oleh

Jelang Ramadan Peziarah Padati TPU Batusangkar

Jelang Ramadan Peziarah Padati TPU Batusangkar

LABUHANBATU, PAMARTANUSANTARA.CO.ID | Bulan ramadhan tinggal beberapa hari lagi, Pemakaman umum di sekitaran Rantauprapat mulai dipadati peziarah. Hal ini jadi tradisi umat muslim untuk mendoakan keluarga yang telah meningal dunia.

Menjelang bulan suci Ramadan, beberapa tempat pemakaman umum (TPU) di Rantauprapat dipadati peziarah. Salah satunya di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Lingkungan Batusangkar, kelurahan Sioldengan, Kecamatan Rantau Selatan, Sabtu (4/5).

Para peziarah melakukan bersih-bersih makam dan melanjutkan dengan pembacaan surat Yasin dan serangkaian doa.

Meningkatnya jumlah peziarah adalah aktivitas rutin tahunan yang biasa dilakukan umat Islam sebelum memasuki bulan suci Ramadhan dan Lebaran.

Banyaknya peziarah yang datang ke TPU tersebut membuat arus lalu lintas di Jl. KH. Dewantara dan Jl. Batusangkar tersendat.

Baca juga:  Tuntut Dana Hibah, Karang Taruna Dan LKS Labusel Demo di Kantor Bupati Dan DPRD.

Diperkirakan jumlah peziarah akan kembali mengalami peningkatan hingga besok sore mengingat hari senin sudah masuk bulan suci Ramadhan.

Hal itu diungkapkan oleh Anjani Hasibuan (35), salah satu peziarah yang datang, dia bersama keluarganya tiap tahun berziarah menjelang bulan puasa, hal itu rutin dilakukan keluarganya dan sudah menjadi tradisi sebelum masuknya bulan ramadan.

“Memang ini tidak diharuskan, tapi kalau kami tetap ziarah setiap mau tibanya bulan puasa, inikan sudah menjadi tardisi dan kurang enak rasanya puasa kalau tidak ziarah,” ungkapnya.

Sementara, Saripuddin Rambe warga Lingkungan Prisai Kecamatan Rantau Selatan usai melaksanakan ziarah di makam keluarga di TPU Batusangkar mengatakan, selain telah menjadi satu tradisi di tengah masyarakat, ziarah menjelang bulan ramadhan ini menjadi moment yang tepat untuk membersihkan kubur keluarga dari tumbuhan semak belukar.

Baca juga:  Pondok Pesantren Ilyas Al-Fath Cikapmpak Di Resmikan Bupati.

“Kan kadang-kadang kita dari keluarga sering tidak sempat berziarah karena kesibukan masing-masing, jadi sangat tepat kita ziarah ketika menjelang ramadhan ini,” kata Saripuddin yang datang berziarah bersama istri dan dua anaknya.

Pantauan PAMARTANUSANTARA.CO.ID dilokasi, tampak rombongan keluarga para peziarah mulai memadati TPU tersebut sambil membawa aneka jenis bunga tabur, surat yasin dan lain sebagainya.

Selain itu, terlihat juga para pedagang bunga berjejer dilokasi guna menjajakkan dagangnya sambil berteriak ke arah para peziarah.

“Ayo Pak, bu. Beli bunga, air juga ada,” ujar salah satu anak penjual bunga.

Tidak hanya itu, beberapa pedagang selain bunga juga ikut berjualan dilokasi, sehingga menjadi berkah tersendiri bagi para pedagang untuk membantu prekonomian keluarga. (Akmal Sagala)

Komentar Sahabat Pamarta

Tentang Penulis: Pamarta Nusantara

Gambar Gravatar
Pamarta Nusantara adalah situs berita yang dikurasi dan dimotori oleh PT Media Agung Sejahtera. Bertempat di Sumatera Utara, kami berkomitmen besar untuk menyajikan berita secara akurat, bijak, dan tentu saja terpercaya.

News Feed