1

Rapot Merah Satu Tahun Kepemimpinan Ali Sutan Harahap dan Ahmad Zarwani

Rapot Merah Satu Tahun Kepemimpinan Ali Sutan Harahap dan Ahmad Zarwani
Rapot Merah Satu Tahun Kepemimpinan Ali Sutan Harahap dan Ahmad Zarwani

Rapot Merah Satu Tahun Kepemimpinan Ali Sutan Harahap dan Ahmad Zarwani
Rapot Merah Satu Tahun Kepemimpinan Ali Sutan Harahap dan Ahmad Zarwani

PALAS, PAMARTANUSANTARA.CO.ID | Bupati dan Wakil Bupati Padang Lawas (Palas) dilantik oleh Gubernur Sumatera Utara, pada tanggal 11 Februari 2019, mereka untuk kedua kali periodeisasi. Kembalilah Ali Sutan Harahap dan Ahmad Zarnawi Pasaribu memimpin Palas.

Masyarakat yang memberikan amanah melalui pesta demokrasi, terpilihlah mereka kembali memimpin Palas. Kepercayaan, tanggjung jawab dan harapan masyarakat Palas kembali diberikan kepada Ali Sutan Harahap dan Ahmad Zarnawi Pasaribu, untuk kembali memimpin dan membangun Padang Lawas (Palas) yang tercinta ini.

Terhitung sejak 11 Februari 2019 bupati dan wakil bupati, berjalanlah segala visi-misi bupati dan wakil bupati untuk membangun Palas. Ada beberapa visi misi yang ia ingin capai pada masa kepemimpinannya di antaranya adalah, terwujudnya masyarakat Kabupaten Padang Lawas yang bercahaya, untuk mencapai visi tersebut Ali Sutan dan Ahmad Zarnawi Pasaribu.

Rapot Merah Satu Tahun Kepemimpinan Ali Sutan Harahap dan Ahmad Zarwani
Rapot Merah Satu Tahun Kepemimpinan Ali Sutan Harahap dan Ahmad Zarwani

Mereka memaparkan terhadap masyarakat adalah dengan meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat yang sejahtera dan berahklak mulia, meningkat daya saing daerah yang berbasis pada potensi local, dengan menjaga kelestarian lingkungan, dan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih.

Adapun juga misi dari bupati dan wakil bupati adalah meliputi kehidupan beragama dan akhlak mulia, pendidikan, kesehatan, penanggulangan lemiskinan, pengembangan sektor unggulan secara terpadu, peningkatan sarana dan prasarana publik, lingkungan hidup, birokrasi dan tata kelola pemerintahan, ketentraman ketertiban dan penanggulangan bencana, kepemudaan dan lainnya.

Tidak terasa satu tahun sudah berlalu kepemimpinan bupati dan wakil bupati Padang Lawas yang bertepatan pada tanggal 11 februari 2020, visi misi yang ia ingin capai begitu luar biasa, akan tetapi itu hanyalah mimpi belaka untuk masyarakat.

Visi misi itu hanyalah untaian kata yang berlalu untuk meyakinkan masyarakat di kabupaten yang tercinta ini, bahwasanya ia layak melanjutkan kepemimpinanya lagi kedua periodenya, begitu banyaknya permasalahan yang terjadi di kabupaten yang kita cintai ini, selama satu tahun kepemimpinanya kita sama-sama bisa melihat kesenjangan yang terjadi di berbagai aspek untuk peningkatan Kabupaten Padang Lawas.

Kita coba mencermati membahas dari segi visi bupati dan wakil bupati, meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat yang sejahtera, apakah ini sudah bisa kita rasakan selama satu tahun kepemimpinanya, walaupun ini adalah cita-citanya selama 2019 – 2024 sudah ada perubahan yang signifikan kita rasakan sebagai masayarakat, sayangnya selama satu tahun kepemimpinannya masih jauh dari harapan dengan meningkatnya kualitas kehidupan dan masyarakat sejahtera berakhlak mulia.

Rapot Merah Satu Tahun Kepemimpinan Ali Sutan Harahap dan Ahmad Zarwani
Rapot Merah Satu Tahun Kepemimpinan Ali Sutan Harahap dan Ahmad Zarwani

Bagaimana ini bisa tercapai untuk jangka lima tahun sedangkan satu tahun tidak ada perubahan yang terjadi. Coba kita lihat dari segi pendidikan masih banyak siswa-siswi yang putus sekolah dikarenakan pergaulan bebas yang mengakibatkan nikah muda, narkoba dan lain-lainya, karena kita melihat kurangnya perhatian dari dinas pendidikan memberikan kegiatan kegiatan yang positif untuk generasi muda, maupun sosialisasi untuk generasi muda.

Bagaimana mana mau mencapai peningkatan kualitas dan sejahtera di kabupaten kita ini, kalau generasi mudanya rusak dan tidak berkulitas, siapa yang mau disalahkan? Saya, atau pemimpin kabupaten ini yang berjanji, tapi tidak adanya realisasi janjinya untuk generasi muda.

Saya mengingat kata-kata Jendral D.I Pandjaitan, generasi mudalah darah negara bila generasi muda tidak memiliki rasa nasionalisme maka hancurlah negara tersebut, dan ini bukan salah dari dinas pendidikan saja tetapi salah dinas sosial dan dinas kesehatan juga, tapi pada intinya ini adalah salah Bupati dan Wakil bupati tersebut, karena merekalah pemimpinnya.

Saya masih ingat sekali perkataan tokoh Indonesia Bapak Anis Rasyid Baswedan, ketika kita menginginkan negara kita ini sebagai bangsa yang maju dan memiliki karakter yang bagus, maka yang perlu kita perbaiki adalah dari segi pendidikan kita.

Ketika pendidikan ini bisa berjalan maka moral serta segala betuk karakter rakyat Indonesi bisa lebih baik, dan pada saat pendidikan kita mulai membaik maka indonesia akan bisa bersiap melangkah menjadi negara maju.

Ini juga perlu sebagai acuan yang paling utama untuk seluruh penjuru bagian di NKRI, terutama di Kabupaten Padang Palas. Ketika kita berbicara soal tentang peningkatan kualitas kehidupan dan kesejahteraan masyarakat, darimana kita bisa mengatakan adanya peningkatan kualitas kehidupan masyarakat sejahtera. Sementara kita masih melihat banyaknya angka kemiskinan dan permasalahan pendidkan yang begitu kompleks di Kabupaten Padang Lawas.

Menurut badan pusat statistic, dengan banyak 8,28% yang setara dengan 23,17 ribu jiwa, begitu mirisnya kita melihat kinerja Bupati dan Wakil Bupati Padang Lawas, yang tidak begitu serius dalam menangani peningkatan kesejahteraan dan kehidupan masyarakat yang sesuai dengan visinya.

Melihat dari banyaknya investor-investor yang berbentuk perusahaan-perusahaan besar yang tidak begitu dimaksimalkan oleh pihak pemerintah daerah untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Padang Lawas, dan mirisnya melihat kondisi perusahaan-perusahaan ini, terkesan amburadul karena menurut direktur eksekutif lemkapi Edi Syaputra hasibuan hampir 23 perusahaan perkebunan sawit tidak mengantongin izin atau bermasalah, dan ini perlu perhatian khusus dari bupati dan wakil bupati uuntuk lebih memperhatikan perusahaan perusahaan yang berdiri di Padang Lawas, terutama tentang pengelolan linkungan karna kita melihat tidak adanya kepedulian pemerintah daerah kepada masyarakat setempat untuk mensejahterakan, baik pendapatan juga membantu meningtkan pendidikan dan kesehatan.

Kita selaku masyarakat Padang Lawas merasa prihatin atas kondisi satu tahun kepemimpinan Ali Sutan Harahap dan Ahmad Zarnawi Pasaribu. Begitu kecewanya kita tentang visi yang ia paparkan tentang pengelestarian lingkungan, pada hakikatnya fakta yang kita temukan banyaknya hutan lindung yang ditebangi mengakibatkan banjir yang efeknya terhadap masyarakat Padang Lawas.

Kita baru saja melihat begitu banyaknya bencana alam yang kita temui di kabupaten Padang Lawas, contohnya banyaknya hancurnya jembatan serta longsor karena besarnya debit air yang mengakibatkan hancurkan jembatan di Padang Lawas, seperti jembatan di Desa Saba Hotang Kecamatan Barumun dan Desa Hukum Kecamatan Sosopan.

Dan masih banyaknya pembangunan irigasi yang dilakukan oleh pemerintah daerah, yang mengakibatkan banyaknya rumah warga di Kabupaten Padang Lawas diterjang banjir, seperti di desa dan mirisnya kita melihat adanya pembangunan-pembangunan irigasi 2019 malah tidak bertahan lama, yang mengakibatkan amblasnya pembangunan irigasi tersebut di jalan lintas menuju siraisan di bawah jembatan.

Dari sini kita melihat 1 tahun kepemimpinan bupati dan wakil bupati tidak siap menangani Kabupaten Padang Lawas. Masih banyaknya capaian yang belum tercapainya dari visi bupati dan wakil bupati tersebut.

Kita melihat dari segi misi bupati dan wakil bupati di bidang pendidikan banyak yang kegagalan dalam peningkatan pendidikan sesuuai dengan paparan kami yang di atas dari segi kesehatan, kurangnya sosialisasa dan perhatian khusus yang dilakukan leh dinas kesehatan tentang penggunaan BPJS, karena masih banyaknya masyarakat Padang Lawas yang tidak mengerti apa gunanya memiliki BPJS dan tentang bahayanya pergaulan bebas, serta banyak generasi muda nikah muda dan ini perlunya pemanfaatan kepemudaan untuk membantu program dari dinas dinas terkait.

Soal penangulangan kemiskinan masih jauh dari harapan, yang ia harapkan dari visi yang ia paparkan yaitu dengan meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat yang sejahtera, di bagian peningkatan sarana prasarana public masih banyaknya ruas-ruas jalan yang rusak yang mengakibatkan rentannya kecelakaan para pengguna jalan.

Sejak pemekaran Padang Lawas tidak adanya perhatian khusus tentang peningkatan sarana dan prasarana public dari segi jalan. Lingkungn hidup perlu perhatian khusus bagi pemerintah daerah untuk lebih ketat dalam memberikan izin untuk perusahaan-perusahaan, agar bisa mencapai kelestarian lingkungan dan kecewanya kita sebagai warga Padang Lawas, tidak adanya peraturan daerah yang menguntungkan pendapatan daerah untuk kemajuan daerah ini, berpuluh berdiri perusahaan di Padang Lawas tapi tidak bisa begitu dimanfaatkan untuk pembangunan, toh sumber daya alam kita begitu kaya, apalah daya ketika pengelolaan itu bukan untuk masyarakat, tapi untuk pribadi.

Marilah kita kembali dengan amanat Undang-undang dasar 1945 pasal 33 : bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasi oleh negara dan Indonesia yang menganut desantralisasi (otonomi daerah), maka pihak daerah harus bisa menfaatkan kekayaan alam untuk kemakmuran masyarakat, itu semua untuk rakyat.

Rapot merah 1 tahun kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Padang Lawas masih jauh dari harapan vvisi misi, yang ia katakan untuk membangun padang lawas yang bercahaya. Maka dari itu masyarakat Padang Lawas agar selalu besifat kritis saling bahu membahu melawan kedzoliman yang ada terutama di kabupaten kita cintai ini, jangan pernah kita takut karena kita memperjuangkan hak-hak kita demi generasi-generasi selanjutnya.

Marilah kita kawal terus visi misi yang ingin mereka capai agar kita bisa sama sama mewujudkan Padang Lawas yang bercahaya. Bila memang bupati dan wakil bupati tidak sanggup untuk memimpin Padang Lawas lebih baik mengundurkan diri dari jabatannya.

Kami berharap kepada masyarakat Padang Lawas seluruhnya agar terus bersuara, ketika memang kepemimpinan Ali sutan Harahap dan Ahmad Zarnawi tidak cocok lagi mengemban amanah memajukan Padang Lawas, agar mereka berbesar hati untuk mundur dari jabatannya karena mereka dipilih dari masyrakat utuk masyarakat, mari kita suarakan kebenaran demi kemajuan daerah kita, kalau tidak kita siapa lagi. (TIM)




Manggala Agni dan DLH Padang Lawas Lanjutkan Program Pencegahan Karhutla

Manggala Agni dan DLH Padang Lawas Lanjutkan Program Pencegahan Karhutla
Manggala Agni dan DLH Padang Lawas Lanjutkan Program Pencegahan Karhutla

PALAS, PAMARTANUSANTARA.CO.ID | Pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang merupakan semua usaha, tindakan atau kegiatan yang dilakukan untuk mencegah atau mengurangi kemungkinan terjadinya kebakaran hutan dan atau lahan. Sebagaimana himbauan yang selalu disampaikan oleh Manggala Agni “Mari Bersama Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan”. Salah satu kegiatan dari pencegahan tersebut adalah melakukan sosialisasi Karhutla kepada Masyarakat.

Kamis, 12 Desember 2019 Manggala Agni Daops Labuhanbatu Selatan bersama Dinas Lingkungan Hidup Padang Lawas kembali lanjutkan program pencegahan karhutla, kali ini dilaksanakan di Desa Ramba Kecamatan Huristak, Kabupaten Padang Lawas dengan pelaksana Manggala Agni, Dinas Lingkungan Hidup dan Koramil 10 Binanga.

Menurut Ismail Harahap personil Manggala Agni Daops Labuhanbatu Selatan selaku Koordinator wilayah Padang Lawas mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan informasi tentang pengendalian Karhutla. Serta diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat meminimalisir terjadinya kebakaran hutan dan lahan serta mempercepat proses pemadaman bilamana terjadi kebakaran.

Kegiatan pencegahan ini merupakan kegiatan yang ke empat kalinya dilaksanakan dan akan berkelanjutan di kecamatan lain yang ada di Kabupaten Padang Lawas.

“Sebelumnya kami juga sudah melaksanakan kegiatan pembentukan Masyarakat Peduli Api (MPA) sebanyak tujuh kali dalam tahun 2019 ini di beberapa kecamatan kabupaten Padang Lawas.” kata Ismail

Seluruh peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut dan mereka menyatakan siap membantu dalam penanganan karhutla. Peserta juga berharap adanya tindak lanjut dalam pencegahan dan penanganan karhutlah serta berharap kepada TNI, Polri dan Manggala Agni agar serius dalam penegakan hukum kepada pelaku karhutlah agar kebakaran hutan dan lahan tidak terjadi lagi. (Imom Suhendra Siregar)




Manggala Agni Bersama Dinas Lingkungan Hidup Padang Lawas Bagikan Bibit Dalam Upaya Pencegahan Karhutla

Manggala Agni Bersama Dinas Lingkungan Hidup Padang Lawas Bagikan Bibit Dalam Upaya Pencegahan Karhutla
Manggala Agni Bersama Dinas Lingkungan Hidup Padang Lawas Bagikan Bibit Dalam Upaya Pencegahan Karhutla

PADANG LAWAS, PAMARTANUSANTARA.CO.ID | Kebakaran hutan dan lahan dinilai lebih efektif diatasi dengan upaya memperkuat pencegahan daripada upaya penanganan seperti saat ini, hal ini disebabkan karena permasalahan ini sudah cukup kompleks, selain disebabkan oleh faktor iklim di Indonesia juga disebabkan oleh faktor prilaku dan kepentingan banyak pihak.

Pada Selasa, 10 Desember 2019 Manggala Agni Daops Labuhanbatu Selatan bersama Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Padang Lawas lakukan sosialisasi terkait kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Desa Botung, Kecamatan Batang Lobu Sutam Kabupaten Padang Lawas, kegiatan ini dihadiri oleh masyarakat sekitar Desa Botung dengan pelaksana oleh Manggala Agni dan Dinas Lingkungan Hidup Palas.

Ismail Harahap, selaku personil Manggala Agni daops Labuhanbatu Selatan juga sebagai koordinator wilayah Padang Lawas, mengatakan salah satu solusi yang paling efektif dalam mengatasi karhutla adalah mewajibkan upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan secara komprehensif, ini harus dilaksanakan oleh masyarakat dan pemerintah sebagai pengawas.

“Segala upaya terkait pencegahan karhutla terus kita lakukan, tetapi jika individunya belum sadar juga ini menjadi tugas terpenting kita, kita terus lakukan upaya sebisa mungkin untuk meminimalisir terjadinya kebakaran, tidak perlu saling menyalahkan, kedepannya mari kita bersama mengedepankan pencegahan kebakaran hutan dan lahan,” kata Ismail

Acara ini berlangsung dengan hikmat dan berjalan sesuai dengan yang direncanakan serta masyarakat juga begitu antusiaus dalam mengikuti acara tersebut, dengan menyampaikan pertanyaan pertanyaan terkait pencegahan karhutla.

Disamping itu Manggala Agni dan Dinas Lingkungan Hidup Padang Lawas juga memberikan bibit tanaman secara simbolis kepada masyarakat, dengan harapan agar masyarakat lebih mencintai lingkungan serta menghindari prilaku pembersihan/pembukaan lahan, dengan cara dibakar agar tercipta langit biru tanpa asap. (Imom Suhendra Siregar)




Kodim 0212/Tapsel Apresiasi Peran Media Dalam Kegiatan TMMD ke 105

Kodim 0212/Tapsel Apresiasi Peran Media Dalam Kegiatan TMMD ke 105

PALAS, PAMARTANUSANTARA.CO.ID | Komandan Komando Distrik Militer (Dan Kodim) 0212 / Tapanuli Selatan yang juga sekaligus Komandan Satuan Tugas Tentara Manunggal Membangun Desa (Dansatgas TMMD Kodim 0212/TS ) mengapresiasi terhadap peranan media dalam menginformasikan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 Tahun 2019. Khususnya kegiatan Kodim 0212/TS di Desa Hutaraja Lamo dan Desa Mondang, Kecamatan Sosa, Kabupaten Padang Lawas (Palas), Sumatera Utara.

Apresiasi tersebut langsung disampaikan Dandim 0212/TS selaku Dansatgas TMMD ke-105 Letkol Inf Akbar Nofrizal Yusananto, Kamis (18/07/2019), selepas lakukan rapat evaluasi kegiatan TMMD bersama Perwira Staf di Poskotis TMMD Desa Hutaraja Lamo.

“Kami pihak Kodim 0212/TS mengucapkan terima kasih kepada kawan media yang begitu aktifnya menyampaikan kepada masyarakat luas tentang apa yang dikerjakan terkait TMMD ke 105 di wilayah Kodim 0212/TS, tepatnya di Desa Hutaraja Lamo, Kecamatan Sosa, Kabupaten Padang Lawas,” ucap Letkol Inf. Akbar Nofrizal.

“Kami sangat bangga kepada kawan- kawan media, yang juga ikut serta mengawal kegiatan ini hingga selesai TMMD ke 105 yang sedang berjalan sekarang ini, melalui pemberitaan yang baik serta berguna sehingga masyarakat banyak mengetahui perkembangan kegiatan TMMD yang lagi kita galakkan ini, kembali saya secara pribadi dan kedinasan mengucapkan terima kasih atas partisipasinya rekan rekan media yang telah menyampaikan informasi informasi terbaru dari lokasi terkait TMMD ke 105 Tahun 2019 ini,” imbuhnya. (Martin Gabe)




Di Bawah Terik Matahari, Masyarakat Tetap Senang Berbaur Dalam Aksi TMMD Ke 105 Kodim 0212/TS

Di Bawah Terik Matahari, Masyarakat Tetap Senang Berbaur Dalam Aksi TMMD Ke 105 Kodim 0212/TS

PALAS, PAMARTANUSANTARA.CO.ID | Dukungan penuh masyarakat Desa Hutaraja Lamo dan Desa Mondang Kecamatan Sosa Kabupaten Palas Sumatera Utara terus dalam program Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0212/TS TA 2019, dibuktikan mereka dengan cara ikut serta mengerjakan pekerjaan fisik pengecoran badan jalan yang sudah dilebarkan.

Berbagai kegiatan fisik maupun non fisik tertangkap kamera Wartawan, tampak dengan cara berbaur bahu-membahu berbaur dengan prajurit Satgas TMMD, melaksanakan berbagai kegiatan tersebut.

Walaupun di bawah terik matahari, masyarakat setempat dengan riang gembira dan penuh semangat melaksanakan pengecoran badan jalan yang merupakan salah satu pekerjaan fisik dengan bergotongriyong bersama-sama, Senin (15/7).

“Kita dari masyarakat kedua Desa terus mendukung penuh pekerjaan Prajurit Satgas TMMD ke 105 ini. TNI sudah bagian dari kami, dan sudah sepantasnya kita berbaur dengan Bapak TNI untuk menyelesaikan pekerjaan fisik,” ungkap Kepala Desa Hutaraja Lamo Kecamatan Sosa Kabupaten Palas, Ali Atas Hasibuan.

Ali Atas, menyampaikan bahwa masyarakat dari Dua Desa yakni Desa Hutaraja Lamo dan Desa Mondang secara bergiliran membantu Prajurit Satgas TMMD ke 105 Kodim 0212/Ts dalam menyelesaikan pekerjaan fisik, hal ini mereka lakukan sebagai bentuk support masyarakat terhadap program TMMD tersebut.

“Setiap hari kita mengirimkan masyarakat secara bergiliran untuk membantu, selain itu setiap harinya saya juga terus mengontrol logistik yang diperlukan seperti jajanan cemilan dan air minum ke lokasi pekerjaan,” kata Kepdes tersebut.

Ali Alatas, menerangkan, sesuai rencana selain pelebaran jalan juga ada dilaksanakan pembangunan rabat beton sepanjang 500 meter dengan lebar 5 meter.

Bangunan fisik tersebut sudah lama di dambakan oleh masyarakat, guna peningkatan perekonomian bagi masyarakat.

“Suatu kehormatan bisa bergabung dengan TNI dalam membangun akses vital perkebunan serta ekonomi. Ini adalah akses vital transportasi masyarakat yang nantinya untuk mendongkrak perekonomian yang pangkalnya kesejahteraan masyarakat”, ucapnya selaku pimpinan Desa.

Dia menambahkan, untuk sasaran lainnya yang sedang dikerjakan adalah pembukaan jalan penghubung desa antara desa Hutaraja Lamo dengan Desa Mondang, sepanjang 5 Km dan lebarnta 5 meter. (C’jamS/Faiz)




Meriahkan HUT Bhayangkara ke 73, Polres Tapsel Gelar Jalan Santai dengan TNI dan Masyarakat

Meriahkan HUT Bhayangkara ke 73, Polres Tapsel Gelar Jalan Santai dengan TNI dan Masyarakat

PADANGLAWAS, PAMARTANUSANTARA.CO.ID | Meriahkan Hari ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke 73, Polres Tapsel dan Pemkab Padang Lawas, melaksanakan jalan santai bersama TNI dan masyarakat di Kota Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara. Selasa (9/7/2019).

Rute acara jalan santai, dimulai dari MAN Sibuhuan dan berakhir di alun alun kota Sibuhuan, dengan jarak tempuh lebih kurang 2 kilometer, yang diikuti oleh Kapolres Tapanuli Selatan AKBP Irwa Zaini Adib, S.I.K., M.H., Bupati Padang Lawas Ali Sutan Harahap, Dandim 0212/TS Letkol Inf. Akbar Nofrizal Yusananto, S.I.P., Danyon 123 Rajawali Padangsidimpuan, Letkol Inf. Rooy Chandra Sihombing, S.I.P., dan pejabat lainnya dari kejaksaan serta Ketua FKUB Padang Lawas H. Awaluddin Harahap, dan unsur Forkopimda dan bersamaan melepas seluruh peserta jalan sehat, dari halaman MAN Sibuhuan Kabupaten Palas.

Kegiatan yang diikuti oleh ribuan peserta, baik itu dari Polri, TNI, Pemkab Padang Lawas dan masyarakat ramai, dengan gembira menempuh rute yang telah ditentukan, menuju alun alun kota Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas, di alun alun Kota Sibuhuan, kemeriahan HUT Bhayangkara belum berakhir.

Setelah acara pelepasan balon pertanda HUT Bhayangkara ke 73, acara dilanjutkan dengan senam sehat bersama, ratusan warga bersama para pejabat terkait bersama – sama melakukan senam massal.

Memeriahkan acara, peserta jalan sehat dan masyarakat kembali dikejutkan dengan ratusan hadiah doorprize. Mulai dari kipas angin, setrikaan hingga 2 unit sepeda motor dibagi – bagikan untuk masyarakat. Acarapun berlangsung seru dan meriah.

Pada kesempatanya, Dandim 0212/TS Letkol Inf. Akbar Nofrizal Yusananto, S.I.P., dengan suara merdunya menghibur warga hampir dengan 2 lagu batak berirama gembira.

Sementara Danyon 123 Rajawali Padang Sidimpuan, Letkol Inf. Rooy Chandra Sihombing, S.I.P., menghibur masyarakat dengan lagu lagu ceria serta goyang dangdut menambah kemeriahan suasana.

Bupati Padang Lawas Ali Sutan Harahap, seolah tak mau ketinggalan, satu lagu dangdut ceriapun mengalun merdu dari Bupati dengan senyuman khas ini.

Acara ditutup dengan doorprize puncak pembagian dua unit sepeda motor, Bupati Padang Lawas Ali Sutan Harahap mencabut undian sepeda motor pertama yang jatuh pada peserta ibu rumah tangga dari Kabupaten Padang Lawas.

Sepeda motor kedua, yang diundi Kapolres TapanulI Selatan AKBP Irwa Zaini Adib, S.I.K., M.H., jatuh pada anggota Personil Polres Tapanuli Selatan.

Dalam sambutannya Kapolres Tapsel kembali mengucapkan rasa trimakasihnya kepada peserta acara Jalan Sehat. “Saya mengucapkan rasa terimakasih kepada seluruh pihak, terutama masyarakat yang begitu antusias mengikuti acara jalan olah raga bersama ini,” ujar AKBP Irwa Zaini Adib, S.I.K., M.H.

Kemeriahkan ulang tahun Bhayangkara ke 73 di Polres Tapanuli Selatan ini besok (Rabu 10 Juli 2019) masih dilanjutkan dengan acara puncak pemecahan rekor muri baru, 3500 polisi cilik di Lapangan MAN Sibuhuan, panjat pinang dengan hadiah mencapai 150 juta, pasar rakyat dengan acara pagelaran kuda kepang dan lainnya. (Martin Gabe)




Kasdim 0212/Tapsel Tinjau Lokasi Upacara Pembukaan TMMD ke 105

Kasdim 0212/Tapsel Tinjau Lokasi Upacara Pembukaan TMMD ke 105

PADANGLAWAS, PAMARTANUSANTARA.CO.ID | Menjelang hari upacara pembukaan Tentara Manunggal masuk desa ke-105, yang rencananya akan digelar di Lapangan SDN 0415 Hutaraja Lamo, Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara, pada 10 Juli 2019 dan nantinya dipimpin langsung oleh bapak Bupati Padang Lawas, serta Dandim 0212/Tapsel.

Dalam kesempatannya, Kasdim 0212/Tapsel Mayor Inf Deddi Iskandar beserta personel Staf Kodim 0212/Tapsel, melakukan peninjauan lokasi rencana upacara pembukaan TMMD ke-105 T.A. 2019 Kodim 0212/Tapsel di Desa Hutaraja Lamo Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara, Rabu (03/07/2019).

Diperkirakan, Tepat satu minggu lagi kegiatan TMMD ke-105 T.A. 2019 Kodim 0212/Tapsel akan dibuka melalui kegiatan upacara lembukaan TMMD, yang direncanakan digelar pada tanggal 10 Juli 2019 dan akan dipimpin langsung oleh bapak Bupati Padang Lawas, menindaklanjuti rencana kegiatan tersebut Kasdim 0212/Tapsel beserta staf turun langsung meninjau lokasi yang akan digunakan untuk upacara pembukaan TMMD, sasaran yang ditinjau diantaranya rute jalan menuju lokasi, kondisi lapangan dan sarana prasarana upacara lainnya.

Saat berada di Lapangan SDN 0415 Hutaraja Lamo rencana lokasi upacara pembukaan TMMD, Kasdim 0212/Tapsel mengatakan bahwa upacara pembukaan TMMD akan digelar di lapangan tersebut yang akan dihadiri oleh unsur pimpinan TNI, Polri, Pemerintah Daerah dan Instansi serta stakeholder terkait di wilayah Tapanuli Bagian Selatan serta dengan melibatkan pasukan dari unsur TNI, Polri, Pemda, OKP, anak sekolah dan seluruh komponen masyarakat sekitar.

“Kita rencanakan nantinya, di lapangan ini kita laksanakan kegiatan upacara pembukaan TMMD yang akan dihadiri para unsur pimpinan kita serta melibatkan pasukan dari TNI, Polri, Pemda, OKP, anak sekolah dan seluruh komponen masyarakat Padang Lawas, untuk itu kita harus mempersiapkan segala sarana dan prasarananya,” ucap Kasdim 0212.

“Dengan ini, kita atur dan susun rencana upacara serta penempatan pasukan beserta sarana dan prasarananya, sehingga diharapkan upacara dapat terlaksana dengan aman, tertib, lancar, khidmat dan meriah,” tambahnya.

Rencananya, upacara pembukaan TMMD ke-105 T.A. 2019 Kodim 0212/Tapsel akan dilaksanakan dengan dimeriahkan acara parade, pernyataan resmi pembukaan TMMD dan berbagai acara tambahan diantaranya bakti sosial pelayanan kesehatan dan pengobatan gratis bagi warga masyarakat di wilayah Kecamatan Sosa, Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara. (Martin Gabe)




Tongku Sutan Oloan Siap Menjadi Inspektur Upacara pada Pembukaan TMMD ke 105

Tongku Sutan Oloan Siap Menjadi Inspektur Upacara pada Pembukaan TMMD ke 105

PADANGLAWAS, PAMARTANUSANTARA.CO.ID | Pemerintah kabupaten Padang Lawas yang dipimpin oleh Bupati H. Ali Sutan Harahap yang akrab disapa Pak TSO (Tongku Sutan Oloan), menyatakan dukungannya dan akan memfasilitasi pelaksanaan kegiatan upacara Pembukaan TMMD ke-105 TA 2019 Kodim 0212/Tapsel dengan mengerahkan jajarannya dan unsur Muspika Kecamatan Sosa, demikian diungkapkan saat memimpin rapat kordinasi di Pendopo Bupati Padang Lawas di Jalan Dewantara Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara. Rabu (03/7/19)

Upacara pembukaan TMMD ke 105 T.A. 2019 Kodim 0212/Tapsel akan segera digelar di Lapangan SDN 0415 Hutaraja Lamo, Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas yang akan dipimpin langsung oleh Bupati Padang Lawas

Kodim 0212/Tapsel bersama Pemkab Padang Lawas mengadakan rapat koordinasi terkait kesiapan dalam pelaksanaan pembukaan TMMD, diawal rapat, Kasdim 0212/Tapsel Mayor Inf Deddi Iskandar yang mewakili Dandim 0212/TS memaparkan tentang rencana kegiatan upacara pembukaan TMMD, dalam paparannya Kasdim menyampaikan tentang gambaran lokasi kegiatan, rangkaian kegiatan dan rencana penggunaan sarana prasarana serta perlengkapan dalam kegiatan upacara.

Kasdim menyampaikan kesiapan pihaknya menyelenggarakan upacara serta permohonan ijin kepada bupati, tentang kesediaannya untuk memimpin langsung sebagai inspektur upacara pada upacara pembukaan TMMD ke 105 Kodim 0212/Tapsel.

“Kami beserta jajaran siap untuk melaksanakan upacara pembukaan TMMD, dan selanjutnya mohon ijin kepada napak bupati untuk memimpin langsung sebagai Inspektur Upacara,” ujar Kasdim 0212/TS.

Menanggapi kehadiran Kasdim 0212/ TS beserta rombongan, Bupati Padang Lawas H. Ali Sutan Harahap menyampaikan kesiap sediaannya sebagai Inspektur Upacara nantinya, “Terimakasih atas amanah yang telah dipercayakan kepada saya, pada upacara pembukaan TMMD ke 105 Kodim 0212/Tapsel nantinya, saya yang akan menjadi inspektur upacara, dan jika tidak ada halangan pada penutupan nanti Bapak Pangdam I/BB yang akan menutup,” tutur Bupati Padang Lawas, diruang kerjanya.

Bupati Padang Lawas juga menyampaikan dukungannya dan mempersilahkan untuk mempersiapkan kegiatan tersebut, “Silahkan koordinasi dengan staf dan muspika setempat, manfaatkan alat perlengkapan yang ada, yang terpenting adalah kegiatan tersebut untuk kebersamaan dengan masyarakat, sehingga kegiatan tersebut sukses, TNI bersama Rakyat,” tambahnya

Rapat koordinasi kesiapan upacara pembukaan TMMD dilanjutkan dengan koordinasi antar staf dan instansi terkait tentang teknis pelaksanaan sesuai dengan bidang masing-masing. (Martin Gabe)




Satres Narkoba Tapsel Bekuk Pengedar Barang Haram

Satres Narkoba Tapsel Bekuk Pengedar Barang Haram

PADANGLAWAS, PAMARTANUSANTARA.CO.ID | Satuan Reserse (Satres) Narkoba Tapanuli Selatan berhasil membekuk seorang, atas dugaan penyalahgunaan narkotika jenis golongan I jenis shabu, inisial SH (35) tahun, warga Desa Aek Tinga Kecamatan Sisa, Kabupaten Padang Sumatera Utara.

Kapolres Tapsel AKBP. Irwa Zaini Adib, S.I.K., melalui Kasat Narkoba Polres Tapsel AKP Zulfikar, S.H., melalui Kasubbag Humas Polres Tapsel IPTU Alpian Sitepu, kepada awak media menerangkan, penangkapan terhadap pelaku dilakukan pada Minggu (16/6/2019) sekitar pukul 23.00 WIB.

“Kami menerima informasi dari masyarakat, ada transaksi jual beli narkoba simpang PT. Kas Desa Aek Tinga Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas,” ujarnya Rabu (19/6/2019).

Atas Informasi tersebut, sambung Kasubbag, petugas melakukan penyelidikan dan pengintaian di lokasi tersebut. “Tak berapa lama diintai kami melihat seorang pria yang ciri cirinya sesuai dengan informasi dari masyarakat, yang sedang duduk menunggu pembeli. Selanjutnya kami membekuk pria (SH), dan melakukan penggeledahan,” ungkapnya.

Dari tangan tersangka turut disita barang bukti, 1 (satu) buah kotak warna putih yang didalamnya berisikan 8 (delapan) bungkus plastik klip yang diduga berisi Shabu seberat 1,94 g (satu koma sembilan puluh empat gram).

Selanjutnya tersangka berikut barang bukti tersebut dibawa ke Sat Resnarkoba Polres Tapsel guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. (Martin)




Ketua FKUB Padang Lawas : Percaya Pada KPU dan Tolak People Power

Ketua FKUB Padang Lawas : Percaya Pada KPU dan Tolak People Power

PALAS, PAMARTANUSANTARA.CO.ID | Ketua Forum Komunkasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Padang Lawas, meminta masyarakat agar tenang menjelang Sidang Pleno KPU Pada Tanggal 22 Mei nanti. Banyaknya hujatan terhadap KPU, banyak dilakukan oleh orang orang yang tidak bertanggungjawab, dan hanya mementingkan kepentingan pribadi, bukan kepentingan orang banyak.

Hal ini disampaikan oleh Drs. H. Abdul Haris, Ketua FKUB Kabupaten Padang Lawas, Senin (20/5) di kediamannya, saat dijumpai sejumlah awak media.

“Kita harus percaya kepada KPU yang telah bekerja keras untuk menyelenggarakan Pemilu 2019., Karena merekalah yang diberi wewenang oleh Undang Undang untuk melaksanakan Pemilu,” ujar Drs. H. Abdul Haris.

Menurut Drs. H. Abdul Haris, saat ini banyak beredar kabar yang menyudutkan KPU, sehingga ada sebagian kecil masyarakat yang akan melakukan aksi.

“Saya mengajak masyakat Padang lawas, agar tidak terprovokasi berita berita hoax yang sengaja dihembuskan orang orang tertentu dengan tujuan untuk membuat kekacauan.” Lanjut Drs. H. Abdul Haris.

Menyingung Gerakan People Power yang saat ini banyak beredar di masyarakat, Drs. H. Abdul Haris meminta agar masyarakat jangan ikut ikutan dan percaya akan hal tersebut.

“Gerakan People Power sengaja dihembuskan orang orang tertentu, untuk membuat kekacauan, sehinga nantinya terjadi komplik horizontal yang amat sangat merugikan masyarakat. Saya minta masyarakat jangan ikut ikutan gerakan itu,” ujar Drs. H. Abdul Haris mengakhiri pembicaraan. (Martin Gabe)