oleh

Lebaran, TPU Aek Torop Timur Dipadati Peziarah

Torgamba, Pamarta Nusantara-Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Aek Torop Timur, Desa Asam Jawa, KecamatanTorgamba, Kabupaten Labuhanbatu Selatan, dipadati oleh pejiarah usai melaksanakan sholat Idul Fitri 1439 Hijriah, Jumat (15/6/2018).

Masyarakat memadati TPU sejak pagi hari. Mereka datang bersama keluarga, bertepatan TPU tersebut berdekatan dengan Masjid Nurul Ikhlas sekitar 50 m (lima puluh meter). Hal ini dilakukan masyarakat sudah menjadi tradisi.

“Sudah kebiasaan di kampung ini, selesai mengerjakan sholat Ied langsung jiarah ke TPU. Kemungkinan dilakukan warga karena jaraknya begitu dekat dengan Masjid ini,” ujar salah seorang imam di Masjid Nurul Ikhlas.

Menurutnya, sesuai sunnah rasul kita diperbolehkan jiarah sebagai bakti kita kepada yang sudah meninggal dan juga sebagai ikhtibar.

Baca juga:  Prestasi, Utusan Pemkab Labusel Raih Juara Festival Seni Qasidah

“Hal ini diperbolehkan sesuai sunnah rasul dan iktibar bagi kita bahwa kita akan bakal menyusul kelak. Hanya kita tidak diperbolehkan menangis dan meratap diatas kubur,” tuturnya.

Terpantau, puluhan pejiarah saling bergantian memasuki pemakaman untuk berjiarah dengan membawa keluarga mereka masing-masing. Pihak juru kunci pun sudah menyediakan surah Yasin. (301)

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed