oleh

Keutamaan Bulan Sya’ban

Oleh : Arni Wahyu Ningsih, S.Pd. Keutamaan Bulan Sya’ban

PAMARTANUSANTARA.CO.ID | Mendekati bulan Ramadhan, tentunya kita tidak lupa dengan bulan Sya’ban ya bunda-bunda, yuk kita bahas apakah itu bulan Sya’ban dan apa keutamaannya.

Nah, saya jelaskan ya bunda/moms!

Bulan Sya’ban adalah bulan yang terletak setelah bulan Rajab dan sebelum bulan Ramadhan. Bulan ini memiliki banyak keutamaan, ada juga ibadah-ibadah yang dilakukan Rasulullah SAW, Rasulullah SAW memperbanyak dengan berpuasa, dalam persiapan menyambut bulan Ramadhan yang seluruh umat Islam melaksanakannya.

Bulan Sya’ban, bulan kedelapan dalam kalender Hijriyah ini mendapat kedudukan begitu tinggi dalam Islam, meski tidak termasuk bulan-bulan haram. Bahkan, Rasulullah Muhammad SAW sampai berpesan agar umat Islam jangan sampai melewatkan Sya’ban begitu saja.

Baca juga:  Bupati Asahan Apresiasi Dzikir Akbar dan Pengukuhan Majelis Dzikir Al-Azka

Rasulullah SAW sampai menekankan pentingnya umat Islam memperhatikan Sya’ban. Bulan ini kerap terlewat dari perhatian karena posisinya berada di antara dua bulan mulia, Rajab dan Ramadan.

Dalam hadis riwayat Abu Dawud dan Nasai, Rasulullah Muhammad SAW bersabda, yang artinya: “Bulan Sya’ban adalah bulan yang biasa dilupakan orang, karena letaknya antara bulan Rajab dengan bulan Ramadan. Bulan Sya’ban adalah bulan diangkatnya amal-amalan. Karenanya, aku menginginkan pada saat diangkatnya amalku, aku dalam keadaan sedang berpuasa.”

Hadist diatas menunjukkan Sya’ban merupakan bulan diangkatnya amal manusia. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan seorang Muslim mengisi Sya’ban dengan amalan-amalan mulia.

Pada bulan ini, Allah menurunkan segala kebaikan berupa syafa’at (pertolongan), maghfiroh (ampunan), serta pembebasan dari api neraka. Sehingga, umat Islam sebisa mungkin tidak melewatkan Sya’ban dengan aktivitas yang biasa saja.

Baca juga:  Dinas Pertanian Asahan Sosialisasikan Tentang Program Pemerintah Terkait di Perkebunan

Rasulullah SAW juga menyatakan dalam sebuah hadits sebagaimana diriwayatkan oleh Ad-Dailami, Imam ‘Asakir, dan Al-Baihaqy berikut:

‎خَمْسُ لَيَالٍ لَا تُرَدُّ فِيْهِنَّ الدَّعْوَةُ أَوَّلُ لَيْلَةٍ مِنْ رَجَبَ وَلَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ وَلَيْلَةُ الجُمْعَةِ وَلَيْلَتَيِ العِيْدَيْنِ

Artinya, “Ada 5 malam di mana doa tidak tertolak pada malam-malam tersebut, yaitu malam pertama bulan Rajab, malam Nisfu Sya‘ban, malam Jumat, malam Idul Fitri, dan malam Idul Adha.

Demikian saya tuliskan tentang bulan Sya’ban dan keutamaannya, mudah-mudahan kita bisa mengoptimalkan latihan kita di bulan Sya’ban untuk bisa memaksimalkan ibadah kita di bulan Ramadhan. Aamin.

Semoga bermanfaat!!!

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed