oleh

Kapolres Labuhanbatu, Amalkan Nilai Luhur Pancasila

Labuhanbatu, Pamarta Nusantara-Kepolisian Polres Labuhanbatu menggelar upacara Hari Kelahiran Pancasila, bersama Pegawai Negeri bertempat di halaman Mapolres, Jalan Thamrin No 1, Kelurahan Bakaran Batu, Kecamatan Rantau Utara, Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu, Sumut, Jumat (1/6).

Pada upacara itu Kepala Kepolisian Polres Labuhanbatu AKBP Frido Situmorang bertindak sebagai inspektur upacara yang diikuti seluruh personel dari para Kabag, Kasat, Kapolsek, dan Pegawai Negeri (PNS) dan jajarannya.

Usai membacakan teks Pancasila, AKBP Frido menyampaikan bahwa upacara lahirnya Pancasila ini untuk meneguhkan kembali komitmen agar lebih mendalami, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar ber-masyarakat, berbangsa dan bernegara.

Pancasila, kata Frido, merupakan suatu proses dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945, yang dipidatokan Ir. Sukarno, piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945, adalah jiwa besar para Founding Fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan untuk membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita.

Baca juga:  Warga Lobusona Ditangkap Polisi di Nusa Kambangan

“Kita perlu belajar dari pengalaman buruk negara lain yang dihantui radikalisme, konflik sosial, terorisme dan perang saudara. Oleh sebab itu, dengan Pancasila dan UUD 1945 yang dirangkum dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, kita bisa terhindar dari masalah tersebut, kita bisa hidup rukun secara bergotong royong,” jelasnya.

Pemerintah terus berupaya dalam penguatan Pancasila melalui peraturan Presiden Nomor 54 tahun 2017 tentang unit kerja presiden pembina ideologi Pancasila, bersama seluruh komponen bangsa, lembaga-lembaga dengan program pembangunan untuk pengentasan kemiskinan, pemerataan kesejahteraan dan berbagai program lainnya.

Makanya, Frido meminta kepada seluruh pihak untuk saling bahu membahu dan tanpa terkecuali seluruh anak bangsa harus menyatukan hati, pikiran dan tenaga secara bergotong royong serta toleransi antara umat beragama, untuk menjadikan bangsa dan negara Indonesia bermartabat di mata internasional.

Baca juga:  Ngeri Kali Bah, Bus Pinem Terguling

“Sekali lagi, jaga perdamaian, jaga persatuan dan jaga persaudaraan di antara kita. Mari kita terapkan rasa saling bersikap santun, saling menghargai, menghormati, memupuk rasa gotong royong dan hidup damai demi untuk kepentingan bangsa, demi kemajuan Indonesia,” tegasnya. (302)

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed