oleh

Kesadaran Memakai Helm di Labuhanbatu Selatan Masih Minim

Labuhanbatu Selatan, Pamarta Nusantara-Tingkat kesadaran masyarakat memakai helm (pelindung kepala) saat berkendaraan masih sangat minim. Padahal Polisi Lalu Lintas terus lakukan himbauan kepada pengendara kereta (red-sepeda motor) agar menggunakan helm saat berkendaraan.

Tapi kenyataannya hal tersebut belum bisa menumbuhkan kesadaran bagi pengendara kendaraan roda dua.

Kesadaran bagi pengendara untuk memakai helm sangat penting, karena untuk keselamatan di perjalanan. karena Kecelakaan yang terjadi kebanyakan cidera pada kepala yang menyebabkan korban meninggal sebelum sampai di rumah sakit.

Pantauan Pamarta Nusantara di lapangan Selasa (15/05), tepatnya di Jl. Jendral Sudirman Kotapinang mulai dari pagi hari hingga malam hari masih banyak pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm.” Himbauan yang sering dilakukan polisi tetap tidak dihiraukan oleh para pengguna jalan,” kata Triana Harahap (32) warga Kotapinang.

Baca juga:  PCNU Sumedang: Tumpas Aksi Terorisme dan Radikalisme

Terkait masih tingginya tren jumlah kecelakaan lalu lintas, ia menjelaskan, salah satu pemicu hal itu disebabkan kesadaran keselamatan lalu lintas masih minim.

Dijelaskan dia, timbulnya kecelakaan di jalan salah satunya disebabkan masih banyak pelanggaran lalu lintas, “Ada yang berboncengan tiga orang dan tidak menggunakan helm saat berkendara sepertinya sudah biasa. Pesepeda motor yang tidak menggunakan helm, padahal sebenarnya helm itu untuk melindungi kepala dari benturan,” ucapnya.

Akan tetapi, lanjut Triana, kenyataan di lapangan kesadaran menggunakan helm itu minim sekali. Masih banyak sekali pengendara tidak memakai helm di Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Sementara itu, pengendara sepeda motor yang bernama Darma (16) warga Kampung Bedagai Kotapinang mengatakan, dirinya selalu membawa motor ke sekolah dan selalu tidak memakai helm. Hal ini disebabkan karena jarak sekolah yang dekat.

Baca juga:  DLH Labuhanbatu Bersihkan TPA Liar

Namun saat ditanya kalau terjadi kecelakaan dalam perjalanan, dirinya mengaku khawatir juga.

“Jaraknya cukup dekat ya. Kami sudah biasa tidak pakai helm. Tapi kalau jatuh, ya takut juga karena banyak lubang kecil disepanjang jalan,” tutupnya. (Akmal Sagala)

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed