dari Kecamatan Muara Batang Toru kategori terbaik satu pada cabang hifdzil qur’an 20 juz putri, yang diberikan oleh PT. Bank Sumut Cabang Sipirok.

Yang ketiga Isnu Yulia Mulan Harahap dari Kecamatan Angkola Barat kategori terbaik satu pada cabang mufakat ulya tafsir putri, yang diberikan oleh PT. Agincourt Resources dan yang terakhir Hilmy Akmal dari Kecamatan Aek Bilah untuk kategori terbaik satu pada cabang hifdzil qur’an 20 juz putra, yang diberikan oleh PT. North Sumatera Hydro Energi.

Baca juga:  Kantongi Ganja, Polsek Barumun Amankan Pemuda Pengendara Sepeda Motor

Setelah itu dilanjutkan dengan tarian konfigurasi yang dibawakan anak-anak remaja, dengan tema Tapsel dalam kebhinekaan yang dikolaborasikan dengan musik tradisional, penampilan tersebut menjadi pusat perhatian masyarakat yang hadir hingga para pengunjung terhibur dengan penampilan mereka.

Penutupan MTQ dihadiri oleh Wakil Bupati Tapsel Aswin Efendi Siregar, Forkopimda Tapsel, anggota DPRD Tapsel, Sekda Tapsel Parulian Nasution, Kakan Kemenag Tapsel, Ketua MUI, ibu ketua TP. PKK Tapsel Ny. Syaufia Lina Syahrul M Pasaribu, Wakil Ketua TP. PKK Tapsel, ibu ketua dharma wanita, para asisten, staf ahli bupati, pimpinan OPD, Kabag, camat se-Kabupaten Tapsel, tokoh masyarakat Sumut Syamsul Qamar, sekretaris KNPI Tapsel Dolly Putra Parlindungan Pasaribu, pimpinan lerusahaan, perbankan, tokoh agama, tokoh masyarakat, pimpinan Ormas dan OKP serta para Kafilah MTQN.

Informasi dihimpun dari Humas dan Protokol Tapsel. (Martin)

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed