oleh

Lingkungan Tercemar, IMNA Labura Lakukan Aksi Didepan PT MAS

image_pdfUnduh PDF
Lingkungan Tercemar, IMNA Labura Lakukan Aksi Didepan PT MAS
Lingkungan Tercemar, IMNA Labura Lakukan Aksi Didepan PT MAS

LABURA, PAMARTANUSANTARA.CO.ID | Ikatan Mahasiswa Kecamatan NA IX-X (IMNA) Labura, melaksanakan Aksi Unjuk Rasa Save Lingkungan, pada Selasa, (01/09/20), siang. Aksi tersebut dilakukan berdasarkan atas kegelisahan bersama terkait dugaan pencemaran polusi udara dan sungai yang meresahkan masyarakat.

Dugaan pencemaran lingkungan hidup yang dilakukan oleh PT MAS melalui corong asap pabrik yang setiap hari memproduksi minyak kelapa sawit sehingga mengakibatkan asap pabrik yang tak jarang menutupi daya pandang dan penglihatan masyarakat yang ada disekitar pabrik.

Ketua Ikatan Mahasiswa Na IX-X, Amin Siregar menjelaskan, bahwa pihak perusahaan harus segera menghentikan aktivitas perusahaan jika dugaan pencemaran lingkungan hidup itu masih terus berlangsung.

“Kami meminta agar Pimpinan PT MAS menyampaikan informasi terbuka terkait dugaan pencemaran lingkungan udara dan air yang dilakukan oleh perusahaan”.

Baca juga:  Dukung Pemasaran Produk Kerajinan Lokal, Pemprov Sumut Akan Sediakan Toko Daring Dekranasda

Amin Siregar meminta, Pimpinan PT MAS dapat segera menghentikan aktifitas yang kami duga telah mencemari lingkungan yang dilakukan oleh perusahaan dengan cara transparan dan memberikan laporan prosesnya kepada masyarakat. Memberikan tanggung jawab sosial terhadap masyarakat yang terdampak dugaan pencemaran lingkungan, ujar Amin.

Amin Siregar juga mengatakan bahwa, Masyarakat sudah banyak yang mengeluh dan menyampaikan aspirasi nya kepada mahasiswa. dan atas dasar keresahan inilah kami tergerak untuk melangkah menyampaikan aspirasi masyarakat. Harusnya suara ini bisa di wakili oleh Anggota DPRD yang terpilih dari dapil Kecamatan Na IX-X dan Aek Natas. Tapi nyatanya hari ini, tak ada anggota DPRD yang merespon permasalahan ini. dan pejabat eksekutif juga sudah terbiasa abai atas aktivitas pencemaran lingkungan yang terjadi di Labuhanbatu Utara hari ini. Jadi kita tidak bisa berharap banyak, Ucapnya kesal.

Baca juga:  Kepala Puskesmas Diduga Terjaring OTT di Dinkes Labusel, Beginilah Keterangan Polres Labuhanbatu

Massa aksi IMNA melakukan longmarch dari Taman Aek Kota Batu menuju PT. Mutiaranusa Agro Sejahtera (MAS). Massa aksi juga turut memakai masker pada saat aksi untuk mematuhi protokol kesehatan.

Sesampainya di depan portal PT. MAS, massa aksi melakukan orasi secara bergantian. Perwakilan pimpinan perusahaan menemui massa aksi dan mengatakan bahwa mereka bersedia menerima perwakilan dari massa aksi masuk ke dalam untuk menyuarakan tuntutan. Tentu mahasiswa tidak menginginkan hal itu, dan mendesak agar seluruh massa aksi  dapat masuk ke dalam dan menyampaikan tuntutan secara bersamaan. “Jika diterima masuk ke dalam, kami mau masuk seluruhnya,” teriak massa aksi.

Setelah itu, massa aksi yang kecewa menyanyikan lagu perlawanan mahasiswa darah juang, serta pengucapan Sumpah Mahasiswa, hingga meramaikan aksi unjuk rasa.

Baca juga:  Camat Panai Hulu Sambangi Pembangunan Bedah Rumah Bantuan Pemkab Labuhanbatu

Ali Sofyan Syarif Ritonga selaku Koordinator aksi menyampaiakan orasinya, dirinya meminta agar Pimpinan PT. MAS menyampaikan informasi terbuka terkait dugaan pencemaran lingkungan udara dan air yang dilakukan oleh perusahaan.

Dirinya juga meminta agara Pimpinan PT. MAS dapat segera menghentikan aktifitas yang kami duga telah mencemari lingkungan yang dilakukan oleh perusahaan dengan cara transparan dan memberikan laporan prosesnya kepada masyarakat.

Mereka berharap pimpinan PT. MAS memberikan tanggung jawab sosial terhadap masyarakat terdampak dugaan pencemaran lingkungan.

Aksi unjukrasa tersebut berlangsung atas dasar keresahan yang dirasakan oleh warga, sudah sejak lama sehingga momentum banyaknya mahasiswa yang lagi di kampung halaman diambil untuk menjadi perwakilan suara keresahan masyarakat. (Akmal Sagala)

Komentar Sahabat Pamarta

Lingkungan Tercemar, IMNA Labura Lakukan Aksi Didepan PT MAS
Lingkungan Tercemar, IMNA Labura Lakukan Aksi Didepan PT MAS
Lingkungan Tercemar, IMNA Labura Lakukan Aksi Didepan PT MAS
Lingkungan Tercemar, IMNA Labura Lakukan Aksi Didepan PT MAS
Lingkungan Tercemar, IMNA Labura Lakukan Aksi Didepan PT MAS
image_pdfUnduh PDF

Komentar

komentar

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Avatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed