oleh

Kemenag Paluta Buka Pendaftaran Sertifikasi Halal Gratis Kepada Pelaku IKM Dan UKM

Kemenag Paluta Buka Pendaftaran Sertifikasi Halal Gratis Kepada Pelaku IKM Dan UKM
Kemenag Paluta Buka Pendaftaran Sertifikasi Halal Gratis Kepada Pelaku IKM Dan UKM

PALUTA, PAMARTANUSANTARA.CO.ID|Demi mensukseskan Indonesia menjadi pusat industri halal dunia, Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), melakukan Sosialisasi sertifikasi halal kepada pelaku IKM, UMK, dan pedagang di Pasar Gunungtua, Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Paluta, Sabtu (18/3/2023).

Turut hadir dalam kegiatan Kakan Kemenag Paluta, Kasi dan Pegawai Kemenag Paluta, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Paluta, Disperindag Kabupaten Paluta.

Kakan Kemenag Kabupaten Paluta, Drs. Safiruddin Harahap, M. Pd, dalam sambutannya membacakan amanat Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas, menyampaikan bahwa kewajiban bersertifikat halal merupakan komitmen pemerintah untuk memberikan kenyamanan, keamanan, keselamatan dan kepastian ketersediaan Produk halal bagi masyarakat.

Berdasarkan hal tersebut, sertifikasi halal merupakan salah satu program prioritas di Kementerian Agama. Hari ini akan menjadi awal bagi Indonesia,dalam rangka menyukseskan Indonesia menjadi Pusat Industri Halal Dunia.

Dalam rangka menyukseskan penahapan pertama kewajiban sertifikasi halal, Pemerintah memberikan kemudahan dalam pendaftaran sertifikasi halal dengan membuka sertifikasi halal Gratis (Sehati) untuk satu juta sertifikat Halal bagi pelaku usaha Mikro dan Kecil (UMK) melalui skema pernyataan pelaku usaha (self-declare).

“Menyambut Ramadhan 1444 H, saya juga mengajak seluruh pelaku usaha untuk mendaftarkan sertifikasi Halal produk makanan, minuman, jasa sembelihan dan hasil sembelihan, bahan baku, bahan tambahan pangan, dan bahan penolong untuk produk makanan dan minuman sebelum 17 Oktober 2024. Jika sampai 17 Oktober 2024 belum bersertifikat halal, maka dapat dikenakan sanksi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku”, kata Safiruddin Harahap.

Lebih lanjut Safiruddin Harahap mengajak pelaku IKM dan UMK agar bersama-sama mewujudkan Indonesia menjadi produsen produk halal nomor satu di dunia dengan slogan “Halal Indonesia untuk Masyarakat Dunia, Halal itu baik, Halal itu sehat, Halal itu berkah”.

Tim Sertifikasi halal Kemenag langsung meninjau ke lokasi Pasar Gunung Tua, dan kemudian beberapa pelaku IKM dan UMK melakukan pendaftaran sertifikasi halal produk makanan dan minuman menggunakan aplikasi Sertifikasi Halal Gratis (SEHATI).

(Zpn)

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed