oleh

Kondisi Keuangan Keluarga yang Sehat Dapat Diketahui dari Ciri Berikut

PAMARTANUSANTARA.CO.ID | Sangat penting mengetahui posisi keuangan keluarga atau literasi keuangan. Hal tersebut dapat menjadi pertimbangan bagi kamu melakukan evaluasi kedepan.

Untuk itu, yang perlu kamu lakukan adalah memahami hal-hal dasar dalam keuangan. Kamu harus melek finansial dan dan jangan mudah untuk menilai kondisi keuangan kamu dikategorikan sebagai sehat atau tidak sehat.

Dan inilah beberapa ciri mengetahui kondisi keuangan keluarga yang sehat.

Menguasai arus keuangan

Kamu harus mengetahui berapa pengeluaran bulan lalu. Selain itu, kamu harus mengerti berapa uang yang keluar dan dibelanjakan kemana saja uang tersebut. Pastikan untuk memulai disiplin dalam mencatat setiap pengeluaran keluarga kamu.

Investasi hingga asuransi

Investasi dan asuransi merupakan hal yang sangat penting. Pikirkan untuk memulai investasi jangka panjang mulai hari ini. nantinya itu akan berguna untuk biaya pendidikan anak, pernikahan anak, jalan-jalan bersama keluarga, merenovasi rumah, dan hal-hal yang tak terduga yang bisa saja datang.

Baca juga:  Dinas Perizinan Kabupaten Asahan Siap Terapkan Tandatangan Digital

Memiliki dana cadangan

Kamu harus juga memiliki dana cadangan apabila sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dana cadangan ini bisa berupa cash atau juga tersimpan di bank. Jika belum punya, kamu dapat mempertimbangkan untuk memulai menabung agar memiliki dana cadangan yang sewaktu-waktu dapat kamu tarik sewaktu dibutuhkan.

Kredit terkendali 

Kredit sangat membantu banyak hal, apalagi dalam kehidupan masyarakat yang serba modern. Ia dapat dipergunakan sebagai bagian penunjang untuk mengembangkan usaha, dapat juga sebagai bantuan ketika kondisi darurat. Tapi kamu harus ingat, jika setiap kredit memiliki bunga. Keterampilan mengatur keuangan sangat penting dibutuhkan di sini.

Memiliki usaha

Poin ini juga menjadi faktor penting dalam keuangan keluarga yang sehat. Karena ia merupakan sumber pemasukan lain selain gaji. Kamu dapat mencoba membuka usaha sampingan.

Baca juga:  Kemenperin Targetkan 10.000 IKM Bisa Go Digital

Dan itulah beberapa ciri kondisi keuangan keluarga yang sehat. Jadi sekarang kamu dapat menilai sendiri apakah kondisi keuangan keluarga kamu dapat dikatakan sehat atau tidak.[PN048]

Komentar Sahabat Pamarta

Kondisi Keuangan Keluarga yang Sehat Dapat Diketahui dari Ciri Berikut
image_pdfUnduh PDFimage_printCetak

Komentar

komentar

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed