oleh

KPUD Labusel Laksanakan Verifikasi Terhadap Ratusan Bacaleg

KPUD Labusel Laksanakan Verifikasi Terhadap Ratusan Bacaleg
KPUD Labusel Laksanakan Verifikasi Terhadap Ratusan Bacaleg


LABUSEL, PAMARTANUSANTARA.co.id |
Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Labuhanbatu Selatan pada hari ini Senin, (6/8) melakukan verifikasi berkas pada peserta Bakal Calon Legeslatif (Bacaleg). Sebanyak 450 orang Bacaleg akan bertarung pada pemilihan Legeslatif 2019, Diketahui, selama ini KPUD Kab. Labusel sudah mencantum 16 Partai Politik yang siap berkompetisi pada Bulan Afril 2019 yang akan datang.

Salah satu Komisioner KPUD Labusel Rustam Efendi Pasaribu SH ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa saat ini dari 16 Parpol yang terdaftar ada yang tidak mencalegkan seseorang dari partainya.

“Ada satu Parpol yang tidak ada sama sekali calegnya, yakni, dari Partai Garuda, sedangkan dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) hanya satu Caleg Dapil yang terdaftar itupun 2 laki-laki dan 1 wanita,” jelas Rustam Effendi, Senin, (6/8) di Kotapinang.

Baca juga:  Wabup Tapsel : DKP Berikan Gerak Dan Perubahan Untuk Kesejahteraan Masyarakat

Rustam juga menambahkan bahwa verifikasi tersebut diLakukan sejak hari ini, Senin (6/8) sampai besok, Selasa (7/8). “Verifikasi ini kita lakukan mengecek keberadaan Bacaleg dan menyesuaikannya dengan yang ada di berkas yang didapat dari Pengadilan Negeri,” ucapnya.

“Karena ada 3 macam Bacaleg yang kita tolak, yakni Bacaleg eks narapidana kasus korupsi, kasus narkoba dan kasus seksual terhadap anak dibawah umur,” terang Rustam Effendi Pasaribu.

Dikatakan Rustam, setelah selesainya verifikasi, tim KPU rencananya akan melakukan sosialisasi tentang Caleg yang bermasalah menyangkut hukum dan KPU nantinya akan meminta bantuan pada masyarakat agar melihat daftar nama Caleg di masing-masing Dapil.
“Apa bila ada yang memberikan masukan pada kami, dan apa bila benar Bacaleg tersebut pernah terjerat hukum maupun undang-undang, akan kita coret Bacaleg tersebut,” kata Rustam.

Baca juga:  Ormas Islam Melepas Kepergian Kapolres Labuhanbatu Frido Situmorang

“Dalam pendaftaran Caleg keberadaan perempuan harus 30 persen, Contohnya dari Partai PSI yang mencaleg 2 laki-laki dan 1 perempuan itu disyahkan, kemudian misalnya ada Parpol hanya mendaftarkan Calegnya 1 orang saja di Dapilnya, yakni 1 orang laki-laki itu tidak syah atau akan kita coret. Namun jika ada Partai yang Calegnya 1 orang laki-laki dan 1 orang perempuan maka itu sudah syah, karena hal ini mengacu kepada Undang-undang PKPU No. 7/2017,” jelas Rustam lagi.

Rustam juga memaparkan, bahwa masih banyak juga Parpol yang tidak dapat memenuhi syarat untuk Dapilnya. “Seharusnya, sesua Parpol yang ada di Kab. Labusel lebih 5 orang Bacalegnya,” tutup Komisioner KPU Kab. Labusel tersebut dikantornya. (MH)

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed