oleh

Ketua TP PKK Kabupaten Buka Gebyar IVA Test Tingkat Kecamatan Angsel

Ketua TP PKK Kabupaten Buka Gebyar IVA Test Tingkat Kecamatan Angsel

TAPSEL, PAMARTANUSANTARA.CO.ID | Ketua TP PKK Kabupaten Tapanuli Selatan Ny. Syaufia Lina Syahrul M Pasaribu membuka acara Gebyar IVA Test Tingkat Kecamatan Angkola Selatan yang berlangsung di halaman Kantor Camat Kecamatan Angkola Selatan, Rabu (17/7).

Gebyar IVA Test tersebut berlangsung meriah diikuti oleh seluruh Ketua PKK Desa/Lurah dan perwakilan masyarakat seluruh Desa/Kelurahan di Kecamatan Angkola Selatan.

Dikatakan Syaufia, Kanker serviks merupakan pembunuh utama bagi kaum perempuan, sementara perempuan merupakan penopang pembangunan nasional.

Untuk itu sangat diperlukan deteksi dini kanker leher rahim dengan diadakannya Gebyar IVA Test. “IVA Test merupakan cara deteksi dini kanker leher rahim. Disamping biayanya murah hasilnya juga cepat tidak perlu periksa ke laboratorium,” ujarnya.

Baca juga:  47 Orang Ikuti Operasi Mata Katarak di RSUD Rantau Prapat

Syaufia juga mengucapkan terima kasih kepada Camat Angkola Selatan, tim dari Dinas Kesehatan, Puskesmas, PT ANJ, dan seluruh bidan yang ada di desa yang secara terus-menerus mensosialisasikan IVA test, agar nantinya lebih dini mengetahui kesehatan.

Kadis Kesehatan Tapsel, dr. Sri Khairunnisa, yang juga hadir dalam gebyar IVA Test mengapresiasi Camat beserta jajarannya atas respon yang sangat luar biasa atas terlaksananya gebyar IVA Test tersebut. Sri juga tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada para suami karena telah mengizinkan istrinya melaksanakan IVA Test ini.

Dr. Sri juga meyakinkan kepada seluruh ibu-ibu yang bersedia dilakukan pemeriksaan IVA adalah demi kesehatan para ibu-ibu sendiri untuk deteksi gejala awal kanker mulut rahim, sebab jangan sampai sudah stadium lanjut baru dilakukan pengobatan sehingga penangannya cukup berat untuk disembuhkan.

Baca juga:  Wagub Sumut Harapkan Media Berperan Tingkatkan Keterwakilan Perempuan

Camat Angkola Selatan, Dody Kurniawan mengucapkan terimakasih kepada seluruh kader dan masyarakat yang telah hadir untuk melakukan pemeriksaan IVA Test.

“Harapan saya dengan dilakukannya pemeriksaan IVA Test ini juga bisa mensosialisasikan kepada ibu-ibu lainnya sehingga seluruh ibu-ibu di Angkola Selatan terbebas dari kanker serviks,” ujarnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua TP PKK Tapsel Ny. Nurlian Aswin Siregar, Kadis Kesehatan dr Sri Khairunnisa, Ketua MUI Kec. Angkola Selatan Sardani Sihombing, Danramil, Kapolpos, Kepala Puskesmas Simarpinggan, Lurah, Kepala Desa, Bidan Desa dan Tokoh Masyarakat Angkola Selatan. (C’jamS/Martin Gabe)

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed