oleh

KPU Paluta Gelar Simulasi Pemungutan Suara 

Paluta, Pamarta Nusantara-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) menggelar simulasi pemungutan suara untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Paluta Tahun 2018 dengan satu pasangan calon di TPS 3 Desa Aek Haruaya, Kecamatan Portibi, Selasa (12/6/2018).

Proses simulasi berlangsung aman dan tertib hingga pukul 13.00. Selanjutnya dilakukan simulasi penghitungan suara.”Simulasi ini dilakukan di TPS 3 Desa Aek Haruaya. Pemilih dalam simulasi ini adalah seluruh pemilih yang terdaftar di dalam DPT TPS setempat,” kata Ketua KPU Paluta Rahmat Hidayat melalui Divisi SDM didampingi Parmas Herisal Lubis, SH.

Herisal juga mengatakan, simulasi dilakukan untuk memberikan gambaran kepada para KPPS dalam menghadapi Pilkada Serentak, 27 Juni 2018.”Kita ingin memberikan gambaran secara riil kepada para Petugas KPPS  bagaimana situasi di TPS, agar saat hari pelaksanaan mereka bisa menjalankan tugas dengan baik,” ujarnya.

Baca juga:  YP Kihajar Dewantara Kotapinang Peringati Hardiknas dan HUTnya Ke 33

Herisal menambahkan dalam simulasi tersebut dijabarkan berbagai macam masalah yang bisa saja terjadi, mulai dari pencoblosan hingga penghitungan suara. Misalnya saja pemilih yang tidak terdaftar DPT tetapi memiliki KTP, pemilih yang datang pas pencoblosan sudah ditutup dan berbagai persoalan lainnya.

Melalui simulasi ini, pihak KPU Paluta berharap masyarakat tahu seperti apa proses Pilkada 2018 nantinya di Paluta karena simulasi ini dibuat selain bahan pembelajaran bagi masyarakat dan petugas KPPS juga sebagai salah satu ikhtiar KPU Paluta dalam mensosialisasikan ‘Coblos Kolom Berisi Foto Pasangan Calon Sah, Coblos Kolom Kosong juga Sah’. (GNP)

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed