oleh

Manggala Agni Daops Labuhanbatu Giat Melakukan Sosialisasi Pengendalian Kebakaran Hutan Dan Lahan

LABUHANBATU, PAMARTANUSANTARA.CO.ID | Kebakaran hutan dan lahan yang hampir tiap tahun terjadi merupakan salah satu ancaman terhadap kelestarian hutan di Indonesia. Dari banyak kasus yang terjadi, faktor manusia menjadi penyebab utama dibandingkan dengan faktor alam, sehingga mengakibatkan kerusakan lingkungan yang menimbulkan efek kerugian ekologi, ekonomi, sosial budaya dan politik.

Pengendalian kebakaran hutan dan lahan merupakan salah satu upaya dalam pelestarian alam yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor : P.32/ MenLHK/ Setjen/Kum.1/2/2016 tentang Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan.

“Fase terpenting adalah melakukan pencegahan kebakaran hutan dan lahan yang merupakan semua usaha, tindakan atau kegiatan yang dilakukan untuk mencegah atau mengurangi kemungkinan terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Sebagaimana himbauan yang selalu disampaikan oleh Manggala Agni “Mari Bersama Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan,” Kata M. Idris Nasution saat melakukan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Kecamatan Panai Tengah dan Panai Hilir, Kabupaten Labuhanbatu, Jumat (9/11). Dimana dua kecamatan tersebut merupakan wilayah rawan tertinggi kebakaran hutan dan lahan pada 2018 lalu.

Baca juga:  Bupati Labuhanbatu Suhaimi Ajak Pemuda dan Mahasiswa serta Pengusaha Berinovasi

“Tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan informasi tentang pengendalian kebakaran hutan dan lahan serta mengajak peserta untuk saling menjaga dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan dan diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat meminimalisir terjadinya kebakaran hutan dan lahan serta mempercepat proses pemadaman bila terjadi kebakaran,” Dijelaskan M. Idris Nasution.

Personil Manggala Agni yang turut dalam kegiatan sosialisasi pencegahan ini, yaitu Koordinator Bidang Pemadaman, Koodinator Bidang Pencegahan dan Deteksi Dini, Koordinator Wilayah dan Kesekretariatan Manggala Agni Daops Labuhan Batu.

Dan kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Panai Tengah dengan pelaksana Camat Panai Tengah, Sekcam Panai Tengah, Kapolsek Panai Tengah, Danramil Labuhan Bilik dan Personil, juga dihadiri peserta dar PT. CSM, PT. PAL, PT. HPP, BPBD Panai Tengah, tokoh masyarakat dan aparat desa se Kecamatan Panai Tengah.

Baca juga:  Selamat Kepada Tommy Gunawan Atas Pelantikan Pengurus BPL HMI Cabang Labuhanbatu Raya

Sedangkan kegiatan sosialisasi di Kecamatan Panai Hilir dilaksanakan di Aula Kantor Camat Panai Hilir dengan pelaksana Camat Panai Hilir, Sekcam Panai Hilir, Kapolsek Panai Hilir, Danramil Sei Berombang, dan dihadiri Peserta dari tokoh masyarakat dan aparat desa se Kecamatan Panai Hilir.

Seluruh peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut, dan berharap adanya tindak lanjut dalam pencegahan dan penanganan karhutlah, baik dalam kegiatan sosialisasi, juga Pembentukan Masyarakat Peduli Api (MPA), Kelompok Tani Peduli Api (KTPA) disekitar perusahaan dan tindak lanjut penegakan hukum dalam setiap kejadian karhutlah serta pihak kecamatan sangat berharap kepada TNI, Polri dan Manggala Agni agar serius dalam penegakan hukum kepada pelaku karhutlah agar kebakaran hutan dan lahan tidak terjadi lagi. (Imom Suhendra Srg)

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed