1

Mencari Tambahan Selama Pandemi Covid-19, Anak Remaja Desa Bagan Bilah Kutip Berondolan Sawit

Labuhanbatu, PAMARTANUSANTARA.CO.ID | Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumatra Utara dikenal sebagai kawasan penghasil sawit. Masyarakat di pedesaan maupun di perusahaan perkebunan kelapa sawit banyak memanfaatkan buah berondolan sawit untuk dikutip buahnya, Berondolan sawit memberikan dampak ekonomi yang positif bagi petani sawit dan buruh tani di perkebunan juga warga disekitar areal kebun sawit. Selain itu, komoditas ini membuat petani sawit mendapat penghasilan tambahan.

Ditengah pandemi covid-19 yang memutus perekonomian masyarakat. Berondolan sawit yang berasal dari guguran janjang buah sawit ini menjadi salah satu solusi untuk mencari tambahan uang jajan bagi Remaja Putri di Desa Bagan Bilah, Kecamatan Panai Tengah ini misalnya.

Amatan Pamartanusantara.co.id, Kamis (09/09/2021) para pencari buah berondolan sawit yang didominasi oleh kaum remaja perempuan dan ibu-ibu tersebut terlihat sangat antusias, karena harga buah sawit berondolan per kilo mencapai Rp. 1.800. (seribu delapan ratus rupiah).

“Harga berondolan sawit sangat membantu pemasukan uang jajan tambahan Ncek, apalagi harga berondolan sekarang cukup mahal, mencapai Rp. 1 ribu delapan ratus rupiah, “kata remaja putri yang akrap disapa Nurul ini.

Selanjutnya kata Nurul, terlebih saat ini mewabahnya corona virus melanda sehingga membuat perekonomian masyarakat terganggu, sehingga berondolan sawit menjadi solusi tambahan pemasukan untuk tambah-tambahan uang jajan dan keperluan lainnya”, ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Sofiya warga setempat, dirinya menyampaikan bahwa selain mudah didapat, harga jual berondolan  yang berasal dari janjang sawit ini juga dapat menambah pendapatan untuk kebutuhan keperluan keseharian.

Masih kata Sofya, yang ditemani Nurul, mereka biasanya mengutip berondolan sawit mampu mengumpulkan seberat 50 kilo sekali mengutip.

“Lumayan harga berondolan sekarang ini cukup mahal, kami kumpulkan berondolan setengah goni ukuran sedang sudah dapat untuk digunakan sebagai tambahan uang jajan dan keperluan lain”, ungkapnya.

Sementara itu, rata-rata kaum remaja dan ibu-ibu perorangan setiap harinya mampu mengumpulkan buah berondolan sawit seberat 30 sampai 50 kilo gram. (Akmal Sagala)




Sebanyak 3 Desa Kawasan Kampung Nelayan Maju Di Panai Hilir

LABUHANBATU, PAMARTANUSANTARA.CO.ID | Sebagai bentuk upaya menciptakan kawasan Kampung nelayan maju dan untuk mewujudkan pemukiman di kampung nelayan yang bersih, sehat dan nyama. PJ.Bupati Labuhanbatu Muliyadi Simatupang, S.Pi, M.Si, menetapkan 3 desa yang ada di Kecamatan Panai Hilir sebagai Kawasan Kampung Nelayan Maju.

Hal ini ini ditetapkan oleh Pj. Bupati Labuhanbatu pada saat pencanangan kawasan Kampung nelayan maju di desa Sungai Sanggul Kecamatan Panai Hilir Kabupaten Labuhanbatu, Senin (05/07/21) Siang, Adapun ketiga desa yang dimaksud yakni Desa Sungai Sanggul, Desa Sungai Baru dan desa Sungai Sakat.

“Penetapan kampung nelayan maju merupakan salah satu inovasi daerah replikasi dari program kementerian Kelautan dan Perikanan RI dalam rangka menciptakan pemukiman nelayan yang bersih, sehat dan nyaman serta melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan taraf hidup nelayan” ungkap PJ.Bupati Diselah kata sambutannya.

Lebih lanjut dijelaskan Pj. Bupati Labuhanbatu, pada umumnya kampung nelayan memiliki karakteristik seperti pemukiman yang padat, air minum yang kurang memadai, infrastruktur jalan, drainase dan sanitasi yang masih perlu ditingkatkan serta persampahan yang urgen untuk dikelola serta perlunya alternatif peningkatan pendapatan nelayan, mewujudkan kampung nelayan dengan kondisi tersebut menjadi kampung nelayan maju bukanlah hal yang mustahil jika seluruh komponen masyarakat, perangkat desa, unsur muspika Kecamatan, semua OPD dan stakeholder dapat bersinergi dan gotong-royong secara berkelanjutan sehingga permasalahan-permasalahan di kampung nelayan dapat teratasi demi terciptanya kualitas permukiman dan sumber daya manusia yang lebih baik. Upaya kolaboratif tersebut perlu terus di monitoring dan evaluasi secara berkelanjutan sesuai dengan target indikator kinerja yang ditetapkan. Hal ini mulai dari penyusunan dokumen, perencanaan berbasis tematik, holistik, integratif dan spasial (THIS), dengan indikator yang terukur yang diintegrasikan dalam dokumen perencanaan baik RPJMD, RENSTRA, RPJMDES serta didukung oleh sistem inovasi daerah ( SIDA) yang relevan.

Di akhir pidatonya, Mulyadi Simatupang yang juga menjabat sebagai Kadis Perikanan dan Kelautan Provsu ini berpesan kepada seluruh stakeholder untuk memberikan perhatian yang serius, upaya promosi menciptakan peluang investasi untuk menarik minat Para investor menanamkan modalnya di sektor perikanan di kecamatan panai Hilir ini, sehingga kedepan ada produk unggulan perikanan yang di hasilkan dari Kabupaten Labuhanbatu.

“Terbukanya lapangan pekerjaan yang tentunya akan berdampak kepada kesejahteraan nelayan” ucap Muliyadi menegaskan.

Sementara itu Plt. Camat Panai Hilir Hadmansyah mengatakan, potensi perikanan sudah sewajarnya menjadi potensi unggulan daerah Kabupaten Labuhanbatu dan harus berdampak pada kesejahteraan nelayan, Jumlah nelayan sebanyak 2.523 KK, 1.330 unit kapal tangkap ikan, maka produksi perikanan tangkap akan sangat besar dihasilkan dari potensi ini untuk dipasarkan baik dalam bentuk segar maupun olahan berbagai bahan makanan. “Dari itu saya berharap kepada stakeholder yang ada, mari bergandeng tangan untuk mewujudkan dan mensukseskan apa yang telah dicanangkan dan ditetapkan oleh PJ Bupati Labuhanbatu, agar cita-cita kampung nelayan maju dapat terwujud” harapnya.

Masih ditempat yang sama, panitia pelaksana kegiatan pencanangan kampung nelayan maju, Kaban Bappeda labuhanbatu hobbol Z Rangkuti, melaporkan adapun tujuan dicanangkannya kawasan Kampung nelayan maju diantaranya untuk menciptakan kawasan Kampung nelayan yang bersih, sehat dan nyaman serta meningkatkan kualitas hidup Masyarakat khususnya nelayan yang baik dan juga sebagai sentra produk unggulan daerah sektor perikanan di Kabupaten Labuhanbatu.

Rangkaian acara yang disaksikan ratusan nelayan sekitar ini juga membuka forum diskusi bersama nelayan sekitar, Usai melakukan diskusi, Pj. Bupati beserta rombongan meninjau salah satu kelompok nelayan yakni kelompok nelayan “Sehati” yang ada dikampung nelayan Desa Sungai Sanggul. (Akmal Sagala)




Beberapa Tips yang Dapat Kamu Lakukan Agar Lebih Produktif di Tahun 2021

PAMARTANUSANTARA.CO.ID | Hidup di era pandemi membuat kamu terasa begitu malas untuk keluar rumah. Akibatnya kamu tidak melakukan apa-apa dan waktu yang kamu miliki terbuang sia-sia. Agar itu tidak terjadi berikan beberapa tips yang dapat kamu lakukan agar lebih produktif lagi dan lagi.

Membuat Goals

Banyak orang yang yang hanya membuat goals namun tidak ada usaha untuk mencapai goals tersebut. Kunci agar goals tercapai yakni kamu tidak perlu membuat goals yang terlalu tinggi, kamu juga harus disiplin untuk mencapai goals tersebut.

Misalnya saja agar kamu dapat rutin berolahraga, kamu dapat menuliskan untuk menyempatkan waktu sekian menit setiap hari untuk berolahraga. Ketika kamu telah terbiasa dan berhasil menjadikan poin tadi sebagai rutinitas, kamu secara otomatis akan meningkatkan porsi poin tersebut.

Menemukan Tujuan

Salah satu yang menyebabkan seseorang tidak produktif yakni bingung tujuan yang akan dituju. Karena kamu tidak tahu tujuannya kemana kamu akan berjalan di tempat atau bisa saja mundur ke belakang. Dan ketika kamu telah memiliki tujuan akhir, maka kamu harus menuju tujuan tersebut walau secara perlahan.

Terjatuh Itu Wajar

Ketika kamu sudah menjalani hal-hal yang telah kamu tetapkan sebagai goals dan tujuan, Maka selanjutnya adalah konsisten menjalaninya. Setelah beberapa minggu atau beberapa hari, mungkin kamu akan merasa begitu malas sehingga tidak melanjutkan hal-hal yang telah kamu mulai tadi. Namun tidak perlu risau karena hal itu wajar saja.

Namun kamu tidak perlu terpuruk pada kondisi seperti itu. Kamu harus bangkit dan mencoba lagi apa yang telah kamu mulai. Kamu tidak perlu mencari yang sempurna, karena menyelesaikan apa yang telah kamu mulai lebih baik daripada tidak sama sekali.

Dan itulah beberapa tips yang dapat kamu lakukan kan agar tahun ini lebih produktif lagi dan lagi.[PN069]




Beberapa Cara yang Dapat  Dilakukan untuk Mengoptimalkan Akun Media Sosial LinkedIn Kamu

PAMARTANUSANTARA.CO.ID  | Masing-masing sosial media tentu memiliki fungsinya tersendiri. Misalnya saja Instagram yang lebih menekankan foto. Ada salah satu sosial media yang yang populer bagi seorang fresh graduate atau para pencari kerja yang bernama LinkedIn. Di aplikasi tersebut, banyak info lowongan pekerjaan dari perusahaan-perusahaan. Tidak sedikit juga para HR yang mencari kandidat melalui aplikasi tersebut. Untuk itu beberapa cara berikut dapat kamu lakukan untuk mengoptimalkan akun LinkedIn kamu.

Mulailah membuat story

Seperti halnya media sosial lainnya yang mulai menambahkan fitur story, pun dilakukan oleh LinkedIn. Kamu dapat memanfaatkan fitur tersebut untuk menarik koneksi kamu yang ada disana. Dan jika kamu adalah seorang jobseeker, kamu bisa membuat story kegiatan-kegiatan yang ada kaitannya dengan bidang dan minatmu. Kamu juga dapat memposting CV yang menarik untuk perusahaan perusahaan yang menjadi koneksi kamu.

Memanfaatkan fitur learning untuk mendapat sertifikat gratis

Terdapat fitur-fitur yang disediakan linkedin untuk membantu kamu dalam pengembangan karir, misalnya saja fitur learning. Namun perlu diketahui, untuk mendapatkan akses learning, kamu perlu merogoh kocek senilai Rp420.000 perbulan. Namun kamu juga dapat mencoba secara gratis dengan memilih uji coba selama 30 hari.

Mengoptimalkan profil LinkedIn

Banyak head Hunter yang mencari kandidat melalui LinkedIn titik untuk itu, kamu dapat mengoptimalkan profil LinkedIn kamu. Itu dapat dilakukan dengan mengisi semua data diri dengan baik.

Tambah koneksi sesuai bidang kamu

Dengan menambahkan koneksi sesuai bidang kamu, secara otomatis kamu akan mendapatkan informasi mengenai bidang yang kamu minati tersebut. Kamu juga dapat menambahkan HR pada perusahaan yang kamu incar untuk mengetahui informasi mengenai lowongan pekerjaan jika tersedia. Menambahkan koneksi jika dapat membuat kamu belajar, lantaran tidak sedikit pengguna LinkedIn yang akan membagikan ilmu mereka.

Memposting sesuatu yang menambah nilai jual

Seperti halnya CV yang memuat hal-hal ringkas yang itu dapat menjadi nilai jual, kamu juga dapat memposting sesuatu yang dapat menunjukkan jika kamu adalah seorang yang profesional.

Untuk itu kamu perlu memposting hal-hal yang bermanfaat. Dan itulah beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk mengoptimalkan akun LinkedIn kamu, terlebih untuk kamu yang fresh graduate atau seorang jobseeker.[pn050]




Kondisi Keuangan Keluarga yang Sehat Dapat Diketahui dari Ciri Berikut

PAMARTANUSANTARA.CO.ID | Sangat penting mengetahui posisi keuangan keluarga atau literasi keuangan. Hal tersebut dapat menjadi pertimbangan bagi kamu melakukan evaluasi kedepan.

Untuk itu, yang perlu kamu lakukan adalah memahami hal-hal dasar dalam keuangan. Kamu harus melek finansial dan dan jangan mudah untuk menilai kondisi keuangan kamu dikategorikan sebagai sehat atau tidak sehat.

Dan inilah beberapa ciri mengetahui kondisi keuangan keluarga yang sehat.

Menguasai arus keuangan

Kamu harus mengetahui berapa pengeluaran bulan lalu. Selain itu, kamu harus mengerti berapa uang yang keluar dan dibelanjakan kemana saja uang tersebut. Pastikan untuk memulai disiplin dalam mencatat setiap pengeluaran keluarga kamu.

Investasi hingga asuransi

Investasi dan asuransi merupakan hal yang sangat penting. Pikirkan untuk memulai investasi jangka panjang mulai hari ini. nantinya itu akan berguna untuk biaya pendidikan anak, pernikahan anak, jalan-jalan bersama keluarga, merenovasi rumah, dan hal-hal yang tak terduga yang bisa saja datang.

Memiliki dana cadangan

Kamu harus juga memiliki dana cadangan apabila sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dana cadangan ini bisa berupa cash atau juga tersimpan di bank. Jika belum punya, kamu dapat mempertimbangkan untuk memulai menabung agar memiliki dana cadangan yang sewaktu-waktu dapat kamu tarik sewaktu dibutuhkan.

Kredit terkendali 

Kredit sangat membantu banyak hal, apalagi dalam kehidupan masyarakat yang serba modern. Ia dapat dipergunakan sebagai bagian penunjang untuk mengembangkan usaha, dapat juga sebagai bantuan ketika kondisi darurat. Tapi kamu harus ingat, jika setiap kredit memiliki bunga. Keterampilan mengatur keuangan sangat penting dibutuhkan di sini.

Memiliki usaha

Poin ini juga menjadi faktor penting dalam keuangan keluarga yang sehat. Karena ia merupakan sumber pemasukan lain selain gaji. Kamu dapat mencoba membuka usaha sampingan.

Dan itulah beberapa ciri kondisi keuangan keluarga yang sehat. Jadi sekarang kamu dapat menilai sendiri apakah kondisi keuangan keluarga kamu dapat dikatakan sehat atau tidak.[PN048]




Berikut Beberapa Makanan Khas Jogja, Murah dan Enak yang Bikin Kamu Selalu Kangen Jogja

PAMARTANUSANTARA.CO.ID | Yogyakarta, selain dikenal sebagai kota pelajar, Yogyakarta atau Jogja juga dikenal dengan kota kuliner. Dan berikut beberapa makanan khas Jogja yang murah dan enak yang bakal bikin kamu dan ketagihan untuk datang kembali ke Jogja. 

Bakpia Pathuk

Bakpia Pathuk sering di jadikan oleh-oleh karena rasanya enak dan gurih. Selain itu, makanan dengan bentuk bulat ini juga mempunyai banyak varian rasa, mulai dari kacang hijau, cokelat, durian, keju, red velvet hingga green tea.

Di Jogja sendiri, Bakpia Pathuk begitu mudah dicari, dan kamu tidak perlu khawatir jika ingin membeli oleh-oleh yang satu ini.

 Gudeg Kelengan

Makanan yang satu ini tidak kalah enak dari oleh-oleh lain. Pasalnya, Gudeg Kelengan diolah dari nangka muda dan dimasak dengan santan baru kemudian disajikan dengan sambal.

 Walang Goreng

Walang Goreng atau belalang yang digoreng ini begitu enak dan gurih. Walang goreng disini terjaga higienis dan protein nya, jadi kamu ga perlu khawatir dengan kesehatan dan kelengkapan gizi kamu.

 Keripik Welut

Dari namanya saja kamu pasti sudah tahu, jika keripik yang satu ini terbuat dari belut. Jenis keripik ini juga salah satu yang khas di Jogja, karena begitu mudah ditemui. Keripik ini juga memiliki rasa yang khas, yakni gurih, renyah, dan manis yang akan nempel di ingatan. 

Geplak

Geplak sangat pas untuk dijadikan makanan penutup atau sekedar dijadikan teman ngemil. Rasanya pun beragam, mulai dari jahe, stroberi, durian, dan banyak lagi varian rasa lain.

Tekstur dari geplak sendiri lembut dan sedikit kenyal. Dan yang paling memikat adalah warna. Terdapat banyak warna yang membuat kamu tertarik dengan geplak.

Dan itulah beberapa makanan khas Jogja yang murah dan enak yang akan membuat kamu ketagihan untuk datang kembali ke Jogja.[043]




Berikut Merupakan Tempat-Tempat Penghasil Cokelat Terlezat di Dunia, Pecinta Cokelat Wajib Coba

PAMARTANUSANTARA.CO.ID | Sejak dunia menemukan cokelat sekitar 1100 SM oleh orang-orang mesoamerika. Orang-orang di seluruh dunia pun mulai terpikat dengan makanan tersebut. Dan orang-orang di seluruh dunia mulai berinovasi menciptakan kreasi-kreasi unik dari bahan dasar cokelat.

Banyak tempat di seluruh dunia yang terkenal akan kelezatan coklatnya. Berikut ini adalah beberapa tempat yang dapat kamu kunjungi untuk mencoba coklat dan lezat tersebut.

San Francisco, California

Bagi para pecinta cokelat, kamu dapat mengunjungi salah satu produsen cokelat tertua di Amerika Serikat yang bernama Bay Area.  tempat tersebut terletak di San Francisco, California. kamu dapat menikmati kelezatan cokelat melalui toko-toko cokelat terbaik di tempat tersebut.

Oaxaca, Meksiko

Pembuat coklat pertama di dunia adalah mesoamerika kuno, dan Sejak saat itu, Meksiko terus memproduksi cokelat. Penduduk sekitar Oaxaca telah menjadikan cokelat sebagai bagian dari budaya. para pengunjung yang mengunjungi kota tersebut akan selalu ditawari cokelat ketika berjalan di kota tersebut.

Walau disini kau Ma terdapat produsen cokelat yang cukup besar, namun banyak coklat di Oaxaca dibuat dengan resep turun-temurun dari keluarga. Karena banyak orang yang membuat coklat Roma kamu akan dapat menemukan banyak orang menjajakan coklat buatan tangan di pasar di kota ini.

Barcelona, Spanyol

Sejak coklat dibawa  dari dunia baru ke Spanyol, sejak itu Barcelona telah menjadi pusat bagi para pecinta cokelat. Mereka patut bangga, karena mesin pembuat cokelat pertama dibangun di sana pada 1780. Di Barcelona juga terdapat museum yang didedikasikan untuk coklat.

Zurich, Swiss

Zurich merupakan jantung produksi cokelat. Dan orang-orang Swiss mengonsumsi cokelat lebih banyak dari negara manapun. Di negara tersebut, kamu dapat mencoba pengalaman unik, yakni Swiss Chocolate Train. Di sana, para tamu akan diajak berkeliling ke tempat pembuatannya. Kamu bisa saja mendapatkan cokelat dengan separuh harga Jika mendapati coklat dengan kemasan yang cacat.

Brussels, Belgia

Belgia merupakan surga bagi para pecinta coklat, setidaknya terdapat 12 pabrik coklat museum cokelat dan terdapat lebih dari 2100 toko cokelat. Diantara kota-kota di Belgia Brussel merupakan yang terbaik, karena Brussel juga dikenal sebagai ibukota coklat dunia.

Dan itulah beberapa tempat yang dapat kamu jadikan untuk berwisata cokelat.[042]




Pemerintah Targetkan Indonesia Jadi Pusat Kendaraan Listrik di ASEAN

Pemerintah Targetkan Indonesia Jadi Pusat Kendaraan Listrik di ASEAN
Pemerintah Targetkan Indonesia Jadi Pusat Kendaraan Listrik di ASEAN

JAKARTA, PAMARTANUSANTARA.CO.ID | Industri sepeda motor nasional saat ini telah berkembang dengan baik dan memberikan kontribusi yang cukup besar bagi perekonomian nasional melalui peningkatan ekspor, investasi dan penyerapan tenaga kerja. Bahkan, berdasarkan peta jalan Making Indonesia 4.0, industri otomotif merupkakan salah satu sektor manufaktur yang mendapat prioritas pengembangan dalam kesiapan memasuki era industri 4.0.

“Dalam roadmap pengembangan industri kendaraan bermotor, pemerintah Indonesia menargetkan produksi sepeda motor akan tumbuh sampai 10 juta unit pada tahun 2025, dengan target ekspor satu juta unit kendaraan per tahun di tahun 2025,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita pada pembukaan Indonesia International Motor Show (IIMS) Motobike Expo 2019 di Jakarta, Jumat (29/11).

Menperin Agus menyebutkan, dari sisi produksi dan penjualan sepeda motor nasional sejak tahun 2010 sampai 2018 telah mencapai rata-ata di atas 6,5 juta unit per tahun. Hal ini membawa dampak positif karena banyak industri komponen lokal yang turut tumbuh sejalan dengan peningkatan produksi tersebut.

“Dapat saya sampaikan, produksi sepeda motor periode Januari-Oktober 2019, tercatat sebanyak 6,2 juta unit, di mana penjualan domestik sebesar 5,5 juta unit dan ekspor sebesar 682 ribu unit,” ungkapnya. Adapun negara utama tujuan ekspor sepeda motor dari Indonesia, di antaranya ke Filipina, Thailand, Bangladesh, Kamboja, Malaysia, Vietnam, Jepang, Eropa Barat dan Amerika Latin.

Agus menambahkan, pemerintah juga mentargetkan sekitar 20 persen dari total produksi nasional atau sebanyak 2 juta unit pada tahun 2025 adalah sepeda motor listrik. Dari jumlah tersebut, diharapkan terjadi peningkata hingga tahun 2029. Sehingga, pada 2030 Indonesia diproyeksikan menjadi pusat kendaraan listrik di kawasan ASEAN

“Untuk merealisasikan target tersebut, kami secara agresif mengajak para produsen otomotif agar membuka kegiatan produksi di Indonesia. Pemerintah yakin bahwa Indonesia memiliki banyak keunggulan pada sektor otomotif, sehingga target pada tahun 2030 tersebut, bukan hal yang mustahil untuk dicapai,” tegas Menperin.

Pacu kendaraan listrik

Target peningkatan produksi kendaraan listrik di Tanah Air, telah didukung melalui penerbitan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai. Perpres No. 55/2019 mengamanatkan pengaturan penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) Berbasis Baterai termasuk sepeda motor listrik guna meningkatkan nilai tambah industri dalam negeri.

Untuk itu, pemerintah mengajak industri komponen dan pendukung otomotif bersama-sama menyiapkan diri untuk memasuki era kendaraan listrik maupun teknologi kendaraan ramah lingkungan lainnya melalui peningkatan sumber daya manusia dan manajemen industri, serta peningkatan penguasaan teknologi melalui aktivitas Reseach and Development (R&D) dan desain.

“Dengan adanya regulasi tersebut, percepatan program diatur secara rinci, mulai dari litbang, TKDN, sampai dengan insentif yang akan diberikan,” tuturnya. Tentunya hal itu menjadi peluang baru bagi industri manufaktur dan komponen dalam negeri untuk memulai aktivitas litbang dan desain kendaraan listrik serta komponen utama pendukungnya. Karena pada tahun 2025, pemerintah menargetkan 100% lokal konten pada produk otomotif Indonesia.

Sejalan dengan itu, pemerintah juga telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 2019, di mana salah satunya mengatur tentang super deduction tax bagi kegiatan riset, inovasi dan vokasi yang dapat diberikan pengurangan penghasilan bruto sampai 200%-300%.

“Ini suatu yang sangat luar biasa, mudah-mudahan para produsen bisa memanfaatkan dengan baik kebijakan dari pemerintah tersebut. Bagi principal yang belum ada kegiatan produksi di sini, saya kira ini adalah momentum yang tepat untuk melakukan invetasi di Indonesia,” terangnya.

Selain itu, Kementerian Perindustrian bekerja sama dengan New Energy and Industrial Technology Development Organization (NEDO) melakukan proyek demonstrasi dan studi bersama sepeda motor listrik dan mobile battery sharing di Kota Bandung dan Provinsi Bali sebagai salah satu langkah strategis dalam percepatan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia

“Dengan kegiatan-kegiatan seperti itu, pemerintah berharap meningkatnya masyarakat dalam menggunakan kendaraan listrik, baik itu roda empat maupun roda dua. Karena manfaat kendaraan listrik ramah lingkungan, dan mendukung upaya pemerintah menekan defisit neraca perdagangan,” sebutnya.

Pada kesempatan itu, Menperin memberikan apresiasi kepada PT. Dyandra Promosindo atas terselenggaranya IIMS Motobike Expo 2019, yang tidak hanya sekadar sebagai wadah bagi pemegang merek kendaraan roda dua dan aftermarket untuk berbagi informasi seputar produk dan inovasi terbaru mereka kepada para pencinta motor di Tanah Air, namun juga menjadi tempat yang tepat untuk mendorong masyarakat agar beralih ke green energy dengan salah beberapa program andalan antara lain Eco-Moving dan Electric Morning Ride.

“Semoga rangkaian kegiatan pemeran, presentasi produk, test drive, dan kegiatan atraktif lainnya dapat menjadi barometer baru pameran industri sepeda motor berskala internasional serta meningkatkan kegairahan industri sepeda motor listrik di tanah air,” tandasnya. (Tim)




Pabrik Karbon Hitam di Cilegon Bakal Tekan Impor Rp 1,5 Triliun

Pabrik Karbon Hitam di Cilegon Bakal Tekan Impor Rp 1,5 Triliun
Pabrik Karbon Hitam di Cilegon Bakal Tekan Impor Rp 1,5 Triliun

BANTEN, PAMARTANUSANTARA.CO.ID | Kementerian Perindustrian terus mendorong tumbuhnya industri yang menghasilkan produk substitusi impor. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk menarik investasi sektor tersebut, yang diharapkan bisa mengurangi defisit neraca perdagangan dan memacu pertumbuhan ekonomi nasional.

“Nah, ini yang sekarang dilakukan oleh Cabot, mereka akan menambah produksi black carbon yang diproduksi dari fase pertama perkembangan industrinya,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita pada Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pabrik PT. Cabot Asia Pacific South (PT CAPS) di Cilegon, Banten, Kamis (21/11).

Saat ini, PT. Cabot Indonesia (PT CI) merupakan satu-satunya produsen karbon hitam (carbon black) di dalam negeri, dengan total kapasitas produksi mencapai 90.000 ton per tahun. Korporasi ini akan menambah jumlah investasinya di Tanah Air sebesar Rp1,4 triliun guna mendongkrak produksi carbon black sebanyak 80.000-90.000 ton per tahun dan masterbatch sekitar 20.000 ton per tahun.

“Kami mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada PT. Cabot Indonesia yang akan membangun pabrik carbon black dan masterbatch di Indonesia. Kami memberi tantangan kepada Cabot Indonesia agar bisa operasional pada awal 2021,” ungkap Agus.

Menperin menyampaikan, kebutuhan serat karbon hitam di industri dalam negeri saat ini masih cukup banyak, yang 70 persen dipasok dari luar negeri. “Berdasarkan data yang kami terima, kebutuhan dari carbon black di dalam negeri sebesar 230 ribu ton per tahun. Dan, 70 persen dari kebutuhan tersebut dari berbagai macam negara, termasuk China dan India,” ucapnya.

Peningkatan kapasitas dari proyek ini, adalah menghasilkan carbon black lokal berkualitas tinggi yang akan digunakan untuk memenuhi permintaan konsumen Indonesia dan Asia Tenggara, yang meningkat sekitar 4-5 persen setiap tahunnya. Carbon black biasanya digunakan sebagai penguat pada produk ban dan produk karet lainnya. Selain itu, carbon black digunakan sebagai pigmen warna untuk plastik, cat dan tinta.

Menperin berharap, agar proses pembangunan pabrik PT CAPS dapat berjalan lancar. Sebab, dengan beroperasinya PT CAPS, Indonesia akan mampu melakukan substitusi impor carbon black sebesar 90.000 ton per tahun dengan nilai Rp1,5 triliun per tahun.

“Memang saat ini kami sedang mendorong industri yang menghasilkan substitusi impor, seperti yang dilakukan oleh Cabot. Selain itu, kami memacu industri yang berorientasi ekspor,” tegasnya. Agus juga mengimbau agar proyek ini mengutamakan pada penggunaan komponen dan tenaga kerja lokal.

Senior Vice President sekaligus President of Reinforcement Materials Cabot Corporation, Bart Kalkstein mengatakan, pihaknya berinvestasi sebesar USD100 juta untuk meningkatkan kapasitas produksi black carbon.

“Sebagai produsen carbon black terbesar di dunia, kami memiliki posisi khusus untuk memperluas langkah kami secara global untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumen di seluruh wilayah di dunia,” ungkapnya.

Bart menambahkan, perluasan fasilitas produksi di Cilegon ini merupakan bagian proyek peningkatan kapasitas dan debottlenecking global yang telah diumumkan pada Mei 2018. Peningkatan kapasitas ini memungkinkan Cabot untuk mendukung pertumbuhan industri ban dan karet, serta karbon khusus di seluruh dunia.

Cabot telah mencatatkan perkembangan yang signifikan dalam mencapai tujuan peningkatan kapasitas produksi carbon black secara global sebesar 300 ribu metrik ton, dan akan mencapai target setelah proses commissioning dari fasilitas produksi baru ini.

Industri kimia jadi prioritas

Pada kesempatan yang sama, Menperin Agus menyampaikan, selama ini sektor industri konsisten menjadi penggerak utama terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. “Sebab, sektor industri berperan penting dalam menciptakan nilai tambah, perolehan devisa dan penyerapan tenaga kerja yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Kemenperin mencatat, salah satu sektor manufaktur yang memberikan kontribusi cukup signifikan bagi perekonomian nasional, yakni industri bahan kimia dan barang dari bahan kimia. Sepanjang tahun 2018, sektor tersebut memberikan kontribusi hingga Rp166,89 triliun, dan pada triwulan II-2019 sebesar Rp63,88 triliun.

Sepanjang tahun lalu, nilai ekspor industri kimia menyentuh di angka USD8,79 miliar dengan total investasi mencapai Rp. 26,2 triliun. “Industri kimia merupakan satu dari lima sektor yang sedang mendapat prioritas pengembangan, sesuai peta jalan Making Indonesia 4.0,” ujar Menperin.

Menperin menyebutkan, dalam upaya menggenjot daya saing industri nasional, pemerintah telah melakukan sejumlah langkah strategis, antara lain memfasilitasi pemberian insentif fiskal seperti tax allowance, tax holiday, dan super deduction tax.

“Selain itu, melakukan upaya pengendalian impor dan pengamanan pasar dalam negeri, optimalisasi pemanfaatan pasar dalam negeri dan pasar ekspor, serta Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN),” ungkapnya.

Pemerintah juga telah berkomitmen untuk membangun industri manufaktur yang berdaya saing global melalui percepatan implementasi industri 4.0. “Dalam upaya mendukung pelaksanaan Making Indonesia 4.0, pemerintah tengah mengupayakan penguatan SDM melalui program vokasi industri. Hal ini sangat penting guna memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang terampil dan kompeten sesuai kebutuhan industri,” tandasnya. (Tim)




Dua Industri Top Korsel Minat Investasi di Indonesia

Dua Industri Top Korsel Minat Investasi di Indonesia
Dua Industri Top Korsel Minat Investasi di Indonesia

JAKARTA, PAMARTANUSANTARA.CO.ID | Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong peningkatan investasi dari Korea Selatan, terutama di sektor industri yang menjadi prioritas dalam peta jalan Making Indonesia 4.0. Upaya ini juga dilakukan untuk memperdalam struktur industri di dalam negeri, sebab Korsel memiliki sejumlah korporasi yang telah berperan dalam rantai pasok global.

“Salah satu perusahaan dari Korsel, yakni LG Chemical, telah menyampaikan minatnya untuk berinvestasi membangun pabrik baterai terintegrasi di Indonesia, yang meliputi pabrik baterai sel, baterai modul, hingga fasilitas daur ulang baterai,” Kata Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Kamis (21/11).

Pada Selasa (19/11), Menperin Agus bersama jajaran melakukan one on one meeting dengan direksi LG Chemical. Dari hasil pertemuan tersebut, LG Chemical berkomitmen menanamkan investasinya senilai USD2,3 miliar. “LG ingin melakukan investasi di ASEAN. Indonesia merupakan salah satu yang menjadi fokus,” ungkap Agus.

Menurut Menperin, LG Chemical sudah melakukan kajian-kajian awal agar investasinya di Indonesia dapat sukses dan sesuai rencana. Korporasi raksasa asal Negeri Ginseng itu juga menyampaikan keinginannya untuk melakukan studi terkait penggunaan baterai listrik pada sepeda motor dalam mendukung penggunaan kendaraan ramah lingkungan di Indonesia.

“LG berniat untuk melakukan penelitian dan mendukung studi, melakukan kajian-kajian untuk kendaraan, terutama sepeda motor listrik,” paparnya.

Agus pun mengungkapkan, pihaknya menyambut baik rencana LG tersebut dan menyarankan untuk memilih Surabaya, Jawa Timur sebagai wilayah yang akan diuji coba dengan penggunakan motor berbaterai besutan LG Chemical.

“Surabaya sangat ingin untuk mendukung lingkungan yang sehat. Ini merupakan satu kesatuan yang diharapkan sesuai dengan harapan LG dan Indonesia, yang sama-sama saling menguntungkan,” ujarnya.

Substitusi Impor

Menperin menambahkan, Kemenperin juga terus berupaya melakukan penjajakan peluang investasi sektor industri dari perusahaan-perusahan top di Korsel yang belum memiliki kegiatan produksi di Indonesia, terutama yang berkaitan dengan substitusi produk impor. Salah satu yang telah dijajaki adalah SK Group.

“SK Group sangat antusias berinvestasi di Tanah Air, pada sektor industri. Mereka akan mengirimkan timnya untuk fokus menentukan industri mana yang akan mereka pilih dan mencari mitra di dalam negeri untuk bekerja sama membangun industri,” tuturnya.

Menperin berharap, SK Group bisa mengembangkan industri petrokimia di Indonesia Tanah Air. Hal ini bertujuan agar menekan impor produk petrokimia yang dibutuhkan untuk bahan baku industri di dalam negeri. “Untuk itu, mereka sedang mempelajari kemungkinan untuk menanamkan modalnya di Tanah Air,” terangnya.

Saat ini, SK Group bergerak pada tiga kelompok bisnis, yakni energi dan kimia (45%), komunikasi dan teknologi informasi(ICT) dan semi konduktor (37%), serta jasa dan logistik (18%).

“Kami mengejar investasi sektor petrokimia sebagai upaya mensubstitusi produk impor untuk kebutuhan dalam negeri,” tegasnya. Hampir 6 juta ton kebutuhan bahan baku petrokimia diserap pasar dalam negeri, sementara pasokan produksi dari domestik hanya sanggup memenuhi 2 juta ton. (Tim)