oleh

Kapolres Labuhanbatu Pimpin Apel Keselamatan

Kotapinang,PamartaNusantara-Kapolres Labuhanbatu AKBP. Frido Situmorang, SH, SIK pimpin Apel Kampanye Keselamatan Berlalu Lintas, di halaman kantor Bupati Labuhanbatu Selatan, Sosopan, Kecamatan Kotapinang, Senin (2/4).

Hadir pada apel tersebut Bupati Labuhanatu Selatan H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM, Sekda Zulkifli, SIP, MM, Wakil Ketua DPRD Syahdian Purba, SH, Muspida, Jajaran Kapolsek, pimpinan OPD dan Ormas/OKP. Dengan peserta apel TNI/Polri, PNS dan pelajar SLTA.

AKBP. Frido Situmorang, SH, SIK dalam amanatnya mengatakan angka kecelakaan lalu lintas di kabupaten Labuhanbatu Selatan masih relatif tinggi. Data pada tahun 2017 sebanyak 62 kasus dengan korban meninggal dunia 49 jiwa, luka berat 31 orang dan luka ringan 40 orang serta kerugian materiil sebesar Rp 266.600.000,-.

Sedangkan di tahun 2018 terjadi kecelakaan lalu lintas sebanyak 10 kasus dengan korban meninggal dunia 10 jiwa, luka berat 1 orang dan luka ringan 8 orang serta kerugian materiil sebesar Rp 34.300.000,-. Dari segi usia, korban kecelakaan lalu lintas didominasi oleh usia produktif dan usia anak-anak (kalangan pekerja dan pelajar).

Baca juga:  Kapolres Tapsel Pimpin Upacara Sertijab Kapolsek Dolok

“Faktor manusia yang merupakan faktor utama penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas, seperti tidak mematuhi UU lalu lintas, tidak sabar, kebut-kebutan, memaksakan berkendaraan dalam kondisi kurang sehat atau mengantuk,” jelas AKBP Frido Situmorang, SH, SIK.

Lebih lanjut, AKBP. Frido Situmorang, SH, SIK menjelaskan Satlantas Polres Labuhanbatu terus melakukan upaya-upaya untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas. Antara lain upaya represif atau penegakan hukum, prementapi atau penyuluhan dan preventif atau pencegahan.

“Polres telah memasang spanduk dan baliho himbuan pada lokasi rawan kecelakaan lalulintas, juga kegiatan penyuluhan baik dilokasi keramaian, media massa maupun penyuluhan ke sekolah-sekolah yang dilakukan setiap hari senin dengan program Police Goes To School,” jelas AKBP. Frido Situmorang, SH, SIK lagi.

Baca juga:  Bupati Labusel Sampaikan Nota Pengantar LKPJ Di Gedung DPRD.

Untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas, satlantas berkomitmen untuk konsisten melaksanakan razia baik pada pagi, siang, sore dan malam.

“Razia bukan untuk mempersulit masyarakat, namun untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas,” tegas AKBP. Frido Situmorang, SH, SIK.

Sementara itu, Bupati Labuhanbatu Selatan H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM pada apel kampanye keselamatan berlalu lintas tersebut menghimbau kepada seluruh jajarannya untuk menaati aturan berlalu lintas.

“Apabila ada PNS yang tidak memakai helm saat mengendarai kendaraan roda dua akan dikenakan hukuman disiplin dan pimpinan OPD nya akan saya copot dari jabatannya,” tegas H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM

Baca juga:  Kejaksaan Pastikan Laporan ALkowar Tetap Berjalan

Pada apel kampanye keselamatan berlalu lintas tersebut juga dilakukan penyematan pin pelopor keselamatan berlalu lintas oleh kapolres Labuhanbatu kepada Bupati Labuhanbatu Selatan, Ketua DPRD Kajari Labuhanbatu Selatan, Danramil 11 Kotapinang, Dan Subdenpom Cikampak serta Kadishub.

Selain itu, Bupati Labuhanbatu Selatan didampingi Kapolres dan unsur muspida menyerahkan bantuan kursi roda, tongkat dan santunan kepada korban laka lantas dan penyerahan bantuan berupa road barrier (pembatas jalan) kepada sekolah-sekolah.

Kemudian juga dilakukan pemasangan helm kepada peserta apel yang terjaring satlantas melanggar aturan lalu lintas dengan tidak memakai helm saat berkendara menuju lokasi apel. (M1)

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed