oleh

Kades Batang Saponggol Di Gugat Ke KIP Sumut.

Kades Batang Saponggol Di Gugat Ke KIP Sumut.
Kades Batang Saponggol Di Gugat Ke KIP Sumut.

LABUSEL, PAMARTANUSANTARA.CO.ID| Di duga langgar UU KIP No.14 Tahun 2008, kepala desa Batang Saponggol, Kecamatan Kampung Rakyat, Labuhanbatu Selatan, Sumut, di gugat ke Komisi Informasi Sumatera Utara.

Hasilnya, oleh Komisi Informasi, Sidang adjudikasi berlangsung pada Senin (23/04/2022), dengan menghadirkan pihak pemohon, yakni Hendra Harahap (32) Warga Desa Kampung Perlabian Kecamatan Kampung Rakyat, Kabupaten Labuhanbatu Selatan, dan Rika Subandri warga desa Tanjung Medan.

Sedangkan dari pihak termohon, yakni Kades Batang Saponggol, Ponijan yang tidak tampak hadir dan tanpa keterangan yang jelas.

Pihak Komisi Informasi Provinsi Sumatera Utara sebelumnya telah melayangkan undangan kepada para pihak, baik pemohon maupun termohon pada tanggal 17 april lalu. Undangan tersebut ditandatangani oleh Panitera Komisi Informasi Sumut, Dra. Efi Zarnita M. Si.

Baca juga:  Industri Rumahan Pembuat Pil Ekstasi Palsu di Jakarta Barat Digerebek Polisi

Komisi Informasi Provinsi Sumut, yang di wakili oleh ibu Ayu Kusuma Ning Dewi mengungkapkan, sesuai dengan UU nomor 14 tahun 2008, badan publik wajib terbuka dalam hal anggaran maupun kebijakannya. Badan publik yang dimaksud, salah satunya adalah Pemerintah Desa (Pemdes).

Atas ketidak hadiran termohon tersebut, pemohon Hendra Harahap menyerahkan sepenuhnya kepada pihak Komisi Informasi Provinsi Sumatera Utara, dan tetap berharap bisa mendapatkan dokumen yang dimintanya.

“Kita tetap pada permohonan, yakni untuk diberikan Dokumen APBDes Desa Batang Saponggol dan LPJ-nya. Untuk ketidakhadiran termohon, kami serahkan kepada KIP Sumut,” Tegas Hendra Saat di tanya awak media.

(Red)

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed