oleh

KPU Kota Bandung Tetapkan Pilwakot

BANDUNG, PAMARTANUSANTARA.co.id | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar) resmi menetapkan pasangan Oded M Danial-Yana Mulyana sebagai pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung Terpilih 2018-2023. Penetapan tersebut sesuai dengan Peraturan KPU yang terkait hasil rekapitulasi penghitungan suara Pilwalkot Bandung 2018.

Ketua KPU Kota Bandung Rifqi Alimubaroq mengatakan, ditentukan oleh Oded-Yana Berdasarkan Artikel Konstitusi (MK). Dalam pembuatannya Kota Bandung merupakan salah satu daerah yang tidak ada sengketa pilkada. KPU wajib mengumumkan dan menetapkan kepada mereka.

“Maksimal penetapan itu hari ini dan sekarang kami tetapkan dengan Oded-Yana menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung Terpilih dalam UU Pilkada di MK,” kata Rifqi usai pleno rapat penetapan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung Terpilih periode 2018 -2023 di Hotel Horizon, Rabu (25/7/2018).

Baca juga:  Peringati Harkitnas, Korpri labuhanbatu Santuni Purna Tugas PNS

Rifqi menjelaskan, setelah KPU Kota Bandung menetapkan dan mengumumkan untuk terpilih, selanjutnya DPRD Kota Bandung mengadakan rapat paripurna untuk mengumumkan surat keputusan (SK) KPU. Kemudian, DPRD Kota Bandung menyediakan administrasi dan pengiriman ke negara lain.

“Pelantikan rencananya akan dilakukan pada 20 September oleh gubernur Jabar. Pasangan Oded-Yana menjadi pemenang Pilwalkot Bandung 2018 dengan meraih 50,10 persen atau 634.682 dari total suara sah tingkat Kota Bandung,” ujar Rifqi.

Rapat tersebut dihadiri Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Kota Bandung, Ketua dan Anggota KPU Kota Bandung beserta jajarannya, Ketua Panwas Kota Bandung, Kapolrestabes Bandung Kombes Hendro Pandowo, dan pimpinan partai politik tingkat Kota Bandung, dan Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Bandung.

Baca juga:  Diminta Kinerja PUD Tapanuli Selatan Segera Diaudit, Pembangunan Jalan Sitinjak Terkesan Asal Jadi

“Kami ucapkan selamat untuk Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Terpilih, semoga dapat mengemban amanah yang didapat”, kata Rifqi.

Calon Wakil Wali Kota Terpilih H. Yana Mulyana menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada masyarakat Kota Bandung yang telah menggunakan hak pilihnya hingga mencapai angka partisipasi 76%.

Selain itu, dalam prakatanya ia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bekerjasama dan bersatu untuk membangun Kota Bandung bersama dalam masa kepemimpinannya.

“Rempug jukung sauyunan. Persaingan dalam Pilwalkot Bandung ini adalah masa lalu, namun semangat bersatu akan terus dijunjung untuk melanjutkan Bandung juara,” ujarnya. (H. Parapat)

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed